Hubungan Pengetahuan Cookies Dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK Pencawan Medan

Mahyuni Zuhra Lelly Fridiarty

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah pengetahuan siswa SMK pancawan tentang pelajaran cookies siswa kelas XI SMK Pencawan Medan. Minat berwirausaha cookies siswa kelas XI SMK Pencawan Medan. Hubungan pengetahuan cookies dengan minat berwirausaha cookies siswa  kelas XI SMK Pencawan Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasional dengan menggunakan uji korelasional product moment. Instrument penelitian berupa tes dan angket. Tes yang digunakan adalah adalah soal pilihan berganda sebanyak 38 soal untuk mengetahui pengetahuan siswa pada mata pelajaran cookies. Angket digunakan sebanyak 30 soal untuk mengukur minat berwira usaha siswa. Sampel dari penelitian ini sebanyak 35 orang siswa kelas XI SMK Pencawan Medan. Hasil dari penelitian ini adalah pengetahuan siswa kelas XI SMK Pencawan Medan tentang pelajaran cookies berada pada kategori cukup. Minat berwirausaha cookies siswa kelas XI SMK Pencawan Medan berada pada kategori cukup. Terdapat  hubungan antara pengetahuan cookies siswa dengan minat berwira usaha cookies siswa kelas XI SMK Pencawan Medan. Hal ini dibuktikan dari nilai  dan nilai  dimana . hasil perhitungan diperoleh  dari daftar distribusi r dengan dan n = 30 diperoleh . sehingga dapat dketahui bahwa       maka  ditolak  diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara pengetahuan cookies siswa dengan minat berwira usaha cookies siswa kelas XI SMK Pencawan Medan.

Kata Kunci : Pengetahuan; Cookies; Minat Berwirausaha.

ABSTRACT

The purpose of this study is the knowledge of SMK Pancawan students about the cookies lesson of grade XI students of SMK Pencawan Medan. Entrepreneurial interest in cookies of grade XI students of SMK Pencawan Medan. The relationship between knowledge of cookies and entrepreneurial interest in cookies of grade XI students of SMK Pencawan Medan. The research method used is correlational research using the product moment correlation test. Research instruments in the form of tests and questionnaires. The test used was 38 multiple choice questions to determine students' knowledge on the subject of cookies. The questionnaire used as many as 30 questions to measure students' interest in entrepreneurship. The sample of this study were 35 students of class XI SMK Pencawan Medan. The result of this research is that the knowledge of class XI students of SMK Pencawan Medan about cookies is in the sufficient category. The cookies entrepreneurship interest of grade XI students of SMK Pencawan Medan is in the sufficient category. There is a relationship between students' knowledge of cookies and their interest in entrepreneurship in cookies class XI students of SMK Pencawan Medan. This is evidenced by the value of r_xy = 0.89 and the value of r table = 0.334 where r_xy> r table. the calculation results obtained r_xy = 0.89 from the distribution list r with α = 0.05 and n = 30 obtained r table = 0.334. so it can be seen that r_xy ≥ rtable then H_o is rejected, H_a is accepted. So it can be concluded that there is a relationship between students' knowledge of cookies and their interest in entrepreneurship in cookies class XI students of SMK Pencawan Medan.

Keywords: Knowledge; Cookies; Entrepreneurial Interests.


Full Text:

PDF

References


Nazir, Moh. (2003). Metode Penelitian. Penerbit : Ghalia Indonesia Anggota IKAPI. Jakarta : Rineka Cipta.

Ristanti, W. (2002). Minat Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sri Dharma Nelly. (2007). Hubungan Penguasaan Pengelolaan Usaha Bakery Pastry Dengan Minat Berwirausaha Pada Siswa Kelas II Program Studi Patiseri SMK Negeri 8 Medan. Skripsi, Medan: Fakultas Teknik Unimed.

Subandono. (2007). Pengaruh Pembelajaran Life Skill Diklat Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Pada Siswa SMK N 1 Semarang.

Sudiman. (2008). Minat Siswa berwirausaha di SMK Negeri 6 Surakarta. Skripsi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sudira P. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMK. Jakarta : Depdiknas.

Sudirman. (1992). Ilmu Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Penerbit : Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. (2002). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sulistijani. (2002). Sehat dengan Menu Berserat. Jakarta : Trubus Agriwidya.

Sumarni, Murti. (2006). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : CV. Andi Offset.

Suryamannim. 2006. Minat Berwirausaha. Bandung : Remaja Karya.

Suryana, AS. (2007). Eksitensial untuk Wirausaha Masa Depan. Makassar : Salemba Empat.

Suryana. (2003). Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Suryana. (2006). Kewirausahaan, Pedoman Praktis : Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta : Salemba Empat.

Syaodih, Nana. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Fakultas Teknik. 2015. Pedoman Penulisan Skripsi. Universitas Negeri Medan.

Walgito, Bimo. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Widyawaty, Hartini. (2013). Pengaruh Gaya Hidup dan Kepuasaan Konsumen Terhadap Loyalitas Pelanggan Restoran Pizza Hut Adam Malik Medan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.

Zimmerer Thomas Entreprenuership and New Venture Formation Prenticel Hall International Inc, 1996.

Zimmerer, Thomas W dan Norman Scarborough. (2002). Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Usaha Kecil. Jakarta : Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i1.26224

Article Metrics

Abstract view : 70 times
PDF - 51 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.