Hubungan Perilaku Belajar Dengan Hasil Belajar Boga Dasar Siswa SMK Gelorajaya Nusantara Medan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perilaku belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar; (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar; (3) Hubungan Perilaku belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar. Teknik pengambilan sampel secara Total Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket/kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas menggunakan rumus chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji hipotesis Product Moment. Hasil penelitian menunjuk kanbahwa tingkat kecenderungan perilaku belajar siswa kelas X SMK Gelora Jaya Nusantara Medan berada pada kategori cenderung cukup sebesar (93,33%). Tingkat kecenderungan hasil belajar boga dasar siswa kelas X SMK Gelora Jaya Nusantara Medan berada pada kategori cenderung tinggi yaitu sebesar (96,67%). Hasil uji normalitas adalah berdistribusi normal dengan nilai perilaku belajar Xhitung<Xtabel= (4,4<11,07) dan nilai hasil belajar boga dasar Xhitung<Xtabel=(3,5<11,07).Uji linier persamaan regresi antara Perilaku Belajar(X)dengan Hasil Belajar Boga Dasar(Y) yaitu (Fhitung<Ftabel) yaitu (-01<4,17) sehingga persamaan garis dinyatakan linier. Uji keberartian persamaan regresi antara Perilaku Belajar (X) dengan Hasil Belajar (Y) yaitu (Fhitung>Ftabel) yaitu (290,57>4,17) sehingga keberartian persamaan regresi X atas Y bersifat nyata atau berarti. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment antara Perilaku Belajar (X) dengan Hasil Belajar Boga Dasar (Y) pada taraf signifikan 5 persen yaitu dengan harga (rhitung>rtabel) yaitu (0,955>0,361), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Perilaku Belajar dengan Hasil Belajar Boga Dasar siswa kelas X SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. Artinya Ha diterima yaitu terdapat hubungan yang positif atau signifikan antara Perilaku Belajar dengan Hasil Belajar Boga Dasar Siswa Kelas X SMK Gelora Jaya Nusantara Medan.
Kata Kunci: Perilaku Belajar, Hasil Belajar, Boga Dasar
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) student learning behavior on the subject of Basic Catering; (2) student learning outcomes in the basic culinary subjects; (3) The relationship between learning behavior and student learning outcomes in Basic Catering subjects. The sampling technique is Total Sampling with a total sample of 30 students. Data collection techniques using tests and questionnaires/questionnaires. The data analysis technique used data description, trend test, normality test using the chi square formula, homogeneity test, and Product Moment hypothesis testing. The results of the study indicate that the level of learning behavior tendency of class X students of SMK Gelora Jaya Nusantara Medan is in the category of tending to be sufficient (93.33%). The tendency level of basic culinary learning outcomes for students of class X SMK Gelora Jaya Nusantara Medan is in the category of tending to be high, namely (96.67%). The results of the normality test are normally distributed with the value of learning behavior Xcount<Xtable=(4.4<11.07) and the value of basic culinary learning outcomes Xcount<Xtable=(3.5<11.07). Linear test of the regression equation between Learning Behavior (X) with Basic Culinary Learning Outcomes (Y) namely (Fcount<Ftable), namely (-01<4.17) so that the line equation is declared linear. The significance test of the regression equation between Learning Behavior (X) and Learning Outcomes (Y) is (Fcount>Ftable) that is (290.57>4.17) so that the significance of the regression equation X over Y is real or meaningful. Based on the results of the product moment correlation analysis between Learning Behavior (X) and Basic Cooking Learning Outcomes (Y) at a significant level of 5 percent, namely with a price (rcount> rtable) that is (0.955> 0.361), it can be concluded that there is a significant relationship between behavior Learning with Basic Culinary Learning Outcomes for class X students of SMK Gelora Jaya Nusantara Medan. This means that Ha is accepted, that is, there is a positive or significant relationship between Learning Behavior and Learning Outcomes of Basic Culinary Class X SMK Gelora Jaya Nusantara Medan.
Keywords: Learning Behavior, Basic Culinary, Learning Outcomes
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi Abu.(2015), Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Anna Fatchiyatuz (2016). Hubungan Perilaku Belajar dengan Hasil Belajar keterampilan Siswa Kelas IV di SDN Gugus Muwardi Kecamatan Kaliwungu. Jawa tengah
Hamalik. (2015), Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Nita Ariefiani (2017). Hubungan Perilaku Belajar dengan HasilBelajar Siswa pada Mata Pelajaran Pengolahan Makanan IndonesiaSMK Negeri 9 Padang. Padang
Purwanto. (2015) Evaluasi Pembelajaran, Multi Pressindo, Yogyakarta
Slameto.(2015). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana.(2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.Bandung: Remaja Rosdakarya
Soemanto Wasty (2015), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono.(2017). Statistik untuk Penelitian.Bandung: Alfabeta
Hanum, Yuspa., Siregar, Elfrida Elisa., (2017). Hubungan Pengetahuan Bahan Makanan Dan Kelengkapan Fasilitas Praktek Dengan Hasil Belajar Pengolahan Dan Penyajian Makanan Kontinental Di Smk Negeri 3 Pematangsiantar.Jurnal.Universitas Negeri Medan. Medan
Wiwit Purwati (2016). HubunganPerilaku Belajar Siswa dalam Pembelajaran Boga Dasardengan Hasil Belajar Siswa SMK Taman Mulia Kabupaten KubuRaya. Kalimantan barat
Zakiyah. (2016). Ilmu Pendidikan . Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33101
Article Metrics
Abstract view : 251 timesPDF - 205 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.