Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Praktek Bakery Pastry Siswa Smk Pariwisata Imelda Medan

Dona Heartami Fatma Tresno Ingtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui hasil praktek siswa yang menggunakan metode demonstrasi pada pelajaran Bakery Pastry (2) Untuk mengetahui hasil praktik siswa yang menggunakan metode konvensional pada pelajaran Bakery Pastry (3) Untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil praktek siswa pada pelajaran Bakey Pastry. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Pariwisata Imelda Medan. Waktu penelitian pada bulan Oktober 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Jasa Boga kelas XI sebanyak 2 kelas yang berjumlah 61 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling sehingga yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas JB-2 berjumlah 30 orang untuk kelas eksperimen dan kelas JB-1 berjumlah 31 orang untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan uji Chi Kuadrat, uji homogenitas menggunakan uji F, dan uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil praktek bakery pastry pada materi cokelat praline pada kelas eksperimen dengan menggunakan metode demonstrasi diperoleh rata-rata sebesar 89,8 dan standar deviasi 4 dengan tingkat kecenderungan nilai yang tinggi sebesar 93% sedangkan pada kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional diperoleh nilai rata-rata 76,9 dan standar deviasi 3 dengan tingkat kecenderungan nilai kategori cukup sebesar 94%. Dari hasil perhitungan uji hipotesis diperoleh t hitung > t tabel (5,03 > 1,670) pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada metode demonstrasi terhadap hasil praktek bakery pastry siswa SMK Pariwisata Imelda Medan.Kata Kunci : Demonstrasi; Hasil Praktek; Bakery Pastry.ABSTRACT

This study aims: (1) To determine the results of student practice using demonstration methods in Bakery Pastry lessons (2) To determine the results of student practice using conventional methods in Bakery Pastry lessons (3) To determine the effect of demonstration methods on student practice outcomes in lessons Bakey Pastry. The research design used was a Quasi Experiment. The research location was carried out at the Imelda Tourism Vocational School in Medan. The research time was in October 2019. The population in this study were all students of Culinary Services class XI as many as 2 classes, totaling 61 students. Sampling was used random sampling technique so that the sample of the study were 30 students of JB-2 class for the experimental class and 31 students for JB-1 class for the control class. Data collection techniques by observation. The data analysis technique used data descriptions, trend test, normality test using the Chi Square test, homogeneity test using the F test, and hypothesis testing using the t test. The results showed that the results of the practice of bakery pastry on praline chocolate material in the experimental class using the demonstration method obtained an average of 89.8 and a standard deviation of 4 with a high trend level of 93%, while in the control class using conventional methods the value was obtained average 76.9 and standard deviation of 3 with a trend level of sufficient category value of 94%. From the results of the calculation of the hypothesis test, it is obtained t count> t table (5.03> 1.670) at a significant level of 0.05. Thus it can be concluded that there is a significant influence on the demonstration method on the results of the bakery pastry practice of the Imelda Tourism Vocational School students in Medan.

 Keywords : Demonstration; Practice Results; Bakery Pastry.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal dan Ali Murtadlo. (2016). Kumpulan Metode Pembelajaran Kreatif Inovatif. Bandung : Penerbit Satunusa.

Arlina. (2015). Metode Pembelajaran Demonstrasi. Diakses pada 26 Agustus 2019 dari http://abdulgopuroke.blogspot.com/2017/03/metode-pembelajaran-demonstrasi.html#

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Firdaus. (2014). Pengaruh Penggunaan Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Cahaya Siswa Kelas V SDN 100/I Pematang Gadung. Skripsi.Jambi : Universitas Negeri Jambi.

Moeljaningsih. (2011). Pengaruh Penambahan Lesitin Terhadap Kualitas Permen Coklat Selama Penyimpanan Suhu Kamar . Surabaya: Baristand Industri Surabaya

Mohammad Jahja Anwar. (2013). Penerapan Metode Demonstrasi Berbasis Teknologi Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sejarah Pembentukan Bumi. Skripsi, Gorontalo : Universitas Negeri Gorontalo.

Muhammad Syaihun. (2013). Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Hasil Praktik Shielded Metal Arc Welding (SMAW) Siswa Kelas X Teknik Las Smk Negeri 2 Pengasih. Skripsi, Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Nurhidayati, (2011). Metode Pembelajaran Interaktif. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Prasetyaningsih, D. A. (2010). Diakses pada 25 Agustus 2019. Pengertian Cokelat Bubuk .dari http://farahpunya2013.blogspot.co.id/.

Rangkuti, S. S. (2013). Umur Simpan Soyghurt Probiotik Sebagai Filler Coklat Praline. Fakultas Pertanian. Universitas Riau. Riau

Regawati, Yuti. (2003). Aneka Cokelat. Jakarta : Puspa Swara.

Sudarminto. (2015). Permen Cokelat Praline. Diakses pada 02 September 2019 dari http://darsatop.lecture.ub.ac.id/2015/11/permen-coklat-praline/




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i2.26379

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 229 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot