Pemanfaatan Sumber Belajar Internet Dan Kemandirian Belajar Dengan Hasil Belajar Boga Dasar Siswa SMK Putra Anda Binjai
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) Pemanfaatan sumber belajar internet; (2) Kemandirian belajar siswa; (3) Hasil belajar Boga Dasar; (4) Hubungan pemanfaatan sumber belajar internet dengan hasil belajar Boga Dasar; (5) Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar; (6) Hubungan pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar. Penelitian dilakukan di SMK Putra Anda Binjai. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2020. Teknik pengambilan sampel secara total sampling dengan jumlah 39 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes melalui google form. Teknik analisis data secara deskripsi data, tingkat kecenderungan, uji persyaratan analisis yaitu: uji normalitas dan uji linieritas, uji. Uji hipotesis dengan uji korelasi product moment, uji parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar termasuk kategori cenderung cukup masing-masing sebesar 79,48 persen, 92,30 persen dan tingkat kecenderungan hasil belajar Boga Dasar termasuk kategori tinggi sebesar 64,10 persen. Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar internet dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi parsial = 0,388 dan nilai koefisien korelasi parsial thitung > ttabel (2,527 > 1,686) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi pemanfaatan sumber belajar internet maka semakin tinggi hasil belajar Boga Dasar. Hasil analisis korelasi parsial terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi parsial = 0,590 dan nilai koefisien korelasi parsial thitung > ttabel (4,386 > 1,686) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Boga Dasar siswa. Hasil analisis korelasi ganda terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar dengan hasil belajar Boga Dasar dengan nilai korelasi ganda = 0,756 dan nilai koefisien korelasi ganda Fhitung > Ftabel (23,78 > 3,26) pada taraf signifikan 5 persen, artinya semakin tinggi pemanfaatan sumber belajar internet dan kemandirian belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar Boga Dasar.
Kata Kunci : Sumber Belajar Internet, Kemandirian belajar, Hasil belajar Boga Dasar
ABSTRACT
This study aims to analyze: (1) Utilization of internet learning resources; (2) Student learning independence; (3) Basic Boga learning outcomes; (4) The relationship of the utilization of internet learning resources with the learning outcomes of Boga Dasar; (5) Relationship of learning independence with the learning outcomes of Boga Dasar; (6) The relationship of the utilization of internet learning resources and the independence of learning with the learning outcomes of Boga Dasar. The research was conducted at SMK Putra Anda Binjai. The research time was conducted from January to March 2020. Sampling techniques in total sampling with a total of 39 students. Data collection techniques using questionnaires and tests through google form. Data analysis techniques in data description, trend level, test analysis requirements are: normality test and linearity test, test. Hypothesis test with product moment correlation test, partial test and double correlation. The results showed that the tendency rate of internet learning resource utilization and learning independence included categories tending to be quite 79.48 percent, 92.30 percent, and the tendency level of Basic Food learning outcomes to fall into the high category of 64.10 percent, respectively. The results of partial correlation analysis there is a positive and significant relationship between the utilization of internet learning resources and the results of learning Boga Dasar with partial correlation values = 0.388 and the value of partial correlation coefficient thitung >ttabel (2,527 > 1,686) at a significant level of 5 percent, means the higher the utilization of internet learning resources, the higher the learning outcomes Boga Dasar. The results of the partial correlation analysis there is a positive and significant relationship between the independence of learning and the results of learning Boga Dasar with the partial correlation score = 0.590 and the value of partial correlation coefficient thitung>ttabel (4,386 > 1,686) at a significant level of 5 percent, meaning the higher the student's learning independence, the higher the student learning outcomes. The results of the double correlation analysis there is a positive and significant relationship between the utilization of internet learning resources and the independence of learning with the results of learning Boga Dasar with a value of = 0.756 and the value of double correlation coefficient Fhitung > Ftabel (23.78 > 3.26) at a significant level of 5 percent, means the higher the utilization of internet learning resources and the independence of students' learning, the higher the learning outcomes of Boga Dasar.
Keywords: Internet Learning Resources, Independent Learning, Basic Culinary Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Alfred, North. 2018. Tujuan Pendidikan Esensi dan Aspek-Aspek Filosofis. Bandung: Nuansa Cendekia.
Arikunto, S. 2016. Manajemen Penelitian edisi Revisi. Jakarta: Rhineka Cipta.
Dwi, Deasty. 2018. Hubungan Kemandirian Belajar dan Fasilitas Belajar dengan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas XI SMA N 2 Koto XI Tarusan. Skripsi: Universitas Sebelas Maret.
Gultom, Arjono. 2020. Hubungan antara Konsep Diri dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar PDTO Kelas X TKR SMK N1 Percut Sei Tuan. Skripsi: UNIMED.
Lathiif, Zaim. 2016. Hubungan Penggunaan Internet sebagai Sumber Belajar dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas X PDTO SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi: Universitas Negeri Yogyakarta.
Matondang, Nurhafifah, dkk. 2019. Aplikasi komputer. Jakarta: Mitra Wacana.
Purwanto, Djoko. 2018. Korespondensi Bisnis Modern. Jakarta: Esensi, Erlangga Group.
Slameto. 2016. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT. Rhineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana. 2018. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Belajar
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yunita, Letares. 2017. Hubungan Minat Baca dan Kemandirian Belajar dengan Mendeskripsikan Rancangan Menu
Siswa Kelas XI SMK N3 Pematang Siantar. Skripsi: UNIMED.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33096
Article Metrics
Abstract view : 156 timesPDF - 180 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.