Hubungan Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Dengan Hasil Belajar Pengolahan Makanan Kontinental SMK Pariwisata Imelda Medan

Azizah Nur Lubis1 Esi Emilia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) Penggunaan internet sebagai sumber belajar siswa. (2) Hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa pada materi Sauce. (3) Hubungan penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan hasil belajar pengolahan makanan kontinental. Lokasi penelitian di SMK Pariwisata Imelda Medan. Desain penelitian yang digunakan adalah deskripftif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan. Sampel penelitian menggunakan teknik random sampling dengan jumlah 31 orang. Waktu penelitian pada bulan Maret 2020. Data penelitian penggunaan internet sebagai sumber belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan angket, dan Hasil Belajar pengolahan makanan kontinental siswa dengan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripsi data, uji kecenderungan, uji persyaratan analisis data dengan uji normalitas, uji keberartian dan liniearitas, dan uji hipotesis dengan korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan internet sebagai sumber belajar dan Hasil Belajar pengolahan makanan kontinental termasuk kategori cenderung cukup dengan nilai masing – masing sebesar 93,60 persen dan 54,90 persen. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber dengan hasil belajar pengolahan makanan kontinental materi sauce, dengan nilai koefisien korelasi rh = 0,59 dan rt = 0,35 pada taraf signifikan α = 0,05, sehingga harga rh> rt yaitu 0,59 > 0,35. Artinya semakin tinggi penggunaan internet sebagai sumber belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar pengolahan makanan kontinental siswa pada materi Sauce.

 Kata Kunci : Penggunaan Internet, Sumber Belajar, Makanan Kontinental, Sauce


ABSTRACT

This study aims to analyze (1) the use of the internet as a source of student learning. (2) Learning outcomes of students' continental food processing on Sauce material. (3) The relationship between the use of the internet as a learning resource and the learning outcomes of continental food processing. The research location is at the Imelda Tourism Vocational School in Medan. The research design used is correlational descriptive. The population in this study were all students of class XI Catering Services SMK Tourism Imelda Medan. The research sample used random sampling technique with a total of 31 people. Research time in March 2020. Research data on the use of the internet as a student learning resource were collected using a questionnaire, and students' learning outcomes of continental food processing were collected by means of a test. The data analysis technique used is data description, trend test, data analysis requirements test with normality test, significance and linearity test, and hypothesis testing with Product Moment correlation. The results showed that the use of the internet as a learning resource and learning outcomes of continental food processing included the category tended to be sufficient with scores of 93.60 percent and 54.90 percent, respectively. Based on the results of the product moment correlation analysis, there is a significant relationship between the use of the internet as a source and the learning outcomes of continental food processing sauce material, with a correlation coefficient value of rh = 0.59 and rt = 0.35 at a significant level = 0.05, so the price rh> rt that is 0.59> 0.35. This means that the higher the use of the internet as a source of student learning, the higher the learning outcomes of students' continental food processing on the Sauce material.

 Keywords: Internet Use, Learning Resources, Continental Food, Sauce


Full Text:

PDF

References


Akbari. (2016). Hubungan Intensitas Penggunaan Sosial Media Terhadap Perilaku Belajar Mata Pelajaran Produktif Pada Siswa Kelas XI Jasa Boga di SMK 3 Klaten. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto. (2014). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Kebudayaan, (2004). Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta : Balai Pustaka.

Desi. (2019). Hubungan Pemanfaatan Internet Dengan Hasil Belajar Makanan Kontinental Siswa Kelas XI SMK Putra Anda Binjai. Medan : Unimed Press.

Emilia. (2013). Makanan Kontinental. Medan : Unimed Press.

Erida. (2013). Pengaruh pemanfaatan media internet terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKN kelas X SMA negeri 1 percut sei tuan. Medan : Unimed Press.

Febriana. (2009). Bentuk Pemanfaatan Internet Dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di SMA Negeri Se-Kabupaten Magelang. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Hamalik. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Isdhana, (2011). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar Mahasiswa Prodi PPKN FIS UNNES. Semarang : Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang.

Madcoms. (2015). Mudah menggunakan internet untuk pemula. Yogyakarta : Penerbit Andi

Majid. (2007). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Purwanto (2017). Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Rohani. (2007). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta : Rineka.

Rusman, (2013). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung : Alfabeta.

Silvia, (2015). Hubungan Penggunaan Imternet Bidang Kuliner Dengan Hasil Belajar Makanan Kontinental Siswa Kelas XI SMK Sandhy Putra Medan. Medan : Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan

Soyomukti. (2010). Pengantar Sosiologi. Yogyakarta : Ar-Russ Media

Sudjana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Statistik Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Supriyanto. (2007). Web dengan HTML dan XML. Yogyakarta : Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i1.26398

Article Metrics

Abstract view : 207 times
PDF - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.