PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA MATA PELAJARAN PENGERITINGAN RAMBUT DESAIN KELAS IX SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN

Rezqi Fitriah Qolbi Br. Ginting, Rasita Purba

Abstract


Penelitian yang telah dilaksanakan ini bertujuan untuk : 1) Untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran pengeritingan rambut desain kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan. 2) Untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran pengeritingan rambut desain kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan.Jenis penelitian yang digunakan adalah metode research and development (R&D) yang mengacu pada penelitian ADDIE dengan melalui beberapa tahap yakni : 1) Analisys, 2) Design, 3) Development, 4) Implementasi, 5) Evaluasi. Pada tahap development (pengembangan), media prezi divalidasi kelayakannya kepada 2 ahli materi dan 2 ahli media selanjutnya melakukan uji coba kelompok kecil 5 siswa, uji coba kelompok sedang 10 siswa, uji coba  kelompok besar 30 siswa kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan.Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa : 1) Pengembangan media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran pengeritingan rambut desain menghasilkan pertimbangan dari ahli materi bahwa secara keseluruhan  (85%) kriteria “baik” dari ahli media bahwa secara keseluruhan media (93%) kriteria “sangat baik” ; 2) Kelayakan media prezi pada mata pelajaran pengeritingan rambut desain dinilai berdasarkan pada hasil uji coba kelompok kecil memperoleh skor (89%) kriteria “baik” ,uji coba kelompok sedang memperoleh skor (94%) kriteria “ sangat baik”, uji coba  kelompok besar memperoleh skor (95%) kriteria “sangat baik”. Dengan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis prezi pada mata pelajaran pengeritingan rambut desain materi pengeritingan rambut teknik batang/stick layak dan bisa dipertimbangkan oleh guru dan siswa dalam membantu proses belajar mengajar.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Pengeritingan Rambut Teknik Stick.


Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. (2014). Prezi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Masa Kini. Cirebon: Sekar Komuning Islamic Boarding School (Online).

Andrian, Rosadi. (2015). Media Presentasi Prezi. Jakarta: (Online).

Azhar, Arsyad. (2016). Media Pembelajaran. Jakarta: PT.Raja Grafindo Perseda.

Cahaya, Putri. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Keterampilan Masalah Siswa Pada Kompetensi Pengeritingan Rambut Desain. E-Journal Pendidikan Tata Rias, Vol.9 No.3 Hal.37.

Catur, Alvina. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Sub Kompetensi Pengeritingan Rambut Desain. Jurnal Pendidikan Tata Rias, ISSN.2303-2391 Hal.2.

Daryanto. (2020). Media Pembelajaran. Bandung: PT.Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.

Ega, Wati. (2016). Ragam Media Pembelajaran. Jakarta: Kata Pena.

Eline, dkk. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi. Ilmu Pendidikan, Vol.15 No.2 Desember ISSN 1858-1080.

Fatma. (2021). Media Pembelajaran. Jakarta: CV.Tahta Media.

Gall.W.R.Borg. (1983). Education Reserch. Boston Person Education Inc.

Harvey, Lesley Barriger & Jim. (2014). Prezi For Profesional. Allcow Tranding Company United Kingdom.

Hindri Noviani. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Materi Sistem Reproduksi Di SMA N 1 SAKTI PIDIE. Pendidikan Biologi, Hal. 94-100.

Ilda Annisa. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi (The Zooming Presentation) Pada Materi Kultur Jaringan Tanaman Anggrek Kelas XI Ipa SMA Dumai. Pendidikan Biologi, Hal.65.

Jevi July. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Prezi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMKN 2 Kota Bengkulu. Pendidikan Agama Islam, Hal.11.

Karim,Yudha. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Pelajaran Penerapan Bingkai Elektronika Kelas XI di Smk Negeri 1 Sidoarjo. Pendidikan Teknik Elektro, Hal 149.

Mayrawati, dkk. (2016). Modul Tata Kecantikan Rambut Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan.

Mey, (2016). Perbandingan Hasil Pengeritingan Gantung Dengan Teknik Sumpit dan Pengeritingan Gantung Teknik Ikat Karet. Journal Pendidikan Tata Rias, Hal 2-6.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA PRESS.

Rizki Agung. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Blog Pada Materi Sistem Saraf . JUPEMASI-PBIO, Vol.1, No,1.

Rostamailis. (2008). Tata Kecantikan Rambut Jilid 3. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan.

Srasser, N. (2014). Using Prezi In Higher Education. Journal Of Collage Teaching & Learning, Volume 11, Number 2.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sukiman. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT.Pustaka Insan Madani.

Susilana Rudi & Riyana Cepi. (2017). Media Pembelajaran. Bandung: CV.Wacana Prima.

Susilowati & Ermavianti . (2020). Penataan Sanggul Tradisional dan Kreatif Kelas XI. Yogyakarta: CV Andi.

Sutopo Hadi. (2015). Selection Sorting Algorthm Visualization Using Flash. Jornal Of Multimedia and Aplication, Vol.3 No.1 Hal.25-27.

Wandari Novi. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Prezi Terhadap Hasil Belajar Seni Rupa di SMA N 9 Padang. Skripsi.

Wati, Setiya. (2021). Pengembangan Media Video Tutorial Dengan Aplikasi Kinemaster Pada Kompetensi Dasar Pengeritingan Rambut Desain. E-Journal, Vol. 10 No.3 Hal 11.

Yunis,Dian. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Mata Kuliah Nalisis Vektor. Jurnal Pendidikan Matemaika, Hal-219.

Zurahma, Rusyfian. (2016). Prezi Solusi Presentasi Masa Kini. Bandung: Informatika.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v4i1.49273

Article Metrics

Abstract view : 63 times
PDF - 44 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.