PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK DASAR KECANTIKAN SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BERINGIN TAHUN AJARAN 2018/2019

Ismi Akbar, Farihah Farihah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran e-book Dasar Kecantikan pada mata pelajaran Dasar Kecantikan pada siswa kelas X Tata Kecantikan sebagai bahan ajar atau sumber belajar di SMK Negeri 1 Beringin. Penelitian ini merupakan penelitian research and develoment (R&D). Dalam penelitian ini adapun yang menjadi objek penelitian dalam penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran media e-book Dasar Kecantikan pada mata pelajaran Dasar Kecantikan pad materi Make Up wajah sehari-hari. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 ahli materi dan 3 ahli media, dimana 3 ahli materi terdiri dari Dosen Program Studi Tata Rias Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Universitas Negeri Medan dan 3 ahli media terdiri dari 3 Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran menunjukkan bahwa hasil penelitian dari ahli materi 81,22 dengan keriteria “Baik” dan ahli media 86,64 dengan keriteria “Baik”. Hal tersebut membuktikan bahwa media pembelajaran dengan menggunakan E-Book yang dikembangkan layak digunakan untuk mata pelajaran dasar kecantikan khususnya pada materi make up wajah sehari-hari.

 

Kata kunci: research and develoment (R&D), E-Book,Dasar Kecantikan.


Full Text:

PDF

References


Aprilia, Ade. 2015. Every Day Make Up. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Arikunto, Suharsimi. 2012 Prosedur Penelitian. Jakarta:n Rineka Cipta.

Jihad, Asep. Dkk. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Juliana, T.Elsa. 2011. The Beauty The Healthy. Aulya Publishing

Nasution. 2012. Metode Research Penelitian Ilmiah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA)

Sugiyono. 2016. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v2i1.26085

Article Metrics

Abstract view : 146 times
PDF - 108 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.