Hubungan Pengetahuan Istilah Bahasa Asing Dan Minat Belajar Dengan Kemampuan Mengolah Patiseri SMK Negeri 1 Kisaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengetahuan Istilah Bahasa Asing siswa di SMK Negeri 1 Kisaran. (2) Minat Belajar siswa di SMK Negeri 1 Kisaran. (3) Kemampuan Mengolah Patiseri siswa di SMK Negeri 1 Kisaran. (4) Hubungan Pengetahuan Istilah Bahasa Asing dengan Kemampuan Mengolah Patiseri di SMK Negeri 1 Kisaran. (5) Hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Mengolah Patiseri di SMK Negeri 1 Kisaran. (6) Hubungan Pengetahuan Istilah Bahasa Asing dan Minat Belajar dengan Kemampuan Mengolah Patiseri di SMK Negeri 1 Kisaran . Desain penelitian adalah deskriptif korelasional. Lokasi penelitian di SMK Negeri 1 Kisaran. Waktu penelitian mulai Maret 2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK 1 Kisaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan istilah bahasa asing terhadap kemampuan mengolah patiseri berdasarkan tingkat kecenderungan termasuk kategori tinggi sebesar 53,00 persenminat belajar siswa terhadap kemampuan mengolah patiseri berdasarkan tingkat kecenderungan juga termasuk kategori tinggi sebesar 94,00 persen; dan kemampuan siswa mengolah roti unyil isi cokelat berdasarkan tingkat kecenderungan termasuk kategori tinggi sebesar 77,00 persen. Hasil uji keberartian korelasi parsial menunjukkan Hubungan Istilah Bahasa Asing dengan Kemampuan Mengolah Patiseri pada taraf signifikan 5 persen dengan Thitung>Ttable yaitu 5,73>1,694. Hasil uji keberartian koefisien parsial menunjukkan hubungan Minat Belajar dengan Kemampuan Mengolah Patiseri pada taraf signifikan 5 persen senilai Thitung>Ttabel yaitu 2,86>1,694. Hasil analisis korelasi ganda antara Pengetahuan Istilah Bahasa Asing dan Minat Belajar dengan Kemampuan Mengolah Patiseri dengan nilai Fhitung > Ftabel (7,4495 > 3,30), artinya semakin tinggi Pengetahuan Istilah Bahasa Asing dan Minat Belajar siswa, maka semakin tinggi juga kemampuan mengolah patiseri di kelas XI SMK Negeri 1 Kisaran.
Kata Kunci :Pengetahuan Istilah Bahasa Asing, Minat Belajar, Kemampuan Mengolah, Patiseri.
ABSTRACT
This study aims to determine: (1) Knowledge of foreign language terms of students at SMK Negeri 1 Kisaran. (2) Student Interest in SMK Negeri 1 Kisaran. (3) Ability to Process Patisserie at SMK Negeri 1 Kisaran. (4) The relationship between knowledge of foreign language terms and the ability to process patisserie at SMK Negeri 1 Kisaran. (5) Relationship between Interest in Learning and Ability to Process Patisserie at SMK Negeri 1 Kisaran. (6) Relationship of Knowledge of Foreign Language Terms and Interest in Learning with Patisserie Processing Ability at SMK Negeri 1 Kisaran. The research design is correlational descriptive. The research location is at SMK Negeri 1 Kisaran. The time of the study began in March 2020. The population of this study was all students of class XI SMK 1 Kisaran. The results showed that knowledge of foreign language terms on the ability to process patisserie based on the level of tendency was included in the high category of 53.00 percent; and the ability of students to process chocolate stuffed unyil bread based on the tendency level was included in the high category of 77.00 percent. The results of the partial correlation significance test show the relationship between foreign language terms and the ability to process starches at a significant level of 5 percent with Tcount>Ttable, namely 5.73>1.694. The results of the partial coefficient significance test showed that there was a relationship between learning interest and the ability to process starch at a significant level of 5 percent worth Tcount>Ttable, namely 2.86>1.694. The results of the multiple correlation analysis between Knowledge of Foreign Language Terms and Interest in Learning with Patisserie Processing Ability with a value of Fcount > Ftable (7.4495 > 3.30), meaning that the higher Knowledge of Foreign Language Terms and Student Interest in Learning, the higher the ability to process patisserie. in class XI SMK Negeri 1 Kisaran.
Keywords: Parenting Parenting, Interest in Entrepreneurship
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Manajemen Penelitian Edisi Revisi. Rineka Cipta. Jakarta.
Damayanti, Nefi. 2014.Konsep diri dan Motivasi Belajar.Medan. Badan Penetbit FITK IAIN SU
Faridah, Anni dkk. 2008. Patiseri Kelas X Sekolah Menengah Kejuruan.Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
KBBI, 2016. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/stroke [Diakses 21 Agustus 2019].
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Subagjo, Adjab (2007) Manajemen Pengolahan Kue dan Roti, Pastry Product Manajemen , Yogyakarta : Graha Ilmu
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yuliana. 2013. Perkembangan Istilah dalam Bahasa Indoneisa. Bandung : Upi Repository
DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i2.33105
Article Metrics
Abstract view : 100 timesPDF - 79 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.