Pengaruh Media Pembelajaran Macromedia Flash Player Terhadap Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Makanan SMK Negeri 8 Medan

Emma Febyarvita Frida Dinar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar pengetahuan bahan makanan siswa di SMK Negeri 8 Medan yang tidak menggunakan media pembelajaran macromedia flash player, untuk mengetahui hasil belajar pengetahuan bahan makanan siswa di SMK Negeri 8 Medan yang menggunakan media pembelajaran macromedia flash player, untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran macromedia flash player terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 8 Medan pada mata pelajaran pengetahuan bahan makanan. Lokasi penelitian di SMK Negeri 8 Medan dengan jumlah populasi sebanyak 216 orang. Sampel penelitian diambil dengan teknik simple random sampling, maka diperoleh kelas X Boga 1 dengan 36 siswa sebagai kelas eksperimen dan X Boga 2 dengan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk menjaring data hasil belajar pengetahuan bahan makanan.  Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa kelompok kontrol terdapat skor tertinggi 80 dan skor terendah 30, dengan rata – rata 56.98 dan Sd = 11,9. Sedangkan hasil belajar siswa kelompok eksperimen terdapat skor tertinggi 90 dan skor terendah 47, dengan rata – rata 77,52 dan Sd = 10,8. Hasil Uji Normalitas data diperoleh Lo < Lt pada taraf signifikansi 5% menunjukkan bahwa sebaran data hasil belajar kelompok kontrol adalah berdistribusi normal dimana (0.0010) <  (0.1477), dan sebaran data hasil belajar kelompok eksperimen adalah juga berdistribusi normal dimana  (0.1032) < (0.1477). Untuk mengetahui data homogen  digunakan uji-f sehingga diperoleh nilai 1.22) < (1.98). Maka dapat disimpulkan kedua kelompok penelitian homogen. Untuk melihat pengaruh pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran macromedia flash player terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan digunakan uji-t hasilnya diperoleh harga > yakni 7.551 > 1.67, pada taraf signifikansi artinya terdapat pengaruh media pembelajaran macromedia flash player terhadap hasil belajar pengetahuan bahan makanan siswa SMK Negeri 8 Medan.

 Kata Kunci: media pembelajaran macromedia flash player, pengetahuan bahan makanan

 ABSTRACT

 

 This study aims to determine the learning outcomes of students' knowledge of foodstuffs at SMK Negeri 8 Medan who do not use macromedia flash player learning media, to determine the learning outcomes of students' knowledge of foodstuffs at SMK Negeri 8 Medan who use macromedia flash player learning media, to determine the effect of learning macromedia flash player on student learning outcomes at SMK Negeri 8 Medan in the subject of food knowledge. The research location is at SMK Negeri 8 Medan with a total population of 216 people. The research sample was taken using simple random sampling technique, so that the class X Catering 1 with 36 students as the experimental class and X Food 2 with 36 students as the control class were obtained. The instrument used is a test to collect data on food knowledge learning outcomes. The results showed that the control group student learning outcomes had the highest score of 80 and the lowest score of 30, with an average of 56.98 and SD = 11.9. While the student learning outcomes of the experimental group have the highest score of 90 and the lowest score of 47, with an average of 77.52 and SD = 10.8. The results of the normality test of the data obtained were Lo < Lt at a significance level of 5% indicating that the distribution of the learning outcomes of the control group was normally distributed where L_count(0.0010) <L_(table) (0.1477), and the distribution of the data on the learning outcomes of the experimental group was also normally distributed where L_count (0.1032) <L_(table )(0.1477). To find out the homogeneous data, the f-test was used so that the value of F_(count ) (1.22) <F_(table )(1.98) was obtained. So it can be concluded that the two research groups are homogeneous. To see the effect of learning by using learning media macromedia flash player on learning outcomes of food knowledge, a t-test was used. The results obtained were the price t_(count )> t_(table) i.e. 7.551 > 1.67, at the significance level =0.05, it means that there is an influence of macromedia learning media. flash player on the learning outcomes of students' knowledge of food ingredients at SMK Negeri 8 Medan.

Keywords: learning media macromedia flash player, knowledge of food ingredients


References


Ali, M, (2002). Penelitian Pendidikan, Prosedur dan strategi mengajar. Bandung: Angkasa

Anni, (2004). Hasil Belajar Siswa. Dari embegublogspot.com

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. (Rev.Ed). Jakarta: PT. Rineka Cipta

AH Sanaky, Hujair. 2010. Media Pembelajaran. Buku Pegangan Wajib Guru Dan Dosen. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara

Dimyanti dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Dharmayanti, L. (2013). Pengetahuan bahan Makanan 2. Depok : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Humairo. 2013. Pengertian Dari Macromedia Flash. Diakses dari http://humairo1996.blogspot.com/2013/0engertian-dari-macromedia-flash-dan.html

Morris Sallie dan Lesley Mackley. 2011. Cook’s Encyclopedia Of Spices. Egypt : Hermes House Munadi, Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta:GP Press

Mutiara, Putri F. (2012) Herbs And Spices For Continental Causine. Diakses darihttp://putrifalindamutiara.blogspot.com/2012/09/herbs-and-spices-for-continental-ausine.html

Rizki. (2013). Bumbu dan Rempah Negara Kontinental. Diakses dari http://rizkynutritionandculinary.blo gspot.com/2013/01/bumbu-dan- rempah-negara kontinental.html

Sabil, Boga. 2014. Bumbu Kontinental. Diakses Dari http://bogasabil. blogspot.com/2014/05/bumbu- kontinental.html

Situmorang, M. dkk (2004). Inovasi Model– Model Pembelajaran Bidang Sain Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Prosiding Konaspi V Surabaya Tahun 2004.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta

Sudijono, Anas. (2011). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, Nana. (2002). Penelitian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya

Sudjana, (2005). Metode Statistika (Rev.Ed). Bandung: Penerbit Tarsito

Sugiyono. (2010). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Sugiyono. (2011). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i2.26296

Article Metrics

Abstract view : 66 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.