PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBANTUAN POWERPOINT PADA MATA PELAJARAN PEWARNAAN RAMBUT PADA SISWA KELAS XI SMK AWALKARYA PEMBANGUNAN GALANG

Miftahul Khairat Ritonga, Dina Ampera

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengembangkan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan PowerPoint  pada mata pelajaran Pewarnaan  Rambut pada siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang, 2) mengetahui kelayakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan PowerPoint pada mata pelajaran Dasar Pewarnaan Rambut pada siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang.

Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (reseach & develompement). Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan PowerPoint yang dikembangkan oleh Sugionoyang terdiri dari 10 langkah pengembangan, yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi produk, 6) uji coba kelompok kecil, 7)revisi produk, 8) uji coba kelompok sedang, 9) revisi produk, 10) uji coba kelompok besar. Subjek dalam penelitin ini adalah siswa kelas XI SMK Awal Karya Pembangunan Galang yaitu 5 siswa untuk kelompok kecil, 10 siswa kelompok sedang, dan 30 siswa untuk uji coba kelompok besar.

Hasil penelitian berupa: 1) produk model pembelajaran Mind Mapping berbantuan PowerPoint pada mata pelajaran Pewarnaan Rambut sesuai dengan materi pembelajaran pewarnaan artistik sesuai dengan materi dalam silabus dan RPP yang diterapkan di SMK Awal Karya Pembangunan, 2) model pembelajaran Mind Mapping berbantuan PowerPoint yang layak digunakan baik dari segi pembelajaran, isi, tampilan. Kelayakan model pembelajaran Mind Mapping berbantuan PowerPoint pada Pewarnaan Rambut berdasarkan penilian dari ahli materi yang terdiri dari dua validator termasuk dalam katagori “Sangat Baik” dengan persentase rata-rata 95,00%. Uji coba kelompok kecil dengan presentase rata-rata keseluruhan aspek 67% termasuk dalam katagori “Cukup”. Uji coba kelompok sedang dengan presentase rata-rata keseluruhan aspek 73% termasuk dalam katagori “Baik”. Dan uji coba kelompok besar untuk 30 orang siswa dengan presentase rata-rata keseluruhan aspek 90% termasuk dalam katagori “Sangat Baik”.

 

Kata kunci: model mind mapping, powerpoint, pewarnaan rambut artistik


Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2012. Media Pembelajaran. Bandung: PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Martin. 2013. Model Pembelajaran Peta Konsep. Yogyakarta :Multi Presindo.

Ni Luh Putu Mita Sari., I Ngh Saudnyana, I Wyn., Darsana. 2016. Model Mind Mapping Pendekatan Saintifik Berbantuan Media PowerPoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pengetahuan IPA. E-Journal PGSD Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD Vol:4 No:1 Tahun 2016.

Prof. Dr. Wina Sanjaya, M.Pd. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Kencana Prenanda Media Group.

Rostamailis, dkk. 2008. Tata Kecantikan Rambut Jilid 1. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Tahun 2008.

Sanjaya Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Preanada media group.

Shoimin Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yoyakarta: Ar Ruzz Media.

Surwandi dan Cyber Creative. 2018. Jago Microsoft PowerPoint 2016. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Trianto, M.Pd. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Trianto, M.Pd. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Tri Puji Utami. 2017. Peningkatan Komptensi Siswa dalam Memahami Teknik Pewarnaan Rambut melalui Pratice-Rehearsal Pairs bagi Siswa Kelas XII Kecantikan 2 2017

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Penerbit Prenanda Media.

Varieta Padma Santi Chadidjah., H. Abdat., Ulya Makhmudah. 2017. Pengembangan Panduan Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keterangan Belajar. Jurnal Program Studi Bimbingan dan Konseling Fist Publish Vol 5 (2) June 2017

Widura. 2008. Model-model Pembelajaran (Rev.ed). Bandung: Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v2i1.26090

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 125 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.