Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Pariwisata Imelda Medan

Dian Eni Siregar1 Erli Mutiara

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Interaksi Sosial Siswa, (2) Hasil Belajar Tata Hidang, (3) Hubungan Interaksi Sosial dengan Hasil Belajar Tata Hidang. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di di SMK Pariwisata Imelda Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan dengan teknik pengambilan sampel Total Sampling, sehingga jumlah sampel sebanyak 32 orang. Waktu penelitian bulan Juli – September 2019. Teknik pengumpulan data untuk menjaring data Interaksi Sosial dengan angket dan tes untuk menjaring data Hasil Belajar Tata Hidang. Teknik analisis data yang digunakan yaitu secara deskriptif  korelasionsl, uji kecendrungan, uji persyaratan analisis, dengan uji normalitas, uji linieritas dan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan variabel Interaksi Sosial termasuk kategori cenderung cukup dan tingkat kecenderungan variabel Hasil Belajar Tata Hidang termasuk kategori cenderung cukup masing-masing sebesar 100% dan 75%. Hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara Interaksi Sosial dengan hasil belajar Tata Hidang SMK Pariwisata Imelda Medan, dengan nilai  rhitung  = 0,38 dan harga rhitung > rtabel (0,38 > 0,349) artinya semakin tinggi interaksi sosial siswa maka semakin tinggi hasil belajar Tata Hidang.

 Kata kunci : Interaksi Sosial, Hasil Belajar, Tata Hidang


ABSTRACT

This study aims to analyze: (1) Social Interaction of Students, (2) Learning Outcomes of Dishes, (3) Relationships of Social Interaction with Learning Outcomes of Dishes. The research design used is descriptive correlational. The research location is at the Imelda Tourism Vocational School in Medan. The population in this study were all students of class XI Catering Services Vocational School of Tourism Imelda Medan with the total sampling technique, so the number of samples was 32 people. The research time is July – September 2019. Data collection techniques to collect data on Social Interaction with questionnaires and tests to collect data on Dishes Learning Outcomes. The data analysis technique used is descriptive correlation, trend test, analysis requirements test, normality test, linearity test and hypothesis testing with product moment correlation test. Based on the results of the study, it showed that the level of tendency of the Social Interaction variable, including the category tended to be sufficient and the level of tendency of the Variable Learning Outcomes of Dishes including the category tended to be sufficient, respectively at 100% and 75%. The results of the product moment correlation analysis showed that there was a significant relationship between Social Interaction and the learning outcomes of Imelda Tourism Vocational High School Medan, with the value of rcount = 0.38 and the price of rcount > rtable (0.38 > 0.349) meaning that the higher the student's social interaction, the higher the student's social interaction. learning outcomes of Dishes.

 Keywords: Social Interaction, Learning Outcomes, Dishes


Full Text:

PDF

References


Dayaksini, 2015. Psikologi Sosial. Malang: UMM Pres.

Damayanti. 2012. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar pengetahuan Peralatan Kelas XI Jurusan Tata Boga SMK Negri 1 Sewon. Skripsi. Universitas Negri Yogyakarta.

Husein. 2010. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Muatan Lokal Siswa Kelas XI SMA Pembanguan. Skripsi. Universitas Negri Semarang.

Fitria. 2011. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Prakarya Siswa Kelas VII SMP 1 Pembangunan. Skripsi. Universitas Muhammadiyah.

Listriana. 2010. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Rancangan Menu Pada Siswa SMK Negeri 1 Makasar. Skripsi. Universitas Hasanuddin.

Lia. 2010. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar IPS kelas XI SMA Negri 1 Purwokerto. Skripsi Universitas Purwokerto.

Ramadana. 2010. Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Pengetahuan Bahan Makanan Siswa Kelas X SMK 1 Semarang. Universitas Diponegoro.

Radika. 2010. Hubungan Interaksi Sosial Dengan Hasil Belajar Muatan Lokal Siswa Kelas IX SMP 1 Atap. Skripsi. Universitas Muhammadiyah.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: CV. Alfabeta.

Universitas Lampung.

Ni Wayan (2014) “Hubungan interaksi sosial terhadap hasil belajar siswakelas X SMA Negri Sukasada Semester Genap Tahun Pelajaran 2013/2014: Skripsi. Universitas Sebelas Maret Surakarta




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i1.26396

Article Metrics

Abstract view : 140 times
PDF - 92 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.