Hubungan Penggunaan Youtube Dengan Hasil Praktek Cookies Siswa SMK Negeri 1 Pantai Labu

Nur Nilawati Ana Rahmi

Abstract


ABSTRAK

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan penggunaan YouTube dengan hasil praktek cookies siswa Kelas XI Di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah korelasi. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI SMK Negeri Pantai Labu yang berjumlah 33 siswa, 5 laki-laki dan 28 perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen angket dan rubrik penilaian praktek. Uji validitas intrumen menggunakan rumus korelasi product moment pearson. reliabilitas instrumen menggunakan rumus alpha. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas, uji linieritas. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji korelasi product moment untuk mengetahui tingkat hubungan antara penggunaan YouTube dengan hasil praktek cookies siswa kelas XI Di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan YouTube cenderung tinggi dengan persentase 81,82%, sedangkan hasil praktek cookies cenderung tinggi dengan persentase 29,30%. Uji keberartian persamaan regresi diperoleh Ft = 4,16 jadi Fh > Ft ( 35,40 > 4,16) sehingga dapat disimpulkan persamaan regresi  = 11,48 + 0,50X1 adalah berarti dan hasil uji kelinieran persamaan regresi diperoleh Ft = 2,31 jadi Fh < Ft ( 2,18 < 2,31) sehingga dapat disimpulkan bahwa koefisien arah regresi X dan Y adalah linier pada taraf signifikan 5%. Besar korelasi antar variabel ditunjukkan sebesar 0,603 pada 0,05, yang artinya ho ditolak dan ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan YouTube dengan hasil praktek cookiessiswa kelas XI Di SMK Negeri 1 Pantai Labu.

 Kata kunci : Penggunaan YouTube, Hasil Praktek, Cookies Semprit

                                                      ABSTRACT

This study aims to determine whether there is a relationship between the use of YouTube and the results of cookies practice by Class XI students at SMK Negeri 1 Pantai Labu. This research method uses quantitative methods. The type of research is correlation. This research was conducted in class XI SMK Negeri Pantai Labu, which consisted of 33 students, 5 males and 28 females. The data collection technique in this study used a questionnaire instrument and a practical assessment rubric. Test the validity of the instrument using the Pearson product moment correlation formula. instrument reliability using the alpha formula. Prerequisite test using normality test, linearity test. While the data analysis technique used is the product moment correlation test to determine the level of relationship between the use of YouTube and the results of the practice of cookies for class XI students at SMK Negeri 1 Pantai Labu. The results showed that the use of YouTube tends to be high with a percentage of 81.82%, while the results of the practice of cookies tend to be high with a percentage of 29.30%. The significance test of the regression equation is obtained Ft = 4.16 so Fh > Ft (35.40 > 4.16) so it can be concluded that the regression equation = 11.48 + 0.50X1 is significant and the results of the linearity test of the regression equation are obtained Ft = 2.31 so Fh < Ft (2.18 < 2.31) so it can be concluded that the coefficients of the X and Y regression directions are linear at a significant level of 5%. The correlation between variables is shown to be 0.603 at 0.05, which means that ho is rejected and ha is accepted. So it can be concluded that there is a positive and significant relationship between the use of YouTube and the results of the cookies practice of class XI students at SMK Negeri 1 Pantai Labu.

Keywords: Use of YouTube, Practice Results, Squirt Cookies


Full Text:

PDF

References


Aqib, Z & Murtadlo

A.2016.Kumpulan Metode

Pembelajaran Kreatif Dan

Inovatif. Bandung: PT Sarana

Tutorial Nuraini Sejahtera.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar

dasar evaluasi pendidikan.

Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2013). Prosedur

Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah. Syaiful Bahri. Zain.

Aswan. 2007. Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta:

PT Rineka Cipta.

Hayatinufus, C. H. 2005. Cookies

kue-kue kering klasik dan

modern. Jakarta:

Gramedia

Iqbal, Muhammad. 2019.

Pengembangan Video Blog

(Vlog) Channel Youtube

Berbasis STEM Sebagai

Media Alternatif

Pembelajaran Online.

Skripsi.Universitas Islam

Negeri Raden Intan Lampung

Itiarani.2019. Penggunaan Video

Dari Youtube Sebagai Media

Dalam Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam Di

Kelas VIII SMP Negeri 20

Bandar Lampung. Skripsi.

Universitas Islam Negeri

Raden Intan Lampung

(dikutip tanggal 10 juli 2020).

Sin Khasanah.2006. Pengaruh

Subtitusi Pollar Biji Gandum

Dan Jumlah Penggunaan

Kacang Tanah Terhadap

Kualitas Organoleptik,

Kandungan Protein Dan

Kandungan Serat Pada Kue

Bangket. Skipsi. Universitas

Negeri Semarang (Dikutip

Tanggal 17 Juli 2020)

Sipayung, Mulia.2018. Pengaruh

Penggunaan Media

Pembelajaran Video Tutorial

Terhadap Hasil Praktek Tata

Hidang Materi Pokok

Melipat Serbet Di Kelas Xi

Smk 3 Yapim Medan. Skripsi.

Universitas Negeri Medan.

Suarni.2009. Prospek Pemanfaatan

Tepung Jagung Untuk Kue

Suarni.2009. Prospek Pemanfaatan

Tepung Jagung Untuk Kue

Kering (Kue) Balai

Penelitian Tanaman Serelia.

Jurnal Litbang Pertanian 28

(2). (dikutip tanggal 22

Agustus 2020)

Sutomo, Budi.2008. Memilih Tepung

Terigu Yang Benar Untuk

Membuat Roti, Cake, Dan

KueKering.

Http://Www.Gizi.Org/Gizi/Kesehata

n/Masyarakat.Html.(Dikutip

Tanggal 16 Juli 2020.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33097

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 131 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.