PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MATA PELAJARAN PENGOLAHAN PASTRY DAN BAKERY SISWA SMK PUTRA ANDA BINJAI

Nurmala Indah Fatma Tresno Ingtyas Dian Agustina Adikahriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan langkah-langkah dalam pembuatan media pembelajaran video tutorial pada mata pelajaran pengolahan pastry dan bakery, penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran video tutorial agar layak digunakan sebagai media belajar mata pelajaran pengolahan pastry dan bakery bagi warga belajar di SMK Putra Anda Binjai. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penilitian R&D (Research and Development) serta model pengembangan yang digunakan yaitu  model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Model ini meliputi 5 tahapan, yakni validasi ahli materi, validasi ahli media, uji coba perorangan, uji coba kelompok sedang, uji coba lapangan. Subyek uji coba terdiri dari dua ahli media, dua ahli materi, lima warga belajar untuk uji coba perorangan, sepuluh siswa untuk uji coba kelompok sedang, dan empat puluh enam siswa untuk uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data-data yang di kumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Penelitian dilakukan pada November 2020. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi Mata Pelajaran Pengolahan Pastry dan Bakery berada pada kualifikasi Sangat Baik dengan nilai (97,5%). (2) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi Sangat Baik dengan nilai (96,66%). (3) uji coba perorangan berada pada kualifikasi Baik dengan nilai (89,51%). (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi Sangat Baik dengan nilai (91,71%). uji coba lapangan berada pada kualifikasi Sangat Baik dengan nilai (94,66%). Media pembelajaran video tutorial Mata Pelajaran Pengolahan Pastry dan Bakery yang dikembangkan termasuk dalam kriteria Sangat Baik dengan presentase 94,01%. Untuk itu disarankan kepada guru SMK Putra Anda Binjai untuk selalu memanfaatkan media sebagai alat bantu pembelajaran.

Kata Kunci : Video Tutorial, Pengolahan Pastry Bakery, Choux Pastry

ABSTRACT

This study aims to explain the steps in making video tutorial learning media on pastry and bakery processing subjects, this study also aims to determine the feasibility of video tutorial learning media so that they are suitable for use as learning media for pastry and bakery processing subjects for citizens studying at SMK Your son is Binjai. The method in this study uses the R&D (Research and Development) research method and the development model used is the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). This model includes 5 stages, namely material expert validation, media expert validation, individual trials, medium group trials, and field trials. The test subjects consisted of two media experts, two material experts, five learning residents for individual trials, ten students for medium group trials, and forty-six students for field trials. Data on the quality of this development product were collected by means of a questionnaire. The data collected were analyzed by descriptive analysis techniques. The study was conducted in November 2020. The results showed: (1) the material expert test for Pastry and Bakery Processing Subjects was in the Very Good qualification with a score of (97.5%). (2) the learning media expert test is in the Very Good qualification with a value of (96.66%). (3) individual trials are in Good qualification with a score (89.51%). (4) the group trial was in the Very Good qualification with a score of (91.71%). the field trial was in the Very Good qualification with a value of (94.66%). The learning media video tutorial for Pastry and Bakery Processing Subjects developed is included in the Very Good criteria with a percentage of 94.01%. For this reason, it is suggested to the teachers of SMK Putra Anda Binjai to always use the media as a learning aid.

Keywords: Video Tutorial, Pastry Bakery Processing, Choux Pastry


Full Text:

PDF

References


Azhar, Arsyad. 2019. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grapindo persada. Cetakan ke XVI

Baharuddin, I. 2014. Efektivitas Penggunaan Media Video Tutorial Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 1 Bajo. Jurnal Nalar Pendidikan, Volume 2, Nomor 2. ISSN: 2339-0794.

Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik kurikulum 2013. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Hamalik, Oemar. (1985). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Sugiyono.(2010).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D.Bandung: Alvabeta,cv. Esa. Jakarta: PT Rineka Cipta




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v5i2.33109

Article Metrics

Abstract view : 240 times
PDF - 226 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.