HUBUNGAN MINAT BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Muhammad Fauzi Murgani Ritonga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan hubungan positif dan signifikan antara minat Belajar tentang Prestasi Belajar Ekonomi; (2) hubungan yang positif dan signifikan antara konsep konsep Diri dari Prestasi Belajar Ekonomi; dan (3) hubungan korelasi positif dan signifikan antara Minat Belajar dan konsep Diri dari Prestasi Belajar Ekonomi. Penelitian ini dilakukan di MAN Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS yang berjumlah 60 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dengan sampel sebanyak 60 responden. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dari 18 item dinyatakan valid dan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,799 untuk variabel minat belajar dan sebanyak 16 item dinyatakan valid dan reliabel dengan Cronbach Alpha 0,794 untuk variabel konsep diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t yang dilakukan untuk menjawab hipotesis secara parsial dan uji F dilakukan untuk menjawab hipotesis secara bersamaan. Dari hasil analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan t-test antara minat belajar dengan pembelajaran pencapaian diperoleh t hitung = 3,758 dengan sig. 0,000 <0,05 dan konsep diri prestasi belajar diperoleh t hitung = 3,205 dengan sig. 0,002 <0,05. Untuk menguji hipotesis secara simultan diperoleh F hitung sebesar 17.900 sedangkan F tabel pada 3,16 tingkat signifikan 95%. Ternyata Fhitung> Ftabel 35.310> 3.16. Ada hubungan yang positif dan signifikan secara parsial dan simultan antara minat belajar dan konsep diri terhadap prestasi belajar siswa kelas X IPS MAN Kisaran Tahun Akademik 2016 / 2017. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada yang positif dan signifikan. pengaruh antara Hubungan Minat Belajar dan Konsep Diri Prestasi Siswa pada 0,553 yang berarti berkontribusi 55,3%.

Kata Kunci: Minat belajar, Konsep Diri, Prestai Belajar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 336 times
PDF - 222 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.