Hubungan Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental Dengan Kesiapan Praktek Kerja Industri (Prakerin) Siswa Kelas XI SMK Putra Anda Binjai

Nur'Adhawiyah Nila Handayani

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental, (2) Kesiapan Praktik Kerja Industri, (3) Hubungan Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental Dengan Kesiapan Praktik Kerja Industri di SMK Putra Anda Binjai. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional.  Lokasi penelitian di SMK Putra Anda Binjai sebanyak 33 orang (total sampling). Penelitian ini dilakukan pada hari Rabu tanggal 10 Mei 2017. Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan test untuk menjaring Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental dan angket untuk menjaring Kesiapan Praktik Kerja Industri. Teknik analisis data adalah deskriptif korelasional, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas dan uji linearitas dan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, kemudian di uji t. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, tingkat kecenderungan variabel Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental, (X) kategori Cukup (57,57%). Tingkat uji kecenderungan Kesiapan Praktik Kerja Industri (Y) kategori Cukup (69,69%). Hasil analisis normalitas dengan dk = 5 pada kedua variabel adalah normal untuk Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental  (X) (Xhitung = 5,17 < Xtabel = 11,07). untuk Kesiapan Praktik Kerja Industri (Y) (Xhitung = 3,13 < Xtabel = 11,07). Hasil analisis uji linearitas Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental (X) dengan Kesiapan Praktik Kerja Industri (Prakerin) (Y) Fhitung > Ftabel(5,02 > 3,50). Hasil analisis korelasi product moment diperoleh rtabel = 0,334. Dengan demikian harga rhitung > rtabel (0,914 > 0,334) sehingga Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Pada Makanan Kontinental (X)  terhadap Kesiapan Praktik Kerja Industri (Y)  adalah signifikan. Kemudian di uji t diperoleh harga t­tabel­ dengan dk = 33-2 = 31 diperoleh ttabel = 1,697 sedangkan thitung = 3,046 maka thitung > t­tabel (30,79 > 1,697). Sesuai dengan kriteria penerimaan dan penolakan hipotesis, maka hipotesis Ha yang diajukan diterima pada taraf signifikan 5%.

 Kata Kunci : Pengetahuan; Bahasa Asing; Makanan Kontinental; Praktek Kerja Industri.

 ABSTRACT

This research aims to find out: (1) Knowledge of Foreign Language Terms in Continental Food, (2) Readiness of Industrial Work Practices, (3) The Relationship of Knowledge of Foreign Language Terms in Continental Food with Readiness for Industrial Work Practices at SMK Putra Anda Binjai. This research design is descriptive correlational. The research location at SMK Putra Anda Binjai was 33 people (total sampling). This research was conducted on Wednesday, May 10, 2017. The data of this research were filtered using a test to encompass Knowledge of Foreign Language Terms in Continental Food and a questionnaire to capture the Readiness of Industrial Work Practices. The data analysis technique is descriptive correlational, trend test, requirements analysis test with normality test and linearity test and hypothesis test with product moment correlation test, then t-test. Based on the results of the study showed that, the level of the tendency of the variable Knowledge of Foreign Language Terms in Continental Food, (X) in the Enough category (57.57%). The level of trend test for Readiness to Industrial Work Practices (Y) in the Enough category (69.69%). The results of normality analysis with dk = 5 in both variables are normal for Knowledge of Foreign Language Terms in Continental Food (X) (Xcount = 5.17 <Xtable = 11.07). for the Readiness of Industrial Work Practices (Y) (Xcount = 3.13 <Xtable = 11.07). The results of the analysis of the linearity test of the Knowledge of Foreign Language Terms in Continental Food (X) with the Readiness of Industrial Work Practices (Prakerin) (Y) Fcount> Ftable (5.02> 3.50). The results of the product moment correlation analysis obtained r table = 0.334. Thus the price rcount> rtable (0.914> 0.334) so that the knowledge of foreign language terms in continental food (X) on the Readiness of Industrial Work Practices (Y) is significant. Then in the t test, the price of t ¬ table ¬ with dk = 33-2 = 31 obtained t table = 1.697 while tcount = 3.046 then tcount> t ¬ table (30.79> 1.697). In accordance with the criteria for acceptance and rejection of the hypothesis, the proposed hypothesis Ha is accepted at a significant level of 5%.

Keywords: Knowledge; Foreign language; Continental Food; Field Industrial practice.


References


Anas Sudijono. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bloom, Benjamin S, Etc. (2013). Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain.

Emilia, Esi. (2013). Makanan Kontinental. Medan: Percetakan Unimed.

Herminanto, Sofyan. (2013). Kesiapan Kerja Siswa STM di Jawa. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. (2012). Jakarta: Balai Pustaka Departemen Pendidikan Nasional.

Ketut. (2014). Analisis kesiapan dan kematangan kerja individual. Jakarta: Bumi Aksara

Kananto, Ardhi. (2015). Efektivitas Pelaksanaan Praktek Kerja Industri Kelas XI Di SMK Marsudi Luhur I Yogyakarta. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

Komariah Kokom, dkk. (2013). Pengolahan Hidangan Kontinental. Jurusan PTBB

FT. Universitas Negeri Yogyakarta.

Parera, Jos Daniel. (2013). Teori Semantik Edisi Kedua. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Parwanti. (2014). Pengaruh Pengamalan Praktik Kerja Industri dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 1 Sentolo. Skripsi. Pendidikan Administrasi Perkantoran. FE UNY.

Prihastuti dkk. (2013). Restorant Jilid I Untuk SMK. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.

Sibarani, Melki. (2015). Hubungan Penguasaan Istilah Asing dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Makanan Kontinental SMK Pencawan Medan. Pendidikan Tata Boga. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Medan.

Sudjana. (2013). Dasar-dasar Proses Belaja Mengajar. Bandung: Sinar Baru Bandung.

Sudjana. (2013). Metoda Statiska. Bandung: Tarsito.

Sudjana. (2013). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Uno, Hamzah. B. (2013). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel. (2013). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Slameto. (2012). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi (Rev.ed). Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v2i2.26298

Article Metrics

Abstract view : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot