Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Tata Hidang Siswa Kelas XI SMK Pencawan Medan

Ulfa Maharani Tarigan Riana Friska Siahaan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) kebiasaan belajar siswa, (2).Hasil Belajar(3) Hubungan Kebiasaan Belajar dengan hasil Belajar  Tata Hidang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di di SMK Pencawan Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pencawan  Medan dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang. Penelitian ini dilakukan bulan November-Desember 2020. Teknik pengumpulan data menggunakan angket untuk menjaring data Kebiasaan belajar dan tes untuk menjaring data Hasil Belajar Tata Hidang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif  korelasionsl, uji kecendrungan, uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel Kebiasaan Belajar termasuk kategori cenderung cukup sebesar (100%) dan tingkat kecenderungan variabel Hasil Belajar Tata Hidang termasuk kategori cenderung cukup sebesar (75%). Hasil uji normalitas data dengan dk = 5 pada kedua variabel adalah normal, untuk Kebiasaan Belajar  Xhitung < Xtabel (2,34 < 11,07) dan untuk Hasil Belajar Tata Hidang Xhitung < Xtabel (9,80 < 11,07). Hasil analisis uji linieritas Kebiasaan Belajar dengan hasil belajar Tata Hidang Fhitung > Ftabel ((-0,083 < 2,54) yang artinya linier. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara Kebiasaan Belajar dengan hasil belajar Tata Hidang SMK Pencawan Medan. Dengan nilai  rhitung  = 0,349. Dengan demikian harga rhitung > rtabel (0,616 > 0,349). artinya semakin tinggi Kebisaan belajar siswa maka semakin tinggi pula hasil belajar Tata Hidang.

 Kata kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar, Tata Hidang


ABSTRACT

This study aims to analyze: (1) students' study habits, (2). Learning Outcomes (3) Relationship between Study Habits and Learning Outcomes of Dishes. The research design used is descriptive correlational. The research location is at SMK Pencawan Medan. The population in this study were all students of class XI Catering at SMK Pencawan Medan with the total sampling technique, so the number of samples was 32 people. This research was conducted in November-December 2020. The data collection technique used a questionnaire to collect data on study habits and a test to collect data on learning outcomes of cuisine. The data analysis technique used is descriptive correlation, trend test, data analysis requirements test with normality test, linearity test and hypothesis test using product moment correlation test. Based on the results of the study, it shows that the level of tendency of the variable learning habits including the category tends to be sufficient (100%) and the level of tendency of the variable learning outcomes of dishes including the category tends to be sufficient (75%). The results of the normality test of the data with dk = 5 on both variables were normal, for Study Habits Xcount < Xtable (2.34 < 11.07) and for Digestive Learning Outcomes Xcount < X table (9.80 < 11.07). The results of the linearity test analysis of Learning Habits with learning outcomes of Hidang Fcount > Ftable ((-0.083 < 2.54) which means linear. The results of product moment correlation analysis have a significant relationship between Study Habits and learning outcomes of Digestive System at SMK Pencawan Medan. rcount = 0.349. Thus the price of rcount > rtable (0.616 > 0.349), meaning that the higher the student's learning ability, the higher the learning outcomes of Dishes.

 Keywords: Study Habits, Learning Outcomes, Dishes


Full Text:

PDF

References


Arikunto S. 2013. Prosedur Penelitian . Jakarta : Rhineka Cipta.

Arikunto S. 2016. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Jakarta : Rhineka Cipta.

Ahmad Susanto. 2015. Psikologi Perkembangan. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Ardiansyah, M. Asrori. 2011. Prestasi Hasil Belajar. Jakarta: Bumi Aksara

Aunurrahman. 2013. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Bahri, Hasan. 2000. Problematika Remaja Dan Solusinya. Yogyakarta : Pustaka Belajar

Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Dimyanti dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Ekawatiningsih, Prihastuti, dkk. 2008. Restoran Jilid I. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejurusan

Marwanti. 2000. Pengetahuan Masakan Indonesia. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Mudyahardjo, Redja. 2001. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya

Noehi. 1992. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar.

Slameto. 2013. Belajar dan faktor- Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka

Sudjana, Nana. 2014. Dasar –Dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo

Sallis, Edward. 2014. Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: Kogan Page

Sugiyono. 2013. Metode Peneltian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Tim Penyusun Fakultas Teknik. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi.Universitas Negeri Medan.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i1.26390

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF - 72 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.