ANALISIS TINGKAT KESULITAN PRAKTEK PENGERITINGAN RAMBUT DASAR PADA SISWA KELAS XI TATA KECANTIKAN SMK PARIWISATA IMELDA MEDAN

Jeni Syah Fitri Br.Hasibuan, Astrid Sitompul

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kesulitan praktek pengeritingan rambut dasar yang dilakukan oleh siswa kelas XI tata kecantikan SMK pariwisata imelda medan.Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah sampel 45 orang. Analisis data menggunakan teknik deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah lembar pengamatan tingkat kesulitan praktek pengeritingan rambut dasar yang diamati 5 orang pengamat yang ahli atau yang berkompeten dibidang pengeritingan rambut.Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui hasil rata-rata skor siswa sebasar 70 dengan skor tertinggi 82 dan skor terendah 59. Hasil rata-rata skor ketepatan penerapan teknik parting rambut menjadi 9 bagian memperoleh skor 3 dan mendapatkan nilai baik sebesar 89%, rata-rata skor ketepatan blocking memperoleh skor 3 dan mendapatkan nilai baik sebesar 87%, rata-rata skor ketepatan penggunaan kertas toni memperoleh skor 3 dan mendapatkan nilai baik sebesar 87%, rata-rata skor ketepatan penggulungan memperoleh skor 3 dan mendapatkan nilai baik sebesar 84%, rata-rata skor keketatan penggulungan rotto memperoleh skor 3 dan mendapatkan nilai baik sebesar 76% dan rata rata skor pengecekan gelombang ikal berbentuk S memperoleh skor 2 dan mendapatkan nilai cukup baik dan mendapatkan nilai sebesar 60%.


Full Text:

PDF

References


Anas, L.(2022). Etika Pengelolaan Sumber Daya Alam Berkelanjutan Dalam Perspektif

Islam. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 9(2), 85-96.

Aptriyana, J., Lestari, N. D., & Januardi, J. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Di SMK Se-Kecamatan Kayuagung. Promosi: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 9(2).

Ardiani, L. (2020). Evaluasi Pelaksanaan Program Praktek Kerja Industri (Prakerin). Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(2), 194-200.

Azhuri, I. R., Purbangkara, T., & Nasution, N. S. (2021). Survei motivasi belajar pendidikan jasmani pada siswa sekolah luar biasa di Kabupaten Karawang. Jurnal Literasi Olahraga, 2(2), 96-103.

Damayanti, A., Wahyuni, I., & Subaida, I. (2022).Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2016-2020. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 1(9), 1753-1764.

Daniati, S., & Widowati, T. (2020). Perbedaan Hasil Pengeritingan Rambut Dengan Memanfaatkan Limbah Kertas. Beauty and Beauty Health Education, 3(1).

Data, J., & Data, S. (2019). A. Metodologi Penelitian.

Erin, S. M. E., Dindy, E. S.(2022). Guru pembelajar modul paket keahlian tata kecantikan rambut SMK kelompok kompetensi G: pemangkasan, pengeritingan desain dan pelurusan rambut, komunikasi efektif.

Ermavianti, D. Ani, S.(2019). Pengeritingan rambut, penataan sanggul tradisional dan kreatif kelas XI.Andi

Gebie, G. I. M., & Nursetiawati, S. (2022). Pembuatan Video Tutorial Penataan Rambut Teknik Bergelombang (Hollywood Wave). Jurnal Tata Rias, 12(1), 46-57.

Handayani, N. (2020). Pengaruh profitabilitas, likuiditas dan leverage dalam memprediksi financial distress pada perusahaan textile dan garment yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi: Jurnal Akuntansi, Pajak Dan Manajemen, 9(1), 80-94.

Haqiqi R. (2019). Analisis kesulitan belajar siswa sma terhadap mata pelajaran fisika pada materi gerak lurus beraturan. Jurnal Pendidikan dan ilmu fisika, 2(1), 104-108.

Indonesia, U. U. R. (2003). Sistem pendidikan nasional. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Indriyati, A., Fadilah, F., & Somantri, T. D. (2021). Uji angka lempeng total (alt) amylum famili zingiberaceae sebagai bahan dasar kosmetik. Jurnal Buana Farma, 1(2), 1-4.

Ismail F.(2019). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Membaca Siswa. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 5(1), 95-105.

Jaya, M., (2021). Efektivitas Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Diskalkulia. JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 21-28.

Kholis, N. (2023). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71-85.

Kiroyan, N. A., Kurniawan, Y., & Linuwih, E. R. (2023). Revealing The Women’s Characteristics Presented In l’oreal Paris Shampoo Advertisements: A Semiotic Study. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 1(3), 155-171.

Kualitas Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia, 1(1), 24-30.

