Hubungan Manajemen Diri Dengan hasil Praktek Mengolah Kue Indonesia Siswa kelas XI SMK Putra AndaBinjai

Srianna Nikmat Akmal Erli Mutiara Fatma Tresno Ingtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Manajemen diri siswa, (2) Hasil praktek mengolah kue Indonesia, (3) Hubungan manajemen diri dengan hasil praktek mengolah kue Indonesia. Penelitian dilaksanakan di SMK Putra Anda Binjai Jl.W.R Mongonsidi No. 22 Binjai pada bulan September-November 2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kompetensi keahlian Jasa Boga yang berjumlah 47 orang siswa. Teknik pengambilan sampel secara total sampling, maka sampel yang di gunakan adalah 47 orang siswa. Desain penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan skala likert dan lembar penilaian pengamatan. Teknik analisis data menggunakan deskripsi data, uji kecenderungan, uji normalitas, uji linieritas, dan uji hipotesis Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kecenderungan manajemen diri berada pada kategori cenderung cukup sebesar 64 persen. Tingkat kecenderungan hasil praktek mengolah kue Indonesia berada pada kategori cenderung tinggi sebesar 100 persen. Berdasarkan hasil analisis korelasi product moment antara Manajemen diri dengan Hasil Praktek Mengolah Kue Indonesia diperoleh nilai  rxy=0,699. Dengan demikian harga rhitung > rtabel , yaitu 0,699 >0,288, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara manajemen diri dengan hasil praktek kue Indonesia di SMK Putra Anda Binjai.               

Kata kunci : Manajemen Diri, Hasil Praktek Mengolah Kue Indonesia

Abstrak

This study aims to determine: (1) Student self-management, (2) Results of Indonesian cake processing practice, (3) The relationship between self-management and the results of Indonesian cake processing practices. The research was conducted at SMK Putra Anda Binjai Jl.W.R Mongonsidi No. 22 Binjai in September-November 2020. The population of this study were all students of class XI Catering expertise competency, totaling 47 students. The sampling technique was total sampling, so the sample used was 47 students. This research design is descriptive correlational. The data collection technique in this study used a questionnaire with a Likert scale and an observation assessment sheet. Data analysis techniques used data descriptions, trend test, normality test, linearity test, and Product Moment hypothesis testing.The results showed that the level of tendency for self-management was in the moderate category at 64 percent. The trend level of the results of the Indonesian cake processing practice is in the high category of 100 percent. Based on the results of the product moment correlation analysis between self-management and the results of the practice of processing Indonesian cakes, the value of rxy = 0.699 is obtained. Thus the price of rcount> rtable, namely 0.699> 0.288, it can be concluded that there is a positive and significant relationship between self-management and the results of Indonesian cake practice at SMK Putra Anda Binjai.

Keywords: Self-Management, Results of Indonesian Cake Processing Practices

Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:PT Rineka Cipta.

B. Uno, Hamzah B. 2019. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Djamarah. 2015 .Metode Pembelajaran Praktikum Eura Pendidikan. Jakarta :Rineka Cipta

Fitri, Yuninda, Siregar. (2017). Hubungan Manajemen diri dengan Hasil Praktek Bakery Pastry di SMK Putra Anda Binjai. Jurnal Unimed.

Haryati. 2019. Hubungan Manajemen diri dengan prestasi belajar mahasiswa bimbingan konseling semester IV Universitas Riau. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian. Vol 4, No3, Agustus 2019.

Lilyana, Alfannur. 2019. Hubungan Manajemen Diri dengan Hasil Belajar Siswa Di SMA Adhyaksa 1 Kota Jambi. Artikel Ilmiah Mhs FKIP Universitas Jambi.

Purwanto. (2018). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reinold, Siahaan. (2015). Hubungan Manajemen diri dengan Hasil Belajar Prakarya Di SMP Negeri 17 Medan.

Rosda. 2018. Hubungan Manajemen Diri dengan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi.

Santoso. 2018. Hubungan Manajemen Diri dengan Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa SMP Al-Irsyad Makassar. Skripsi diterbitkan.

Sallis, Edward. (2019). Manajemen Mutu Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Sugian, Nurwijaya. (2018). Hubungan Manajemen Diri dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 3 Watampone Kabupaten Bone. Jurnal Kependidikan. Vol 12.No.1.Juni 2018).

Yusra,AAmrina. 2014, Hubungan Motivasi Belajar dan Manajemen Diri dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 6 Jambi. Skripsi Tidak diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.24114/gni.v6i1.33120

Article Metrics

Abstract view : 74 times
PDF - 73 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.