Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pengolahan Makanan Kontinental SMK Pencawan School Medan

Latiful Hilmi Sulistiawikarsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Minat belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental tentang makanan pembuka (appeizer); (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental tentang makanan pembuka (appeizer); (3) Hubungan minat belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pengolahan Makanan Kontinental tentang makanan pembuka (appeizer). Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kecenderungan minat belajar siswa kelas XI SMK Pencawan School Medan berada pada kategori cenderung cukup sebesar 85,5 persen. Tingkat kecenderungan hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa kelas XI SMK Pencawan School Medan berada pada kategori cenderung cukup sebesar 74,29 persen. Hasil uji normalitas adalah berdistribusi normal. dengan nilai minat belajar Xhitung < Xtabel = (5,2 < 11,07). Dan nilai Hasil Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Xhitung < Xtabel = (2,08 < 11,07). Uji linier persamaan regresi antara Minat belajar (X) dengan Hasil belajar (Y) yaitu Fhitung < Ftabel yaitu (-0,65 < 2,90) sehingga persamaan garis dinyatakan linier. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar dengan nilai rxy = 0,68 pada taraf signifikan 5 persen. Dengan demikian harga rhitung > rtabel , yaitu 0,68 > 0,344,  maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa kelas XI SMK Pencawan School Medan. Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif atau signifikan antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Pengolahan Makanan Kontinental Siswa Kelas XI SMK Pencawan School Medan.

 Kata Kunci : Minat Belajar, Pengolahan, Makanan Kontinental

ABSTRACT

This study aims to determine: (1) students' learning interest in the subject of Continental Food Processing about appetizers (appeizer); (2) student learning outcomes on the subject of Continental Food Processing about appetizers (appeizer); (3) The relationship between interest in learning and student learning outcomes in the Continental Food Processing subject about appetizers (appeizer). The sampling technique is Total Sampling with a total sample of 35 students. Data collection techniques using tests and questionnaires/questionnaires. The data analysis technique used data description, trend test, normality test using the chi square formula, homogeneity test, and Product Moment hypothesis testing. The results showed that the tendency of students' interest in learning in class XI SMK Pencawan School Medan was in the category of tending to be sufficient at 85.5 percent. The trend level of learning outcomes of continental food processing students of class XI SMK Pencawan School Medan is in the fairly inclined category of 74.29 percent. The results of the normality test are normally distributed. with the value of learning interest Xcount < Xtable = (5.2 < 11.07). And the value of Continental Food Processing Learning Outcomes Xcount < Xtable = (2.08 < 11.07). The linear test of the regression equation between learning interest (X) and learning outcomes (Y) is Fcount < Ftable, namely (-0.65 < 2.90) so that the line equation is declared linear. Based on the results of the product moment correlation analysis between Learning Interest and Learning Outcomes with a value of rxy = 0.68 at a significant level of 5 percent. Thus the price of rcount > rtable, which is 0.68 > 0.344, it can be concluded that there is a significant relationship between interest in learning and learning outcomes of continental food processing students of class XI SMK Pencawan School Medan. This means that Ha is accepted, that is, there is a positive or significant relationship between Interest in Learning and Learning Outcomes of Continental Food Processing for Class XI Students of SMK Pencawan School Medan.

 Keywords: Interest in Learning, Processing, Continental Food


Full Text:

PDF

References


Azhar Arsyad, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Jakarta : P.T. Raja Grafindo Persada

Agustin, Denik. 2014. Pengaruh Minat Belajar dan Lingkungan Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi pada Siswa Kelas VIII Mts Muhammadiyah Waru Tahun Ajaran 2013/2014.Skripsi. Surakarta: UMS

Ahmadi, Abu. 20015. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka cipta

Ahmad Sutanto, 2016. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara

Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Barus, Sylvia, Maulida, (2015). Hubungan minat dengan kesiapan belajar siswa

Dengan hasil belajar pengolahan makanan continental. Skripsi.UNIMED

Djaali. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta

Djamarah, Syaiful Bahri. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Daryanto, 2010.Psikologi Pendidikan.Bandung : Satu Nusa

Dmiati, Mudjiono. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press

Emilia Esi, 2014. Pengolahan Makana Kontinental. Medan : Unimed Press

Fitriyani, Eka., (2018). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Menjahit Kerah Industri Pada Kelas Xi Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Gejora, Inaya, Muntarina (2012). Pengaruh Minat dan Hasil belajar pengolahan makanan continental SMKN 1 Magelang. Skripsi. UNY

Galuh, Ika Sukoco (2012). Hubungan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa SMK AL-Ihsan. Suka Damai. Jatim

Kompri, 2017. Motivasi Pembelajaran Persfektif Guru dan Siswa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Ketut, Sriwini. 2011. Minat Belajar Dengan Motivasi BelajarSiswa kelas XI SMKN. Magelang.

Loekmono, 2011. Minat Belajar Siswa : Pustaka Belajar

Muhibbin Syah, 2013. Belajar dan Prestasi : Rineka Cipta

Muhammad Anwar, 2015. Evaluasi Hasil Belajar.Surakarta : Pustaka Pelajar

Pidarta, 2013. Pendidikan sebagai motivasi.: Pustaka Belajar

Purwanto, 2008. Evaluasi Hasil Belajar.Surakarta : Pustaka Pelajar

Sugihartono, dkk 2013. Pengetahuan Makanan Kontinental. Bandung : Alfabeta

Sukiman, 2012 Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pedagogya

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaodih, 2012. Metodologi penelitian. : Pustakan Belajar

Wiwid Lukianto, 2002. Pengetahuan Makanan Kontinental. Jakarta : PT. Gramedia

Wisnu Adi Wibowo, (2011). Implementasi model pembelajaran ular tangga untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar pengolahan makanan continental. SMK Bangun Tapan.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i1.26392

Article Metrics

Abstract view : 531 times
PDF - 1554 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
slot gacor slot