Hubungan Penerapan Garnish Dengan Hasil Praktek Makanan Indonesia SMK Putra Anda Binjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Pengetahuan penerapan garnish pada siswa; (2) hasil praktek makanan indonesia; (3) hubungan antara pengetahuan garnish dengan hasil peraktek makanan Indonesia siswa SMK Putra Anda Binjai. Waktu penelitian ini dilakukan pada 18 desember 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X bidang Jasa Boga dengan jumlah 60 orang. Pengambilan sampel digunakan teknik random sampling, yaitu dengan cara diundi, jumlah sampel diambil 50 % dari kelas XI Boga 1 dan 50 % dari kelas XI Boga 2. Data pengetahuan garnish dikumpulkan dengan menggunakan tes sedangkan data penerapan garnish pada makanan indonesia dikumpulkan dengan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji linearitas dan keberartian persamaan regresi, uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel pengetahuan garnish siswa termasuk kategori cukup dengan presentase 63,30 % dan penerapan garnish pada makanan indonesia cenderung tinggi dengan presentase sebesar 86,7%.Hasil analisis korelasi product moment menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan garnish dengan penerapan garnish pada makanan indonesia dengan nilai > (0,469 > 0,361 ) pada taraf signifikan 5 %. Artinya semakin tinggi pengetahuan garnish siswa, maka semakin tinggi penerapan garnish pada makanan indonesia.
Kata kunci : Penerapan Garnish; Hasil Praktek; Makanan Indonesia.
ABSTRACT
This study aims to determine; (1) Knowledge of the application of garnishes to students; (2) results of Indonesian food practice; (3) the relationship between garnish knowledge and the results of Indonesian food practice students of SMK Putra Anda Binjai. When this research was conducted on December 18, 2019. The population in this study were class X students in the Culinary Services sector with a total of 60 people. Sampling used random sampling technique, namely by drawing, the number of samples taken 50% from class XI Boga 1 and 50% from class XI Boga 2. Garnish knowledge data was collected using tests, while data on the application of garnishes to Indonesian food were collected by observation. The data analysis technique used is descriptive, trend test, analysis requirements test with normality test, linearity test and regression equation significance, hypothesis testing using product moment correlation test. Based on the results of the study showed that the level of tendency of students' garnish knowledge variables was categorized as sufficient with a percentage of 63.30% and the application of garnishes to Indonesian food tended to be high with a percentage of 86.7%. The results of the product moment correlation analysis showed that there was a significant relationship between garnish knowledge and application of garnish to Indonesian food with a value of r_xy> r table (0.469> 0.361) at a significant level of 5%. This means that the higher the students' knowledge of garnishes, the higher the application of garnishes to Indonesian food.
Key words: Garnish application; Practice Results; Indonesian food.Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fridiarty, Lelly. dkk. (2014). Bahan Ajar Dekorasi Penataan dan Penyajian Makanan. Medan: Universitas Negeri Medan.
Hassan. (2017). Evaluasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hernanto. (2016). Hiasan Buah & Sayuran Bentuk Bunga dan Dedaunan.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Idawati, Nurhayati. (2015). Garnish Buah dan Sayur. Yogyakarta: Kanisius.
Pratiwi, Sri. (2016). Cara Mudah Belajar Garnish. Yogyakarta : Kanisius.
Puspa, Vina. (2016). Pengolahan Makanan Indonesia. Yogyakarta: Modul.
Sadjana, Nana. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sagala, Syaiful. (2017). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sanjaya, Wina. (2017). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Prenamedia.
Sudirman. (2015). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf. (2015). Aneka Masakan Populer Khas Daerah. Jakarta: Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v4i2.26386
Article Metrics
Abstract view : 747 timesPDF - 2545 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.