Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Materi Metode Penggorengan Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI TPHP SMK Negeri 1 Berastagi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi metode penggorengan. (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Direct Instruction pada materi metode penggorengan. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Direct Instruction terhadap hasil belajar pada materi metode penggorengan. Desain penelitian ini adalah quasi experimen. Lokasi penelitian dilaksanakan si SMK Negeri 1 Berastagi. Waktu penelitian dilaksanakan pada semester genap. Penentuan kelas dilakukan secara total sampling sehingga sampel terdiri dari 2 kelas yaitu XI TPHP 1 yang berjumlah 29 orang dan kelas XI TPHP 2 yang berjumlah 29 orang sehingga total sampel berjumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji normalitas menggunakan liliefors, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar metode penggorengan yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction termasuk kategori cenderung tinggi dengan rata-rata sebesar 82,03 dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Direct Instruction cenderung cukup dengan rata-rata sebesar 60,62. Uji normalitas dari kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sampel T Test dan uji pihak kanan dengan varians kedua kelompok sampel diperoleh nilai t-hitung sebesar 7,701 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,004. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan teruji kebenarannya secara statistik pada taraf signifikan α = 0.05. Dengan demikian model pembelajaran Direct Instruction memberikan pengaruh lebih signifikan atau lebih baik terhadap hasil belajar siswa dengan materi metode penggorenga di kelas XI TPHP SMK Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2015/2016.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Direct Instruction, Hasil Belajar Metode Penggorengan
Abstract
This study aims to: (1) Know the learning outcomes of students who are taught using the Direct Instruction learning model on the material of the frying method. (2) Knowing the learning outcomes of students who do not use the Direct Instruction learning model on the frying method material. (3) Knowing the effect of using the Direct Instruction learning model on learning outcomes in the frying method material. This research design is a quasi experimental. The research location was carried out by SMK Negeri 1 Berastagi. The research time was carried out in the even semester. Class determination was carried out by total sampling so that the sample consisted of 2 classes, namely XI TPHP 1 totaling 29 people and class XI TPHP 2 totaling 29 people, so that the total sample amounted to 58 people. Data collection techniques using tests and data analysis techniques using data descriptions, normality test using Liliefors, homogeneity test, and hypothesis testing using the t-test.
The results showed that the trend level of learning outcomes of the frying method using the Direct Instruction learning model was categorized as high with an average of 82.03 and the tendency for student learning outcomes who did not use the Direct Instruction learning model to be sufficient with an average of 60, 62. The normality test of the two classes is normally distributed. From the results of the hypothesis using the Independent Sample T Test and the right side test with the variance of the two sample groups, the t-count value is 7,701, greater than the t-table of 2.004. This shows that the hypothesis proposed in this study is accepted and statistically verified at the significant level α = 0.05. Thus the Direct Instruction learning model has a more significant or better effect on student learning outcomes with the frying method material in class XI TPHP SMK Negeri 1 Berastagi in the 2015/2016 Academic Year.
Keywords: Direct Instruction Learning Model, Frying Method Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Amri, Sofan dan Iif Khoirun Ahmadi. 2010. Kontruksi Pengembangan Pembelajaran (Pengaruhnya Terhadap Mekanisme dan Praktik Kurikulum). Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Anonymous. 2006. Rice International Comodity Profie. Jurnal Litbang Pertanian, Vol. 25 (4).
Arends, R.I. 2008. Learning To Teach (Belajar Untuk Mengajar). Yogyakarta: Pelajar Pustaka.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Becker, G.S. 1993. Human Capital: A Theoritical and Empirical Analysis, with Special Reference to Education. Chicago and London: The University of Chicago Press.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas. 2004. Kurikullum Berbasis Kompetensi: Kompetensi Dasar Pendidikan Jasmani SD & MI. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.
,. 2009. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran IPA Terpadui. Jakarta: Puskur, Balitbang Depdiknas.
Gagne, R. M. 1997. Conditioning of Learning. New York: Holt, Rinehart and Winston.
Hadi, Sutrisno. 1999. Metodologi Research II. Yogyakarta: Andi Offset
Hamalik, Oemar. 1994. Media Pendidikan (Cetakan ke-7). Bandung: Citra Aditya.
Kardi, S dan Nur, M. 2000. Pengajaran angsung. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya University Press.
Kemp, J.E dan Dayton, D.K. 1985. Planning and Producing Instructional Media. Cambridge: Harper & Row Publisher New York.
Mukhtar. 2003. Sekolah Berprestasi. Jakarta: Nimas Multimedia.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Cooperative Learning di Ruang-ruang Kelas). Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Praptono, F. 1997. Meida Pengajaran. Yogyakarta: FPTIK IKIP.
Rahadi, Aristo. 2003. Media Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sadiman, A.M. 1996. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Silberman, Melvin L. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Subagyo, Pangestu. 2004. Statistik Terapan. Yogyakarta: BPFE.
Sudjana, Nana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Karya.
,.2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
,. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosdakarya.
Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2002 Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Yuma Pustaka.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Walpole. 1995. Pengantar Statistika. Jakarta: Gramedia Pustaka.
Widoyoko, E.P. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Winarno, F.G. 1991. Kimia Pangan dan Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Winke. 1989. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i1.26211
Article Metrics
Abstract view : 89 timesPDF - 81 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.