Hubungan Penggunaan Youtube Dengan Hasil Praktek Cookies Siswa SMK Negeri 1 Pantai Labu
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan penggunaan YouTube dengan hasil praktek cookies siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri Pantai Labu yang berjumlah 33 siswa, 5 laki-laki dan 28 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan rubrik penilaian praktek. Uji validitas intrumen menggunakan rumus korelasi product moment pearson. reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product moment untuk mengetahui tingkat hubungan antara penggunaan YouTube dengan hasil praktek cookies siswa kelas XI Di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan YouTube cenderung tinggi dengan persentase 81,82%, sedangkan hasil praktek cookies cenderung tinggi dengan persentase 29,30%. Uji keberartian persamaan regresi diperoleh Ft = 4,16 jadi Fh > Ft ( 35,40 > 4,16) sehingga dapat disimpulkan persamaan regresi = 11,48 + 0,50X1 adalah berarti dan hasil uji kelinieran persamaan regresi diperoleh Ft = 2,31 jadi Fh < Ft ( 2,18 < 2,31) sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien arah regresi X dan Y adalah linier pada taraf signifikan 5%. Besar korelasi antar variabel ditunjukkan sebesar 0,603 pada 0,05, yang artinya ho ditolak dan ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan YouTube dengan hasil praktek cookiessiswa kelas XI Di SMK Negeri 1 Pantai Labu.
Kata kunci : Penggunaan YouTube, Hasil Praktek, Cookies Semprit
ABSTRACT
This study aims to determine whether there is a relationship between the use of YouTube and the results of cookies practice by Class XI students at SMK Negeri 1 Pantai Labu. This research method uses quantitative methods. The type of research is correlation. This research was conducted in class XI SMK Negeri Pantai Labu, which consisted of 33 students, 5 males and 28 females. The data collection technique in this study used a questionnaire instrument and a practical assessment rubric. Test the validity of the instrument using the Pearson product moment correlation formula. instrument reliability using the alpha formula. Prerequisite test using normality test, linearity test. While the data analysis technique used is the product moment correlation test to determine the level of relationship between the use of YouTube and the results of the practice of cookies for class XI students at SMK Negeri 1 Pantai Labu. The results showed that the use of YouTube tends to be high with a percentage of 81.82%, while the results of the practice of cookies tend to be high with a percentage of 29.30%. The significance test of the regression equation is obtained Ft = 4.16 so Fh > Ft (35.40 > 4.16) so it can be concluded that the regression equation = 11.48 + 0.50X1 is significant and the results of the linearity test of the regression equation are obtained Ft = 2.31 so Fh < Ft (2.18 < 2.31) so it can be concluded that the coefficients of the X and Y regression directions are linear at a significant level of 5%. The correlation between variables is shown to be 0.603 at 0.05, which means that ho is rejected and ha is accepted. So it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the use of YouTube and the results of the cookies practice of class XI students at SMK Negeri 1 Pantai Labu.
Keywords: Use of YouTube, Practice Results, Squirt Cookies
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z & Murtadlo
A.2016.Kumpulan Metode
Pembelajaran Kreatif Dan
Inovatif. Bandung: PT Sarana
Tutorial Nuraini Sejahtera.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar
dasar evaluasi pendidikan.
Jakarta : Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Prosedur
Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Djamarah. Syaiful Bahri. Zain.
Aswan. 2007. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
Hayatinufus, C. H. 2005. Cookies
kue-kue kering klasik dan
modern. Jakarta:
Gramedia
Iqbal, Muhammad. 2019.
Pengembangan Video Blog
(Vlog) Channel Youtube
Berbasis STEM Sebagai
Media Alternatif
Pembelajaran Online.
Skripsi.Universitas Islam
Negeri Raden Intan Lampung
Itiarani.2019. Penggunaan Video
Dari Youtube Sebagai Media
Dalam Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam Di
Kelas VIII SMP Negeri 20
Bandar Lampung. Skripsi.
Universitas Islam Negeri
Raden Intan Lampung
(dikutip tanggal 10 juli 2020).
Sin Khasanah.2006. Pengaruh
Subtitusi Pollar Biji Gandum
Dan Jumlah Penggunaan
Kacang Tanah Terhadap
Kualitas Organoleptik,
Kandungan Protein Dan
Kandungan Serat Pada Kue
Bangket. Skipsi. Universitas
Negeri Semarang (Dikutip
Tanggal 17 Juli 2020)
Sipayung, Mulia.2018. Pengaruh
Penggunaan Media
Pembelajaran Video Tutorial
Terhadap Hasil Praktek Tata
Hidang Materi Pokok
Melipat Serbet Di Kelas Xi
Smk 3 Yapim Medan. Skripsi.
Universitas Negeri Medan.
Suarni.2009. Prospek Pemanfaatan
Tepung Jagung Untuk Kue
Suarni.2009. Prospek Pemanfaatan
Tepung Jagung Untuk Kue
Kering (Kue) Balai
Penelitian Tanaman Serelia.
Jurnal Litbang Pertanian 28
(2). (dikutip tanggal 22
Agustus 2020)
Sutomo, Budi.2008. Memilih Tepung
Terigu Yang Benar Untuk
Membuat Roti, Cake, Dan
KueKering.
Http://Www.Gizi.Org/Gizi/Kesehata
n/Masyarakat.Html.(Dikutip
Tanggal 16 Juli 2020.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33097
Article Metrics
Abstract view : 154 timesPDF - 134 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.