Pelaksanaan Bimbingan Islami melalui Kegiatan Halaqah dalam Membentuk Karakter Siswa di Sdit Tadzkia Langsa

Fitriani Ramadanti, Dedy Surya, Muhammad Nasir

Abstract


Halaqah merupakan bentuk kegiatan bimbingan islami dari seorang murabbi kepada mutarabbi melalui pertemuan mingguan. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan bimbingan islami melalui kegiatan halaqah serta dampaknya pada pembentukan karakter anak dan dukungan serta hambatan terkait kegiatan tersebut di SDIT Tadzkia Langsa. Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Tadzkia Langsa dengan subjek penelitian tujuh orang. Data penelitian kualitatif ini dikumpulkan melalui observasi dan wawancara  kemudian di analisis dengan menggunakan analisis domain yaitu memperoleh gambaran yang umum dan menyeluruh dari objek/penelitian atau situasi sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan islami melalui kegiatan halaqah dalam membentuk karakter siswa SDIT Tadzkia Langsa adalah dalam bentuk mau’izatun hasanah, yaitu membimbing dengan cara yang lemah lembut, menasehati anak dengan perkataan yang baik, sehingga secara tidak langsung cara ini dapat  membentuk karakter anak menjadi lemah lembut, sopan santun. Dampak dari kegiatan tersebut bagi peserta didik ialah adanya perubahan prilaku menjadi semakin baik dan semakin islami, seperti lebih santun terhadap guru di sekolah dan orang tua di rumah, Munculnya kesadaran diri siswa untuk mengingatkan satu sama lain, lebih percaya diri, fokus dalam belajar, serta lebih tekun dalam menghafal. Faktor yang mendukung kegiatan tersebut ialah fasilitas memadai yang di berikan pengelola sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kedisplinan peserta halaqah untuk menghadiri kegiatan yang masih rendah serta waktu pelaksanaan yang masih terlalu singkat.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/icp.v1i1.22360

Article Metrics

Abstract view : 260 times
PDF - 186 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN

Jl. Willem Iskandar Pasar V Medan Estate, Sumatera Utara. Universitas Negeri Medan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Gedung 72 Lantai 2

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.