Hubungan Penguasaan Teori Pelayanan Prima Dengan Minat Bekerja Sebagai Waiters Di Hotel Siswa SMK Yapim Medan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Penguasaan teori pelayanan prima (2) Minat bekerja sebagai waiters di hotel (3) Hubungan penguasaan teori pelayanan prima dengan minat bekerja sebagai waiters di hotel. Lokasi penelitian di SMK YAPIM Medan dan jumlah responden 57 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling yaitu mengambil semua populasi sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Waktu pelaksanaan dilakukan pada bulan Desember 2015 - Februari 2016. Data variabel penguasaan teori pelayanan prima siswa di jaring dengan menggunakan tes, dan minat bekerja sebagai waiters di hotel pada siswa di jaring dengan menggunakan angket. Teknik analisis data adalah deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji liniearitas, serta uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Hasil uji kecenderungan dari variabel penguasaan teori pelayanan prima siswa sebesar 56,1% berada dalam kategori cenderung cukup, dan untuk variabel minat bekerja sebagai waiters di hotel pada siswa sebesar 77% juga berada dalam kategori cenderung cukup. Hasil analisis uji normalitas yang menggunakan Liliefors pada variabel penguasaan teori pelayanan prima adalah Lhitung < Ltabel (0,081 < 0,117), dan untuk hasil analisis uji normalitas Liliefors pada variabel minat bekerja sebagai waiters di hotel adalah Lhitung < Ltabel (0,046 < 0,117). Maka dapat disimpulkan bahwa hasil uji normalitas dari kedua variabel tersebut berdistribusi Normal. Untuk uji hipotesis yang menyatakan “terdapat hubungan penguasaan teori pelayanan prima dengan minat bekerja sebagai waiters di hotel pada siswa SMK YAPIM Medan” digunakan analisis kolerasi product moment. Dari analisis tersebut diperoleh rxy sebesar 0,571. Dan hasil perhitungan rtabel dengan jumlah siswa n= 57 pada taraf signifikan 5% adalah 0,254. Dengan demikian diperoleh harga rhitung > rtabel yaitu 0,571 > 0,254. Hasil tersebut memberikan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan teori pelayanan prima dengan minat bekerja sebagai waiters di hotel pada siswa SMK YAPIM Medan atau hipotesis penelitian yang diajukan diterima dan teruji kebenarannya.
Kata Kunci : Teori Pelayanan Prima, Minat Bekerja Sebagai Waiters Di Hotel
ABSTRACT
This study aims to see: (1) Mastery of prime service theory (2) Interest in working as a waiter in a hotel (3) The relationship between mastery of prime service theory and interest in working as a waiter in a hotel. The research location is SMK YAPIM Medan and the number of respondents is 57 people. The sampling technique uses total sampling technique, which is taking all the population as a sample. This research design is descriptive correlational. The implementation time was carried out in December 2015 - February 2016. The data variables of student service theory mastery were netted using tests, and the interest in working as a waiter in a hotel for students on the net using a questionnaire. Data analysis techniques are descriptive data, trend testing, analysis requirements test with normality test and linearity test, and hypothesis testing with product testing. The results of the tendency test for the variable of mastery of the theory of excellent service for students of 56.1% were in the fairly tended category, and for the variable of interest in working as a waiter in a hotel for the students by 77%, they were also in the fairly tended category. The results of the analysis of the normality test using Liliefors on the prime service theory mastery variable are Lhitung < Ltabel (0.081 < 0.117), and for the results of the Liliefors normality test analysis on the variable interest in working as a waiter in a hotel is Lhitung <Ltabel (0.046 < 0.117). So it can show that the results of the normality test of the second variable are normally distributed. To test the hypothesis which states "there is a relationship between mastery of excellent service theory and the interest in working as a waiter in a hotel for students of SMK YAPIM Medan", the analysis of product correlation was used. From this analysis, the rxy was obtained at 0.571. And the calculation result of rtabel with the number of students n = 57 at a significant level of 5% is 0.254. Thus, the value rhitung> rtable is 0.571> 0.254. These results conclude that there is a significant relationship between mastery of prime service theory with the interest in working as a waiter in a hotel for students of SMK YAPIM Medan or the proposed research hypothesis is accepted and verified.
