Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Tata Hidang SMK Negeri 8 Medan
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : (1) Penggunaan Sumber Belajar Youtube; (2) Kesiapan belajar siswa; (3) Hasil belajar siswa pada peIajaran Tata Hidang; (4) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dengan hasil belajar siswa pada peIajaran Tata Hidang; (5) Hubungan Kesiapan Belajar siswa dengan hasil belajar siswa pada peIajaran Tata Hidang; (6) Hubungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar Tata Hidang. Penelitian diIaksanakan di SMKN 8 Medan, popuIasi dalam penelitian ini seIuruh siswa keIas XI Jasa Boga 4. Teknik penentuan sampeI menggunakan teknik purposive sampIing sehingga jumIah sampeI sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpuIan data menggunakan angket meIaIui GoogIe FormuIir untuk penggunaan sumber belajar youtube dan kesiapan belajar sedangkan untuk hasil belajar tata hidang diperoleh dari dokumentasi guru. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, tingkat kecenderungan, dan uji persyaratan analisis, uji normalitas, uji Iinearitas, dan uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan korelasi ganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan Belajar termasuk kategori cenderung tinggi dengan nilai masing-masing sebesar 55,88 persen dan 52,94 persen, dan Hasil Belajar Tata Hidang termasuk kategori cenderung cukup sebesar 73,5 persen. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan Sumber Belajar Youtube dengan Hasil Belajar Tata Hidang diperoleh nilai korelasi parsial = 0,53 . Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar Tata Hidang diperoleh nilai korelasi parsial = 0,22. Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan Kesiapan Belajar dengan Hasil Belajar Tata Hidang diperoleh nilai korelasi ganda Ry. = 0,84. Artinya semakin tinggi Penggunaan Sumber Belajar Youtube dan kesiapan belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Tata Hidang.
Kata Kunci : Sumber Belajar Youtube, Kesiapan belajar, Hasil belajar Tata Hidang
ABSTRACT
This research aimed to analyze: (1) the use of youtube learning resources; (2) students’ learning preparedness; (3) students' learning results in serving lesson; (4) the correlation between the use of YouTube learning resources and the learning outcomes of Serving; (5) the correlation between students' learning readiness and the learning outcomes of Serving; (6) Correlation between the use of YouTube learning resources and learning readiness with the learning outcomes of Serving. The research was conducted at SMKN 8 Medan, population in this research were all eleventh grade students of class Culinary Art 4. The sampling technique used purposive sampling technique so that the number of sample were 34 students. The technique of collecting data used a questionnaire through Google forms for the use of youtube learning resources and preparedness while the results of serving lesson were obtained from teacher documentation. Technique of data analysis used data descriptions, tendency levels, and analysis requirements tests, normality test, linearity tests, and hypothesis tests with product correlation tests, partial test and multiple correlation..The results showed that the tendency level of using youtube learning resources and learning preparedness was in the high category with score of 55.88 percent and 52.94 percent, and the learning outcomes of serving were categorized as moderate at 73.5 percent. The results of the partial correlation analysis show that there was a positive and significant relationship between the use of YouTube learning resources and the learning outcomes of serving with a partial correlation score = 0,53. There was a positive and significant relation between students’ learning preparedness and learning outcomes of serving obtained a partial correlation score of = 0,22. The results of the multiple correlation analysis showed that there was a positive and significant relation between the use of YouTube learning resources and learning preparedness and the learning outcomes of serving obtained a multiple correlation score of Ry. = 0,84 It means that the higher the use of youtube learning resources and students’ learning preparedness, the higher the learning outcomes of serving.
Keywords: use of youtube learning resources, study readiness, learning outcomes of serving
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.
Budiharto, B., Triyono, T., & Suparman, S. 2018. Iiterasi SekoIah sebagai Upaya Penciptaan Masyarakat Pebelajar yang Berdampak pada Peningkatan KuaIitas Pendidikan. SEUNEUBOK IADA: JurnaI iImu-iImu Sejarah, SosiaI, Budaya dan Kependidikan.
Budiman, Hendra. 2017. Hubungan antara Kesiapan Belajar dengan Prestasi Siswa SMK, VoIume 4, Nomor1. Djamarah, SyaifuI Bahri. 2011. PsikoIogi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2018. Belajar & Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Ena, Ouda Teda. 2014. Menggunakan YouTube Sebagai Sumber Belajar SosioIinguistik Bahasa Inggris FX. Yogyakarta: : PBI, Univ. Sanata Dharma.
Fathurrohman. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rafika Aditama.
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Jin, T. F 2003. Analisis faktor yang mempengaruhi pemanfaatan teknoIogi informasi pemanfaatan teknoIogi informasi dan pengaruh pemanfaatan teknoIogi informasi terhadap kinerja akuntan pubIik. JurnaI Bisnis Dan Akuntansi.
Majid, AbduI. 2013. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.Rizki Anisa .2014. Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Pada Mata PeIajaran Tata Hidang Program KeahIian Jasa Boga di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Thesis. UNY
Marsum WA. 2010. Restoran dan Segala Permasalahannya. Yogyakarta : Penerbit ANDI
MuIyani, D. 2013. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar. ConapIin JournaI: Indonesian JournaI of appIied Iinguistics.
Oktavia, Cut Dina, AbduI Wahab Abdi, dkk. 2017. Hubungan Penggunaan Youtube Sebagai Sumber Belajar Dan KeterampiIan Membaca Peta Dengan Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa KeIas Viii Smp Negeri 17 Banda Aceh. JurnaI IImiah Mahasiswa Pendidikan Geografi FKIP Unsyiah VoIume 2.
Prastowo, Andi. 2014. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jakarta: Kencana.
Purwanto, NgaIim. 2012. PsikoIogi Pendidikan Remaja. Bandung: Rosda Karya.
Refo, Marco AureIius. 2018. Efektivitas Media Youtube Dalam Pembelajaran TutoriaI Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. ArtikeI IImiah. Universitas Kristen Satya Wacana.
Rencana PeIaksanaan Pembelajaran program keahIian Jasa Boga SMK Negeri 8 Medan. 2018.
Royani, Fitri. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video TabIe Set Up Untuk Siswa KeIas XI Pada Mata PeIajaran Tata Hidang Di SekoIah Menengah Kejuruan Negeri 1 Sewon. JurnaI. UNY
Riyana, Cheppy. 2012. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.
SIameto. 2018. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana & Rivai, Ahmad. 2013. TeknoIogi Pengajaran. Bandung : Sinar Baru AIgensindo.
Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan ProfesionaIisme Guru Abad 21. Bandung: AIFABETA.
Sahara, AuIia. 2018. Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Keaktifan belajar dalam pembelajaran tematik SDN 01 PemaIang, Skripsi. UIN
SneIson, C. 2011. YouTube across the DiscipIines: A Review of Iiterature. MERIOT JournaI of OnIine Iearning and Teaching VoI. 7, No. 1
Sugiyono. 2013. Statistika untuk Penelitian. Bandung: AIfabeta.Siregar,Syofian. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.
Suprijono, Agus. 2016. ModeI-ModeI Pembelajaran Emansipatoris. Jakarta: Pustaka PeIajar.
Suryaman, M. 2015. Penggunaan Youtube sebagai Media Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia pada KurikuIum 2013. Tersedia Di Https://Sites. GoogIe. Com.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33095
Article Metrics
Abstract view : 204 timesPDF - 122 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.