Kemampuan Komunikasi Interpersonal Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Sinar Husni Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan komunikasiinterpersonal siswa. (2) mortivasi berprestasi siswa. (3) hasil belajar tata hidang siswa. (4) Untuk mengetahui hubunganKomunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Tata hidang (5)Untuk mengetahui hubungan Motivasi Berprestasi terhadap hasil belajar tata hidang.(6)Untuk mengetahui hubungan Komunikasi Interpersonal dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar tata hidang. Penelitian ini dilakukan di SMK Sinar Husni Medan. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 60 orang. Data penelitian ini dijaring dengan menggunakan angket untuk variabel komunikasi interpersonal dan motivasi berprestasi dan tes untuk variabel hasil belajar tata hidang. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, korelasi parsial dan korelasi ganda pada taraf signifikansi α = 5%. Hasil deskripsi dan analisis data menunjukkan bahwa: 1)rata-rata Komunikasi Interpersonal adalah 129,16 dengan tingkat kecenderungan relatif tinggi (75%), 2) rata-rata motivasi berprestasi 132,2 dengan tingkat kecenderungan dalam kategori tinggi (58,33%) 3) rata-rata hasil belajar tata hidang 27,47 dengan tingkat kecenderungan relative tinggi (61,66%), 4) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar tata hidang dengan nilai rhitung> rtabel yaitu 0,260> 0,254, 5) terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi berprestasi terhadap hasil belajar tata hidang dengan nilai rhitung> rtabel yaitu 0,322> 0,254 , 6) terdapat hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal dan motivasi berprestasi terhadap hasil belajar tata hidang dengan Fhitung > Ftabel (4,26>3,16).
Kata Kunci : Komunikasi Interpersonal, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Tata hidang
Abstract
This study aims to determine (1) students' interpersonal communication skills. (2) student achievement motivation. (3) student learning outcomes of dishes. (4) to determine the relationship between interpersonal communication and learning outcomes. (5)to determine the relationship between achievement motivation to learning outcomes of culinary arts. (6) to determine the relationship between interpersonal communication and achievement motivation to learning outcomes of cuisine. This research was conducted at smk sinar husni medan. The sample in this study were students of class xi totaling 60 people. The data of this research were collected using a questionnaire for the variables of interpersonal communication and achievement motivation and a test for the variable of learning outcomes of cuisine. The data analysis technique used is product moment correlation, partial correlation and multiple correlation at a significance level of = 5%. The results of the description and data analysis show that: 1) the average interpersonal communication is 129.16 with a relatively high level of tendency (75%), 2) the average achievement motivation is 132.2 with a tendency in the high category (58.33% ) 3) the average culinary learning outcome is 27.47 with a relatively high level of inclination (61.66%), 4) there is a significant relationship between interpersonal communication and culinary learning outcomes with a value of rcount> rtable, namely 0.260> 0.254, 5 ) there is a significant relationship between achievement motivation on culinary learning outcomes with a value of rcount> rtable, namely 0.322> 0.254, 6) there is a significant relationship between interpersonal communication and achievement motivation on culinary learning outcomes with fcount > ftable (4,26>3 ,16).
Keywords: Interpersonal Communication, Achievement Motivation, Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.
Chaerani, Novita .2011 , “Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar
Matematika Siswa”
Darmawan. 2002. Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal
denganKeterlibatan Kerja Mahasiswa. Jurnal Psikogiagnostik.
Devito, Joseph. 2011. Komunikasi Antarmanusia. Tanggerang Selatan: Karisma Publishing Group
Effendy, OU. 2003. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek.Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Ernawati dan Tjalla, A. 2007.Hubungan komunikasi interpersonal antara mahasiswa dan dosen dengan prestasi akademik mahasiswa fakultas psikologi universitas Gunadarma. Jurnal Psikologi.
Fisher. 2005. Teori Komunikasi. Bandung :Remaja Rosda Karya.
Gunawati, R., Hartati, S., dan Listiara, A. 2006. Hubungan Antara Efektivitas
Komunikasi Mahasiswa dosen Pembimbing Utama Skripsi Dengan tingkatan stres dalam menyusun skripsi
Heckhausen. 1967. The Anatomy of Achievement Motivation. New York :Academic Press.
Larasati, marheni 2018 “Hubungan antara komunikasi interpersonal orangtua-remaja dengan keterampilan sosial remaja”
Mardapi. 2011. Peskoran Pendidikan Karakter. Dalam buku : Pendidikan Karakter dalam Persepktif Teori dan Praktik. Yogyakarta: UNY Press.
McClelland, D.C. 1987. Human Motivation. New York : Cambridge University Press
Meinanda , Teguh. 2007. Pengantar Public Relations dalam Management .Bandung : CV. Armico
Muhammad, A. 2004.Komunikasi Organisasi. Jakarta :BumiAksara
Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi : Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mulyatiningsih, Endang. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan.Bandung: Alfabeta
Nasution, M. N. (2004). Manajemen Jasa Terpadu. Bogor: Ghalia Indonesia
Nursalam. (2008). Konsep dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan Pedoman
Prihastuti, dkk.Restoran Jilid 1 untuk SMK.Jakarta : Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan, 2008.
Purwanto. 2003. Komunikasi Untuk Mahasiswa. Jakarta : EGC
Samsudin. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : Pustaka Setia.
Sardiman, A.M. 2002. Interaksi dan Motivasi dalam Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sari, SP. Dan Chairiyati, LR.2012. Hubungan Efektifitas Komunikasi Interpersonal Antara Dosen Dan
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i1.26460
Article Metrics
Abstract view : 146 timesPDF - 114 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.