Keywords: Excellent Service Theory, Interest in Working as a Hotel Waiter
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Anoraga, Pandji. (2003). Psikologi kerja. Jakarta : Rineka Cipta.
Arikunto S. (2006) . Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta : Rhineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2003) . Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
Barata,A.A. (2004) . Dasar-dasar pelayanan prima. Jakarta:PT.Elek Media Komputindo
Brown, Stanley. (1998). Relationship Marketing. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka
Chalil, Achjar. (2012) . Pembelajaran dalam dunia pendidikan. http ://carapedia.com/pengertian_pembelajaran_meurut_ahli_info507.html. diakses agustus 2014.
Departemen Pendidikan Nasionl. (2001). Kebijaksanaan Bidang Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Effendy, N. (2010). Dasar-dasar kepuasan pelanggan. Yogyakarta : Rineka Cipta.
Fajri, senja. (2000). Kamus lengkap besar bahasa indonesia. Jakarta : Difa Publizer.
Gunarso, singgih D. (2013). Psikologi untuk membimbing. Jakarta : PT. BPK
Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2002) . KBBI dan Terjemahan. Jakarta : Balai Pustaka.
Lewis, Sharon (2008). Medical Surgical Nursing. United Stated America : elsevier mosby.
Maria. (2010). Penguasaan teori dasar kecantikan kulit wajah kaitannya dengan minat berwirausaha siswa kelas X SMK Negeri 8 Medan. Skripsi, medan. Fakults Teknik Medan.
Marsum. (2005) .Restoran dan Segala Permasalahannya.Yogyakarta : Andi.
Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian. Penerbit : Ghalia Indonesia Anggota IKAPI.
Nurainin. (2003) . Hubungan antara pengetahuan pengolahan makanan kontinental terhadap minat untuk bekerja di hotel siswa SMK Negeri 8 Medan. Skripsi, medan. Fakultas Teknik unimed.
Nurwakhid. (2009). Usaha pengembangan minat murid SMK di kota semarang. Semarang : IKIP Semarang.
Pendit. (2004) .Petunjuk Praktek Pramusaji Food and Beverage Service. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Purwanto. (2006) . Pengertian Minat. Diakses pada 03 oktober 2015 dari http://112.106.34.12/jsi/10kopertis.html.
Rahmayanti. (2010) .Manajemen Pelayanan Prima.Yogyakarta : Graham Ilmu.
Raymond. (2002). F & B Service Management. Jakarta : Erlangga.
Ridwan. (2004). Statistik untuk lembaga dan instansi. Bandung : Alfabeta.
Rumini, Sri. (1998). Psikologi Umum. Yogyakarta : institut keguruan.
Sihite. (2001).Hotel Management.Surabaya : Penerbit SIC
Slameto. (2010) .Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Soekresno. (2004). Petunjuk Praktek Pramusaji Food and Beverage Service. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Steers, R., Porter, Lyman. (1983). Motivational and work behavior. New York : Mcgrow hill book
Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.
Sugiarto. (1998) .Pengantar Akomodasi dan Restoran.Jakarta : Bumi aksara.
Suharsimi, Arikunto. (2002) . Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Sulistiono. (2002). Konstruksi alat ukur psikologi . Pusat perkembangan bahan ajar : Mercu Buana.
Sutopo dan suryanto adi, (2006). Pelayanan prima. Lembaga administrasi negara.
Suyetty. (2004). Pelayanan prima, bisnins dan manajemen. Jakarta : Yudistira
Syaodih, Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Tim Penyusun Fakultas Teknik. (2015) . Pedoman Penulisan Skripsi. Universitas Negeri Medan.
Undang-undang Pendidikan Nasional No. 20. (2003). Tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta : Depdiknas.
Usman. (2005) . Penguasaan Ilmu Pengetahuan dan menjadi guru profesional. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Walgito, Bimo. (2003). Psikologi sosial. Yogyakarta : Andi Yogyakarta
Wardani, Nanik. (2003). Evaluasi proses dan hasil belajar. Salatiga : widya Sari Press.
Winkel, L.W. (2006). Psikologi pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Zeithmal, leonard. (2008). Manajemen pelayanan. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i1.26204
Article Metrics
Abstract view : 149 timesPDF - 125 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.