Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Dalam Menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) SMK Negeri 10 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kelas X di SMK Negeri 10 Medan yang tidak menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. 2) Untuk mengetahui hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) kelas X SMK Negeri 10 Medan yang menggunakan metode tutor sebaya. 3)Untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Ilmu gizi kompetensi menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) pada siswa kelas X SMK Negeri 10 Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperiemen. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 10 Medan. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 66 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling terdiri dari 2 variabel, yaitu metode pembelajaran tutor sebaya (X), dan hasil belajar ilmu gizi dalam menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menggunakan kelas eksperimen, metode pembelajaran tutor sebaya diperoleh hasil uji kecenderungan 85 % dengan rata – rata hitung 41,77 dan standar deviasi 2,87. Dibandingkan kelas kontrol diperoleh hasil uji kecenderungan 52 %, dengan rata – rata hitung 33,04 dan standar deviasi 4,03. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk post tes diperoleh > (10,15 >1,669), maka Ha diterima berarti ada pengaruh yang positif dan signifikan dengan penggunaan metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar Ilmu Gizi Dalam Menggunakan Angka Kecukupan Gizi (AKG) Siswa Kelas X Tata Boga SMK Negeri 10 Medan.
Kata kunci : Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, hasil belajar Ilmu Gizi.
ABSTRACT
This study aims: 1) To determine the learning outcomes of competency nutrition science using the Grade X Nutritional Adequacy Rate (RDA) at SMK Negeri 10 Medan which does not use peer tutor learning methods. 2) To determine the learning outcomes of competency nutrition science using the Nutritional Adequacy Rate (RDA) class X SMK Negeri 10 Medan which uses the peer tutoring method. 3) To determine the effect of using peer tutor learning methods on learning outcomes nutrition competence using the Adequacy Rate of Nutrition (RDA) in class X SMK Negeri 10 Medan. The method used in this research is Quasi Experiment. This research was conducted at SMK Negeri 10 Medan. In this study, the population was all students of class X, amounting to 66 students. This study used a total sampling technique consisting of 2 variables, namely the peer tutor learning method (X), and the nutritional science learning outcomes using the Nutritional Adequacy Rate (RDA) (Y). Based on the results of the study, after being treated using the experimental class, the peer tutor learning method obtained a trend test result of 85% with a mean count of 41.77 and a standard deviation of 2.87. Compared to the control class, the results of the trend test were 52%, with a mean count of 33.04 and a standard deviation of 4.03. From the results of the calculation of the hypothesis test for the posttest, it is obtained t_count> ttable (10.15> 1.669), then Ha is accepted, which means that there is a positive and significant effect with the use of peer tutor learning methods on learning outcomes of Nutrition Science in Using Nutritional Adequacy Rate (RDA) of Students. Class X Catering at SMK Negeri 10 Medan.
Keywords: Peer Tutor Learning Method, Nutrition Science learning outcomes.
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi & Widodo Supriyono, (2004) Psikologi Belajar, Jakarta: PT. Rineka
Cipta.
Amini Nasoetion, Hadi Riyadi, Setyo Mudjajanto Eddy.(1995). Dasar-Dasar Ilmu Gizi. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Anita Lie Hidayati. (2004). Cooperative Learning, Jakarta: Grasindo.
Arikunto, S., (2010). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta :Penerbit Bumi
Aksara.
Conny Semiawan, (2000). Pendekatan Ketrampilan Proses, Jakarta: PT Gramedia.
Djalil Aria dkk. (2001). Pembelajaran Kelas Rangkap. Jakarta : Depdikbud.
Hasan Alwi, (2008) Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta; Balai Pustaka.
Hasanah Uswatun (2014).” Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya
Terhadap Hasil Belajar Matematika
Siswa (Suatu Penelitian Pada Materi Luas Permukaan dan Volume Prisma dan Limas Di Kelas VIII Smp Negeri 8 Gorontalo”.Thesis, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Ismail, (2008) Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang:
RaSail Media Group.
Lester O Crow and Alice Crow, (1958) Educational Psychology, New York: American Book Company.
Luvitasari Andria. (2016) ”Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Teknologi Pengolahan Makanan SMK Negeri 1 Berastagi”.Thesis, Universitas Negeri Medan, Medan.
Maghfiroh Besti. (2012) ”Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif Model Tutor Sebaya Terhadap Minat dan Hasil Belajar Matematika Madrasah Ibtidaiyah Darul Huda Ngalik Bandulan. SlemanYogyakarta”. Thesis. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Mel Siberrnen, (2001). 101 Strategi Pembelajaran Aktif (Active Learning), terj. Sarjuli dan Azfat Ammar, Jakarta: Yakpendis.
Moeslichatun, (2010) Strategi Pembelajaran di Taman Kanak – kanak, Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyani Sumantri dan Johar Permana, (2001) Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana.
Nana Sudjana, (2009) Penilaian Hasil Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nugraini Septi., (2013), Ilmu Gizi 2, Depok : Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
Nora Merry., (2015),” Pengaruh Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Menggambar Taknik Dasar Siswa kelas X SMK Negeri 1 Merdeka”. Theseis, Universitas Negeri Medan, Medan.
Saminanto. (2010) PTK Semarang: RaSAIL Media Group.
Sugihartono, Dkk. (2007). Psikologi pendidikan. Yogyakarta:UNY Press.
Suharsimi Arikunto. (2009). Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarat: Bumi Aksara
Suharsimi Arkunto, (2002). Pengelolaan Kelas dan Siswa. Jakarta: Rajawali
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i2.26258
Article Metrics
Abstract view : 56 timesPDF - 49 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.