Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Garnish Siswa SMK Pariwisata Imelda Medan

Suardi Wijaya Adikahriani Dian Agustina Dalimunthe Yuziah Eka Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui motivasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan. (2) mengetahui hasil belajar garnish siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan. (3) mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar garnish siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan. Penelitian ini dilakukan di SMK Pariwisata Imelda Medan. Populasi dan sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan, terdiri dari dua kelas dengan jumlah siswa 58 orang. Metode pengumpulan data motivasi belajar dengan menggunakan angket dan pengumpulan data hasil belajar garnish dengan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif data penelitian, Uji kecenderungan, Uji normalitas dan Linieritas serta Uji Hipotesis dengan menggunakan Korelasi Product Moment. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa intensitas motivasi belajar siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan cenderung cukup yaitu 74,14%, dan hasil belajar garnish kategori baik yaitu 62,07%. Dari hasil Uji Normalitas dan Linieritas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, linier dan berarti. Dari perhitungan Analisis korelasi diperoleh rxy sebesar 0,944 sedangkan nilai rtabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 58 adalah sebesar 0,2586. Dengan demikian harga rxy ≥ rtabel (0,944≥ 0,2586). Maka dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan yang positif dan berarti antara Motivasi belajar dengan Hasil belajar garnish siswa kelas XI Jasa Boga SMK Pariwisata Imelda Medan. Koefisien determinasi variabel X terhadap variabel Y yaitu 89,11%.

 Kata kunci : Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Garnish.

ABSTRACT

This study aims to: (1) determine the learning motivation of class XI students of Catering Services at SMK Pariwisata Imelda Medan. (2) knowing the garnish learning outcomes of the XI grade students of Catering Services at SMK Pariwisata Imelda Medan. (3) to determine the relationship between learning motivation and learning outcomes of students in class XI Catering Services at SMK Pariwisata Imelda Medan. This research was conducted at SMK Pariwisata Imelda Medan. The population and sample of this study were all students of class XI Catering Services at SMK Pariwisata Imelda Medan, consisting of two classes with 58 students. Methods of data collection learning motivation using questionnaires and data collection learning outcomes garnish with tests. The analysis technique used is descriptive research data, trend test, normality and linearity test and hypothesis test using Product Moment Correlation. Based on the data analysis, it is known that the intensity of the students' learning motivation in class XI Catering Services at the Imelda Tourism Vocational School in Medan tends to be sufficient, namely 74.14%, and the garnish learning outcomes in the good category are 62.07%. The results of the Normality and Linearity Test show that the data are normally distributed, linear and meaningful. From the calculation of the correlation analysis obtained rxy of 0.944, while the value of rtabel at a significant level of 5% with N = 58 is 0.2586. Thus, the price of rxy ≥ r table (0.944 ≥ 0.2586). So it can be concluded that there is a positive and meaningful relationship between learning motivation and learning outcomes of students in class XI Catering Services at SMK Pariwisata Imelda Medan. The coefficient of determination of variable X on variable Y is 89.11%.

Keywords: Learning Motivation, Learning Outcomes, Garnish


Full Text:

PDF

References


Faridah, K. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas XI Program Keahlian Jasa Boga SMK Negeri 10 Medan. Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan.

Hamzah, Uno. (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisisn dibidang Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Purwanto. (2017). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka pelajar

Radinal,M. (2015). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Sardiman. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, Ika Purnama. (2016). Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X Jasa Boga Di SMK Negeri 1 Painan. Jurnal MediaVol 1 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33098

Article Metrics

Abstract view : 407 times
PDF - 323 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.