Hubungan Peranan Keluarga Dan Hasil Belajar Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Pematang Siantar

Pitri Yani Barus Esi Emilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) peranan keluarga; (2) hasil belajar kewirausahaan; (3) minat berwirausaha siswa; (4) hubungan peranan keluarga dengan minat berwirausaha; (5) hubungan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha; (6) hubungan peranan keluarga dan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha. Lokasi penelitian di SMK Negeri 3 Pematang Siantar dengan jumlah sampel 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji lineritas dan keberartian persamaan regresi ganda. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan peranan keluarga dan minat berwirausaha cenderung cukup dengan masing-masing sebesar 75 persen dan 56 persen dan hasil belajar kewirausahaan cenderung cukup sebesar 56 persen. Hasil Analisis Uji Normalitas dengan dk = 5 pada variabel peranan keluarga yaitu X2hitung < X2tabel (6,78 < 11,070), variabel hasil belajar kewirausahaan yaitu X2hitung < X2tabel (5,96 < 11,070) dan variabel minat berwirausaha yaitu X2hitung < X2tabel (3,69 < 11,070) pada taraf signifikan 5 persen ketiga variabel berdistribusi Normal. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara peranan keluarga dengan minat berwirausaha dengan nilai (rhitung = 0,964 > rtabel) 0,349 pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi peranan keluarga siswa maka semakin tinggi minat berwirausaha. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha dengan nilai (rhitung = 0,977 > rtabel 0,349) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi hasil belajar kewirausahaan siswa maka semakin tinggi minat berwirausaha. Hasil analisis korelasi ganda antara peranan keluarga dan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha sebesar Fhitung > F­tabel(3,36 > 3,33), pada taraf signifikan 5 persen, terdapat hubungan yang signifikan antara peranan keluarga dan hasil belajar kewirausahaan dengan minat berwirausaha, artinya semakin tinggi peranan keluarga siswa dan hasil belajar kewirausahaan maka semakin tinggi minat berwirausaha.

Kata Kunci : Peranan Keluarga; Hasil Belajar; Kewirausahaan; Minat Berwirausaha.

ABSTRACT

This study aims to see (1) the role of the family; (2) entrepreneurial learning outcomes; (3) students' interest in entrepreneurship; (4) family business relationship with entrepreneurial interest; (5) the relationship between entrepreneurial learning outcomes and entrepreneurial interest; (6) the relationship between family relationships and entrepreneurial learning outcomes with entrepreneurial interest. The research location is at SMK Negeri 3 Pematang Siantar with a sample size of 32 students. The data analysis technique used is descriptive, trend test, analysis requirements test with normality test, linearity test and the meaning of multiple regression equations. Based on the results of the study, it shows that the level of tendency of family roles and interest in entrepreneurship tends to be sufficient with 75 percent and 56 percent respectively and the learning outcomes of entrepreneurship tend to be sufficient at 56 percent. Results of Normality Test Analysis with dk = 5 on the variable of family interest, namely X2hitung <X2table (6.78 <11.070), the entrepreneurial learning outcome variable, namely X2hitung <X2table (5.96 <11.070) and the variable of entrepreneurial interest, namely X2hitung <X2tabel (3, 69 <11.070) at a significant level of 5 percent, the three variables are normally distributed. The results of product analysis when there is a significant relationship between business relations and interest in entrepreneurship with a value (rcount = 0.964> rtabel) of 0.349 at a significant level of 5 percent, meaning that the higher the role of the student's family, the interest in entrepreneurship. The results of the product moment analysis have a significant relationship between entrepreneurial learning outcomes and interest in entrepreneurship with a value (rcount = 0.977> rtabel 0.349) at a significant level of 5 percent, meaning that the higher the student's entrepreneurial learning outcomes, the higher the interest in entrepreneurship. The result of a double analysis between family interests and entrepreneurial learning outcomes with entrepreneurial interest is Fcount> Label (3.36> 3.33), at a significant level of 5 percent, there is a significant relationship between family interests and entrepreneurial learning outcomes with interest in entrepreneurship. the role of the student's family and entrepreneurial learning outcomes, the higher the interest in entrepreneurship.

Keywords : Role of the Family; Learning outcomes; Entrepreneurship; Entrepreneurial Interests.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Eka (2010) dengan judul Hubungan Hasil Belajar Kewirausahaan Dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK Negeri 3 Tebing Tinggi.

Ihsan, F. (2011). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

M.I. Soelaman. (2010). Pendidikan Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Ratih (2015) dengan judul Hubungan Peranan Keluarga Dan Minat Berwirausha Dengan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa SMK Negeri 3 Pematang Siantar

Reinold Siahaan. (2014). dengan judul Hubungan Manajemen Diri dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Prakarya Di SMP Negeri 17 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suryamannim. (2010). Minat Berwirausaha. Bandung : Remaja Karya.

Suryana. (2011). Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat.

Yohana (2010) dengan judul Hubungan Peranan Keluarga Dengan Minat Berwirausa Kuliner Siswa Kelas XI SMK Tasik Agung.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i2.26270

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 48 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.