Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi SMK Negeri 3 Pematang Siantar

Hotma Setia Panjaitan Yuspa Hanum

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui hasil belajar ilmu gizi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (2) mengetahui hasil belajar ilmu gizi siswa yang diajarkan dengan model konvensional, dan (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar ilmu gizi siswa kelas X SMK Negeri 3 Pematang Siantar .Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimen dengan desain penelitian two group pretes-postest. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Pematang Siantar. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 65 orang siswa. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling  terdiri dari 2 variabel, yaitu model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (X), dan hasil belajar ilmu gizi (Y). Berdasarkan hasil penelitian, setelah diberi perlakuan dengan menerapkan kelas eksperimen, model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD diperoleh hasil belajar  cukup dengan 84,37% dengan rata-rata hitung sebesar 80,70 dan standar deviasi 4,34. Dibandingkan dengan kelas kontrol diperoleh hasil belajar  kurang dengan 57,57% dengan rata-rata hitung sebesar 71,52 dan standar deviasi 5,80. Dari hasil perhitungan uji hipotesis untuk nilai Akhir diperoleh thitung > ttabel (7,29>1,663), maka Ha diterima yang berarti ada pengaruh yang positif dan sigifikan dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap hasil belajar ilmu gizi kelas X SMK Negeri 3 Pematang Siantar.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD; Hasil Belajar Ilmu Gizi.

ABSTRACT

This study aims to: (1) determine the learning outcomes of students who are taught using the Cooperative Learning Model Type STAD (2) determine the learning outcomes of students taught with conventional models, and (3) To determine the effect of the Cooperative learning model Type STAD. on the learning outcomes of class X student nutrition at SMK Negeri 3 Pematang Siantar. The method used in this study was a Quasi Experiment with a two group pretest-postest research design. This research was conducted at SMK Negeri 3 Pematang Siantar. In this study, the population was all students of class X, amounting to 65 students. This study used a total sampling technique consisting of 2 variables, namely the Cooperative Learning Model Type STAD (X), and the learning outcomes of nutrition (Y). Based on the results of the study, after being treated by applying the experimental class, the STAD cooperative learning model obtained sufficient learning outcomes with 84.37% with a mean count of 80.70 and a standard deviation of 4.34. Compared with the control class, the learning outcomes were less than 57.57% with a mean count of 71.52 and a standard deviation of 5.80. From the results of the calculation of the hypothesis test for the final value obtained tcount> ttable (7.29> 1.663), then Ha is accepted, which means that there is a positive and significant effect with the use of the STAD Type Cooperative learning model on the learning outcomes of class X nutrition at SMK Negeri 3 Pematang Siantar..

Keywords: Cooperative Learning Model Type STAD; Nutrition Science Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Almatsier, Sunita. (2006). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Praturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Hamalik, Oemar. (2012). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Grafika.

Hamdani. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Nurul Ulfah. (2009). http://health.detik.com.Kenali 10 Ciri Anak Bergizi Baik. Diakses tanggal 20 Oktober 2016.

Proverawati, Atikah. (2015). Gizi untuk Kebidanan.Yogyakarta: Nuha Medika.

Roestiyah. (2012). Pembelajaran Konvensional. Jakarta Rineka Cipta.

Sanjaya, Wina. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana. (2012). Metoda Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung.

Sugiyono. (2013). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Suparyanto.2012. http://blogspot.co.id/Konsep DasarMenu Seimbang.html. Diakses tanggal 20 Oktober 2016.

Toeti Soenardi. (2006). Hidup Sehat Gizi Seimbang dalam Siklus Kehidupan Manusia Ranch Market. Jakarta: Prima media Pustaka.

Waryana. (2016). Gizi Reproduksi. Yogyakarta.: Pustaka Rihama.

Wina Sanjaya. (2013). Perencanaan Pembelajaran dan Desain System Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Zaifbio. (2012). https://Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Diakses tanggal 20 Oktober 2016.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i2.26291

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 99 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.