ANALISIS HASIL PRAKTIK RIAS WAJAH CIKATRI PADA SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN KULIT DAN RAMBUT DI SMK NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Rindi Lukita, Astrid Sitompul

Abstract


Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil praktik rias wajah cikatri pada siswa kelas XI tata kecantikan kulit dan rambut di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk menilai keterampilan praktik rias wajah cikatri pada 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif, dengan persyaratan analisis menggunakan kesepakatan pengamat dan persentase. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan hasil praktik rias wajah cikatri yang diamati oleh 3 orang pengamat, yaitu 2 orang ahli di bidang rias wajah cikatri dan 1 orang guru tata kecantikan di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Penelitian ini memeliki data yang dikumpulkan dengan menggunakan lembar pengamatan hasil praktik rias wajah cikatri pada siswa kelas xi tata kecantikan kulit dan rambut di SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Berdasarkan data penelitian yang dilakukan diketahui hasil rata-rata skor siswa sebesar 83 dengan skor tertinggi 97 dan skor terendah 68. Hasil rata-rata dari hasil aplikasi Concealer dalam kategori baik sebesar 73%, hasil aplikasi Foundation padat dalam kategori baik sebesar 67%, hasil aplikasi Foundation cair dalam kategori baik sebesar 80%, hasil aplikasi bedak (powder) dalam kategori baik sebesar 70%, hasil akhir wajah cikatri dalam kategori baik sebesar 63%, Hal ini menjelaskan bahwa siswa dikatagorikan baik dalam melakukan praktik rias wajah cikatri. Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa siswa sudah mampu mengaplikasikan teknik rias wajah cikatri dengan baik.


Full Text:

PDF

References


Almerta, Thesa, (2020). Pengaruh hasil pengaplikasian lem bulu mata terhadap koreksi alis pada rias wajah malam hari. Skripsi. Sarjana pada Pendidikan Vokasional Kesejahteraan Keluarga Tata Rias

Andiyanto, (2020). The Make Over. Mata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Arikunto.(2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Astati, Sutriari, (2020). Rias Wajah Sehari-hari. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Penataran Guru Kejuruan.

Ayusta, Feby. (2020). Inspirasi Cantik: Makeover For Wedding Party. Surabaya: GentaCraft.

Dana,VP. Sitompul,A. Lubis,HH. Aritonang,R. (2022). Buku Ajar Rias Wajah khusus. Medan. Penerbit Lakeisha.

Fatimah. (2020). Analisis Perbandingan Penggunaan Pomade dan Pensil Alis Pada Koreksi Alis Pengantin. Jurnal Tata Rias Pengantin, 1(1), 650-655.

Fitriana. (2020) Link and Match Pendidikan Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Industri Di Indonesia. Jurnal Inovasi Penelitian, 2(2), 549- 562.

Gusnaldi. (2020). Love Eyes. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama

Gusliranti, Sahliya (2021). Perbedaan hasil pengaplikasian lem bulu mata dengan foundation cream terhadap koreksi alis pada riasan pengantin barat. e- Journal .Volume 10 Nomer III. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya.

Hidayat, A., & Machali, I. (2020). Pengelolaan Pendidikan: Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Bandung: Pustaka Educa.

Izam. (2021). Tutorial Alis. Jakarta :Pustaka Utama

Kartika, (2021). Perbandingan Penggunaan Eyebrow Gel Dan Eyebrow Pencil Terhadap Hasil Koreksi Alis Pada Tata Rias Wajah Pesta.e-Journal .Volume 08 Nomer III. Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya.

Karnasih, Titin, dkk. (2020). Tata Kecantikan Kulit untuk SMK Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan

Natalia, Dessy. (2021). The Book of Beauty. Panduan Dandan Remaja. Jakarta: Serambi Ilmu Semesta.

Nazil, Moh.(2020). Metode Pemalitian, Jakarta: Ghalia Indonesia, Nugroho, (2020). Metode Statistika. Jakarta :PT.Gramedia Pustaka Umum Octaviyanti. (2022). Make Over. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama Octaviyanti. (2022). Koreksi Alis. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama

Putri. (2021). Perbandingan Hasil Jadi Koreksi Bentuk Alis Tebal dengan Menggunakan Lem Bulu Mata dan Pomade Alis pada Rias Pengantin Sumatera Barat. Jurnal Tata Rias Pengantin,1(0), 580-320.

Rahmawati. (2020). Analisis Eyebrow Gel dan Eyebrow Pencil Terhadap Hasil Koreksi Alis Pada Tata Rias Wajah Pesta. Jurnal Rias Wajah, 1(5), 450-305.

Rostamailis, dkk. (2020). Tata Kecantikan Rambut Untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 2. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Sartomo, Roem. (2021). Tata Kecantikan Kulit Tingkat Terampil. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Sugiyono. (2020). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Tilaar,Martha. (2020). Tata Rias dan Busana Pengantin Solo Basahan & Solo Putri. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Tresna,Prihatini & Wiwin Wiana. (2020). Tata Kecantikan Kulit untuk SMK Jilid 3. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Usman, 2021. Pengertian Hasil Praktek. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v5i2.62074

Article Metrics

Abstract view : 21 times
PDF - 11 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.