Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Praktek Mengolah Kue Indonesia SMK Putra Anda Binjai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Disiplin belajar siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai, (2) Hasil praktek kue Indonesia siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai,(3) Hubungan disiplin belajar dengan hasil praktek kue Indonesia siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai. Penelitian dilaksanakan di SMK Putra Anda Binjai tepatnya beralamatkan jalan W.R Mongonsidi No. 22 Binjai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 47 orang siswa. Sampel penelitian ini menggunakan teknik total sampling, Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket model skala likert dan lembar penilaian pengamatan. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji linieritas, dan uji hipotesis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tingkat kecenderungan Disiplin Belajar siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai berada pada kategori cukup sebesar 54 persen dengan jumlah 25 siswa. Tingkat kecenderungan hasil praktek mengolah kue Indonesia siswa kelas XI SMK Putra Anda Binjai berada pada kategori cukup sebesar 53 persen dengan jumlah 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment antara Disiplin Belajar dengan Hasil Praktek Mengolah Kue Indonesia dengan nilai rxy=0,623 Dengan demikian harga rhitung>rtabel, yaitu 0,623>0,288 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Praktek Mengolah Kue Indonesia Siswa SMK Putra Anda Binjai.
Kata kunci : Disiplin Belajar, Hasil Praktek Mengolah Kue Indonesia
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) The learning discipline of class XI students at SMK Putra Anda Binjai, (2) The results of the practice of Indonesian cakes by class XI students at SMK Putra Anda Binjai, (3) The relationship between learning discipline and the results of the practice of Indonesian cakes by class XI students at SMK Putra You are Binjai. The research was carried out at SMK Putra Anda Binjai, precisely at the address W.R Mongonsidi No. 22 Binjai. The population of this study were all students of class XI, amounting to 47 students. The sample of this study used a total sampling technique, the data collection technique in this study used a Likert scale model questionnaire and an observation assessment sheet. The data analysis technique uses data description, trend test, linearity test, and Product Moment hypothesis testing. The results showed that the level of learning discipline tendency of students of class XI SMK Putra Anda Binjai was in the sufficient category by 54 percent with a total of 25 students. The trend level of the results of the practice of processing Indonesian cakes for class XI students of SMK Putra Anda Binjai is in the sufficient category at 53 percent with a total of 25 students. Based on the results of the product moment correlation analysis between the Learning Discipline and the Practice Results of Processing Indonesian Cakes with a value of rxy=0.623. Thus, the price of rcount>rtable, which is 0.623>0.288, it can be concluded that there is a significant relationship between the Learning Discipline and the Practice Results of Processing Indonesian Cakes for Vocational High School Students. Your son is Binjai.
Keywords: Learning Discipline, Results of Indonesian Cake Processing Practice
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. (2016). Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian. Jakarta. Rineka Cipta
Budiningsih, Anayanti. (2018). Prosuk Pastry dan Bakery. Bogor: Yudhistira
Darmayanti.2014. Program dan Disiplin Dalam Belajar. Diakses pada 12 Mei
Daryanto. 2013. Belajar Mengajar. Bandung: Yarma Widya
Djamrah, 2012. Metode pembelajaran praktikum era pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Faridah Anni, dkk. (2008). Direktorat pembinaan sekolah menengah kejujuan direktorat jenderal manajemen pendidikan dasar dan menenga departemen pendidikan nasional. Bse. Patiseri jilid 2
Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Hamalik, Oemar. 2014. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Hearsa, Annisa Amaliya,& Elida. (2019). Analisis Kualitas. Kulit Pie Dengan Substitusi Tepung Kacang Hijau. Jurnal Kapital Selekta Geografi. Universitas Negeri Padang. Februari, pp 7 – 14
Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Rosda Karya.
Astrini, .2013. Inventarisasi Jenis dan Resep Kue-kue Tradisional di Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal UNP ( Univesitas Negeri Padang).
Sri, Ani. 2012. 101 Cara menumbuhkan Disiplin Belajar Anak (Usia Balita Sampai Remaja). Jakarta : Elek Media Komputindo
Sugiyono, 2018.Metode penelitian kuantitatif kualitatif. Bandung:Alfabeta
Sugiyono, 2016. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Wahyono. 2012. Program dan Disiplin Dalam Belajar. Diakses pada 22 juli 2016.
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i2.33104
Article Metrics
Abstract view : 118 timesPDF - 123 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.