Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Berwirausaha Siswa SMK Pariwisata Imelda Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pola Asuh Orang Tua siswa kelas XII SMK Imelda Medan; (2) Minat Berwirausaha siswa kelas XII SMK Imelda Medan; (3) Hubungan pola asuh orang tua dengan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Imelda Medan. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji Hipotesis dengan teknik korelasi Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kecenderungan pola asuh orang tua berada pada kategori cenderung tinggi sebesar 53 persen. Tingkat kecenderungan minat berwirausaha siswa kelas XII SMK Pariwisata Imelda Medan berada pada kategori cenderung cukup sebesar 94 persen. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment antara Pola Asuh Orang Tua dengan Minat Berwirausaha nilai rxy = 0,434 pada taraf signifikan 5 persen. Dengan demikian harga rhitung > rtabel , yaitu 0,434 > 0349, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Berwirausaha siswa kelas XII SMK Pariwisata Imelda Medan. Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Pola Asuh Orang Tua Dengan Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Pariwisata Imelda Medan.
Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Minat Berwirausaha
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) Parenting Parenting for class XII students of SMK Imelda Medan; (2) Entrepreneurial Interest of class XII students of SMK Imelda Medan; (3) The relationship between parenting style and interest in entrepreneurship for class XII students of SMK Imelda Medan. The sampling technique was Total Sampling with a total sample of 32 students. The data collection technique used a questionnaire/questionnaire. The data analysis technique uses data description, trend test, hypothesis test with Product Moment correlation technique. The results showed that the level of parenting style tended to be in the high category of 53 percent. The trend level of interest in entrepreneurship for class XII students of the Imelda Tourism Vocational School in Medan is in the moderate category of 94 percent. Based on the results of the product moment correlation analysis between Parenting Patterns and Interest in Entrepreneurship, the value of rxy = 0.434 at a significant level of 5 percent. Thus, the price of rcount > rtable, which is 0.434 > 0349, it can be concluded that there is a significant relationship between Parental Parenting Patterns and Entrepreneurial Interests for XII grade students of SMK Wisata Imelda Medan. This means that Ha is accepted, that is, there is a positive and significant relationship between Parenting Patterns and Entrepreneurial Interests for Class XII Students of Imelda Tourism Vocational School, Medan.
Keywords: Parenting Parenting, Interest in Entrepreneurship
Full Text:
PDFReferences
Arikunto. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Edisi Revisi.
Buchari Alma. (2013). Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta
Basrowi. 2016. Pengantar Sosiologi. Bogor : Ghalia Indonesia
Djamarah. (2014). Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
Hurlock. 2012. Perkembangan anak, Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Krueger (Basu & Virick, nd:84). Hubungan Antara Motivasi, Pengetahuan Kewirausahaa dan Kemandirian. Jurnal Usahawan (10 Nitisusastro (2012). Perilaku Konsumen Universitas Negeri Semarang dalam perspektif Kewirausahaan. Bandung : Alfabeta, 2012
Poerwadarminta (2013). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Soelaeman (2002). Ilmu Sosial Dasar. Bandung : PT Refika.
Syah. 2012. Psikologi pendiikan dengan pendekatan baru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sutanto dalam sifa. (2016). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Lingkungan Keluarga.
Suryana.2013. Kewirausahaan. Jakarta : Salemba Empat.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tembong. 2013. Pada pengasuhan anak. Jakarta : Aksara Baru.
Walgito. 2005. Pengantar psikologi umum, Jakarta : Penerbit Andi.
Wirasasmita .2013. kewirausahaan. Buku pegangan Jatinagor : UPT. Penerbitan IKOPIN.
Zimmerer. 2013. Faktor-faktor SWOT. Bandung : Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i1.26462
Article Metrics
Abstract view : 114 timesPDF - 89 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.