Pengaruh Model Pembelajaran Time Token Terhadap Hasil Belajar Ilmu Gizi Siswa SMK Negeri 3 Pematangsiantar

Lady Gratia Sinaga Frida Dinar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Time Token pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi, (2) Hasil belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran Time Token  pada Mata Pelajaran Ilmu Gizi, (3) Pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang menggunakan Model Pembelajaran Time Token termasuk  kategori cenderung tinggi sebesar  86,67 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Time termasuk kategori cenderung cukup sebesar 63,3 persen. Hasil uji normalitas dari kedua kelas adalah berdistribusi normal dengan nilai kelas eksperimen (Xhitung = 9,95 < Xtabel = 11,07), kelas kontrol (Xhitung = 8,30 < Xtabel = 11,07). Berdasarkan hasil uji hipotesis (Uji t) terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan Penggunaan Model Pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar Ilmu Gizi dengan nilai >(8,96>1,671) pada taraf signifikan 5%.

 Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token, Ilmu Gizi


ABSTRACT

This study aims to determine: (1) the learning outcomes of students who use the Time Token learning model in Nutritional Sciences, (2) The learning outcomes of students who do not use the Time Token learning model in Nutritional Sciences, (3) The effect of the Time Token learning model Token for Nutritional Science learning outcomes. The results showed that the trend level of student learning outcomes using the Time Token Learning Model was included in the category tended to be high at 86.67 percent and the trend level for student learning outcomes who did not use the Time Learning Model was included in the category tended to be moderate at 63.3 percent. The results of the normality test of the two classes were normally distributed with the experimental class values (Xcount = 9.95 < Xtable = 11.07), the control class (Xcount = 8.30 < Xtable = 11.07). Based on the results of hypothesis testing (t test) there is a significant effect on the use of the Time Token Learning Model on Nutritional Science learning outcomes with a value of t_(Calculate )> t_(Table )(8,96>1,671) at a significant level of 5%.

Keywords: Time Token Learning Model, Nutrition Science


Full Text:

PDF

References


Fanani, H. 2013. Pengaruh Teknik Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arrends Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Dasar-Dasar Kelistrikan di SMKN 1 Sidoarjo. Jurnal, Unesa, Surabaya.

Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Hariyani, S. 2011. Gizi Untuk Kesehatan Ibu dan Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu

Istarani. 2015. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada

Istarani dan Ridwan. 2015. 50 Tipe, Strategi dan Teknik Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada

Kurniasih dan Sani. 2016. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Surabaya: Kata Pena

Mauliza, W. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan. Jurnal. Unsyiah

Ningzaswati, D. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Time Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 1-12

Ratna, D. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Time Token Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD. Jurnal. Undiksha

Sanjaya, W. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sudjana N. 2015. Metoda Statistika. Bandung : PT. Tarsito Bandung.

Sudjana, N. 2015. Penelitian Hasil Proses Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Yeyen, S. 2013. Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Subang. Tesis Pada Program Pascasarjana Universitas Kuningan




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i2.26383

Article Metrics

Abstract view : 79 times
PDF - 63 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.