Pengaruh Penggunaan Media Projected Motion Terhadap Hasil Belajar Boga Dasar SMK Negeri 10 Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran projected motion pada pelajaran Boga Dasar; (2) Hasil belajar siswa tanpa menggunakan media Projected Motion pada pelajaran Boga Dasar; (3) Pengaruh penggunaan media projected motion terhadap hasil belajar Boga Dasar. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Lokasi penelitian di SMK Negeri 10 Medan. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 10 Medan. Teknik pengambilan sampel secara random sampling sehingga jumlah sampel sebanyak 70 siswa. Waktu penelitian bulan September – November 2019. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas dan homogenitas, uji hipotesis dengan uji “t”. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar dengan menggunakan media projected motion berada pada kategori tinggi sebesar 88,57 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar tanpa menggunakan media projected motion termasuk pada kategori cukup sebesar 68,57 persen. Hasil analisis uji t terdapat pengaruh penggunaan media projected motion terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran Boga Dasar dengan nilai thitung > ttabel yaitu (3,981> 1,690) pada taraf siginifikan 5 persen. Artinya penggunaan media projected motion dapat mempengaruhi hasil belajar Boga Dasar.
Kata Kunci : Media Projected Motion, Boga Dasar
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) Student learning outcomes using projected motion learning media in Basic Food lessons; (2) Student learning outcomes without using Projected Motion media in Basic Catering lessons; (3) The effect of using projected motion media on learning outcomes of Basic Catering. The research design used was a quasi experiment. Research location at SMK Negeri 10 Medan. The population in this study were all students of class X Catering Services at SMK Negeri 10 Medan. The sampling technique was random sampling so that the sample size was 70 students. The research period was September - November 2019. The data collection technique used tests. The data analysis technique used is descriptive data, trend test, data analysis requirements test with normality and homogeneity test, hypothesis test using "t" test. Based on the results of the study showed that the level of tendency of student learning outcomes in Basic Food subjects using projected motion media was in the high category of 88.57 percent. The level of tendency of student learning outcomes in Basic Catering subjects without using projected motion media is in the moderate category of 68.57 percent. The results of the t test analysis showed the effect of using projected motion media on student learning outcomes in Basic Catering lessons with a value of tcount> ttable, namely (3.981> 1.690) at a significant level of 5 percent. This means that the use of projected motion media can affect the learning outcomes of Basic Catering.
Keywords: Media Projected Motion, Basic FoodFull Text:
PDFReferences
Achmad. (2016). Proses Komunikasi. Yogyakarta: Salemba Medika.
Adha M. (2016). Pembelajaran Tanpa Bantuan Audio Visual Pada Kompetens Seni Dan Rupa. Diakses pada 14 Juni 2020 dari http://www.google.com.
Andriani Wetu. (2019). Projected Still Media dan Projected Motion Media Kelompok 3. Diakses pada 28 mei 2020 dari http://www.scribd.com.
Apriani S. (2016). Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Pelajaran Tata Hidang. SMK Bokpri Yogyakarta. Diakses pada 14 Juni 2020 dari http://www.google.com.
Arikunto, S. (2016). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.
Ari R. (2017). Pemanfaatan Projected Motion Media Sebagai Sarana Motifasi Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPA Terpadu kelas VIII. SMPN 9 Palembang. Diakses pada 14 Juni 2020 dari http://www.google.com.
Bartono P.H., S.E. Ruffino E.M., S.E. (2010). Tata Boga Industri. Yogyakarta: Andi.
Fitira I. (2015). Pengaruh Penggunaan Projected Motion Dan Projected Still Media Terhadap Hasil Belajar TIK. AMPN 25 Semarang. JPTM. 156 Volume 09, Nomor 05. Diakses pada 18 Mei 2020 dari http://www.scribd.com.
Jihad dan Haris. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi-Presindo
Lestari S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Multimedia (Projected Still dan Projected Motion Media) Terhadap Hasil Belajar Teknologi Pengolahan Makanan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Tanjung Morawa. Skripsi. Universitas Negeri Medan, Medan.
Khoiri, dkk. (2011). Pemanfaatan Projected Motion Media Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pengetahuan Bumi dan Antariksa. IKIP PGRI Semarang. JP2F, Volume 2 Nomor 1. Diakses pada 1 Januari 2020 dari http://www.google.com.
Oemar M. (2016). Media Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i2.26385
Article Metrics
Abstract view : 166 timesPDF - 146 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.