IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU DI SMA NEGERI 3 MEDAN
Abstract
Perencanaan kebijakan kepala sekolah di SMA Negeri 3 Medan bertolak dari tiga agenda pokok yang meliputi: pertama yaitu penyediaan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai. Kedua yaitu profesionalisasi tenaga kependidikan. Ketiga yaitu profesionalisasi kebijakan pendidikan. Adapun kebijakan kepala sekolah dalam meningkatkan profesional guru meliputi kegiatan, asesmen kebutuhan, identifikasi sumber gagasan kebijakan, dan penentuan tujuan kebijakan. Perencanaan pemebelajaran di SMA Negeri 3 Medan dilakukan melalui proses berfikir sistematis dan analitis yang meliputi proses identifikasi kebutuhan (needs assessment), dan penentuan tujuan kebijakan dalam rangka pencapaian tujuan dan visi SMA Negeri 3 Medan. Semua usaha kebijakan kepala sekolah di SMA Negeri 3 Medan bertujuan untuk terjadinya perbaikan kualitas layanan belajar bagi anak dan meningkatkan profesional guru sehingga memungkinkan tercapainya prestasi belajar siswa yang optimal. Proses untuk mengimplementasikan kebijakan pembelajaran di SMA Negeri 3 Medan meliputi langka kegiatan (1) preparasi, (2) aplikasi dan modifikasi. Langka preparasi dalam mengimplementasikan kebijakan dilakukan dengan dua kegiatan utama yakni: (1) pengubahan perilaku, dan (2) pengubahan latar kebijakan. Pengubahan perilaku guru melalui dua aspek, yakni (1) peningkatan dan penguasaan kompetensi profesional guru, dan (2) pengembangan sikap dan komitmen guru terhadap kepemimpinan, visi SMA Negeri 3 Medan, dan kebijakan itu sendiri. Peningkatan profesional guru, dilakukan dengan beberapa usaha, (1) pelatihan, bimbingan, supervisi, pengajaran, peningkatan kesejahteraan guru, profesionalisasi tugas, profesionalisasi sistem penerimaan guru, konsultasi, dan kegiatan mandiri. Sedangkan pengubahan latar kebijakan dilakukan dengan cara dilaksanakan dengan: (1) melakukan perubahan kurikulum, dan (2) pengembangan media dan sumber pembelajaran. Evaluasi kebijakan mencakup beberapa aspek penilaian tentang efektifitas kebijakan yang dilihat dari hasil belajar dari siswa dan setiap proses pembelajaran masing-masing guru membuat penilaian kebalikan.
Keywords Kebijakan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 948 timesPDF - 642 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.