Kusmiarti, R., & Hamzah, S. (2019). Literasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (pp. 211-222).

Makbul, M. (2021).Metode pengumpulan data dan instrumen penelitian.

Mastalfah, A. (2019). Analisis Hasil Penggulungan rambut pada mata pelajaran pengeritingan rambut dasar siswa SMK Negeri 10 Medan (Doctoral dissertation, UNIMED).

Nainggolan, C. (2019). Analisis hasil praktek pengeritingan rambut dasar pada siswa kelas xi smk negeri 1 siantar (Doctoral dissertation, UNIMED).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915.

Purnawi, V. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Pada Materi Sel Kelas XI (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Rahmatullah, W. (2021). Peran pengelolaan manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan mutu sekolah di smpn 2 parepare. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 143-156.

Redha, M. D. A. (2022). Analisis Yuridis Ruang Lingkup Antropologi Hukum Dan Dinamikanya.

Robani, M. E., Rachim, F. A., & Febriani, A. (2021). Metode Learning By Doing dalam Mengoptilalisasi.

Rostiyah, M. A. (2020). Tugas dan peranan guru dalam proses peningkatan belajar mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.

Said, H. (2019). Panduan Merawat Rambut. Penebar PLUS+.

Sari, D. R. D. D. I. (2019). Buku Ajar Teknologi Kosmetik.Irdh.

Savitri, N. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Model Discovery Learning Mata Pelajaran Pengeritingan Rambut Dan Penataan Sanggul Tradisional Serta Kreatif (Doctoral Dissertation, Universitas Pendidikan Ganesha).

Setyowati, E., & Marwiyah, M. (2022). Kelayakan Modul Pengeritingan Dasar Sebagai Budaya Dalam Pembelajaran Di SMK Program Kehalian Tata Kecantikan Rambut. Beauty and Beauty Health Education, 11(2), 48-52.

Setyowati, E., & Marwiyah, M. (2022).Kelayakan Modul Pengeritingan Dasar Sebagai Budaya Dalam Pembelajaran Di SMK Program Kehalian Tata Kecantikan Rambut. Beauty and Beauty Health Education, 11(2), 48-52.

Silkyanti, F. (2019).Analisis Peran Budaya Sekolah yang Religius dalam Pembentukan Siswa. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 36-42.

Sinayati, I., Kusstianti, N., & Lutfiati, D. (2024). Penerapan Based Learning (PBL) pada kompetensi dasar pengeritingan rambut dasar dengan menggunakan media video di SMK NEGERI 3 KEDIRI Jurnal Tata Rias, 13(1), 29-37.

Sudhjana R. (2019). Keefektifan pembelajaran project based learning (PJBL) terhadap peningkatan kreativitas dan hasil belajar. Economic Education Analysis Journal, 8(2), 635-651.

Sugiyono. (2021). Metodelogi penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sukendra, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Aplikasi Zoom Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Widyadari, 22(1), 79-90.

Sulistyorini, D. E. W., & Susilowati, A. (2021). Kecantikan Dasar SMK/MAK Kelas X: Bidang Keahlian Pariwisata, Program Keahlian Tata Kecantikan, Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Penerbit Andi.

Surahman, Y. T., & Fauziati, E. (2021). Maksimalisasi Kualitas Belajar Peserta Didik Menggunakan Metode Learning By Doing Pragmatisme By John Dewey. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 3(2), 137-144.

Suttrisno, S. (2021).Analisis Dampak Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 348380.

Suwito, A. (2023). Pembelajaran controlis dalam meningkatkan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas xi ips sma negeri 1 lasem. Civis: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Pendidikan Kewarganegaraan, 12(2), 15-30.

Tafifasari, E. Q. B., & Megasari, D. S. (2020).Efek Perbedaan Hasil Styling Terhadap Jenis Rambut. Jurnal Tata Rias, 9(2).

Utami, T. P. (2021). Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Pratata Rambut melalui Metode Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Pengeritingan Rambut Sanggul Tradisional dan Kreatif. Paedagogie, 16(2), 75-80.

Uti, C. J. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Pengeritingan Rambut Dasar di SMK Negeri 7 Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Wirdianti, T. Erni, E. (2019). Pengeritingan rambut dan penataan sanggul tradisional dan kreatif (C3) kelas XI

Wulandari, S., &Amelia, R. W. (2023). Pengaruh Current Ratio Dan Debt To Equity Ratio Terhadap Return On Assets Pada Pt Ace Hardware Indonesia Tbk Periode Tahun2012-2021. Journal OfResearch AndPublication Innovation, 1(4), 1184-1193.




DOI: https://doi.org/10.24114/fls.v5i2.62077

Article Metrics

Abstract view : 37 times
PDF - 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.