BENTUK TARI BALANSE MADAMPADA MASYARAKAT NIAS DI KELURAHAN MATA AIR KECAMATAN PADANGSELATAN KOTA PADANG SUMATERA BARAT

ELVI SYAH BANI

Abstract


Tari BalanseMadam merupakan tari yang berasal dari etnis Nias yang ada di Keluraha Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Sumatera Barat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tentang bentuk tari Balanse Madam pada masyarakat Nias yang ada di Kelurahan Mata Air.

 

Untuk membahas tujuan penelitian yang diatas, digunakan teori-teori pengertian tari, pengertian Balanse Madam, teori bentuk tari dan teori fungsitari. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, studi pustaka, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskritif kualitatif.

 

Waktu penelitian yang dilakukan untuk membahas tari balanse madam selama kurang lebih 2 bulan yaitu dari awal Juli 2014 sampai awal bulan September 2014. Tempat lokasi penelitiandi Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Sumatera Barat. Masyarakat Nias yang ada di Kelurahan Mata Air Kecamatan Padang Selatan Kota Padang Sumatera Barat, penari Balanse Madam dan tari Balanse Madam merupakan populasi.

 

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, tari Balanse Madam merupakan tarian yang berasal dari masyarakat Nias yang ada di Padang dan diiringi oleh musik Gamad, tari balanse madam merupakan tari hiburan sosial untuk menghibur masyarakat di sekitar, bahkan ditampilkan pada acara kesenian di Kota Padang. Bentuk tari Balanse ditarikan secara berpasangan, yang merupakan salah satu bentuk tarian pergaulan/hiburan, penarinya harus dipilih oleh janang. Setiap gerak harus mengikuti perintah komander.Ragam gerak tari Balanse Madam terdiri dari oplas kare giram-giram inku ingkua kumpulima, balanse Madam, ampang plash oplaskare, sain aadida madam, timar harti eipingkat balance agus saina aglis,oplaskare inggir land ongkir, alvanka inkua disobulne, rumdikate, turdibal indikalo virlavun, sitra  vase  vinkalo, intuimar. Fungsi tari Balanse Madam ini sebagai sosial, stimulan, komunikasi.

 

 

Kata kunci :Tari Balanse Madam, Bentuk Tari dan Fungsi Tari


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/senitari.v3i1.1434

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 696 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2014 ELVI SYAH BANI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.