PENGARUH RANGSANG KINESTETIK DAN RANGSANG VISUAL TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM MENCIPTAKAN TARI KREASI BATAK TOBA DI SEKOLAH MAN 2 MODEL MEDAN

Rizki Ramadhani Daulay, Dilinar - Adlin

Abstract


ABSTRACT

This study aims to determine the effect of kinesthetic stimuli and visual stimuli on the creativity of students in creating Toba Batak creation dance in the MAN 2 Model Medan school. The theoretical foundation in this thesis is used as a guideline in collecting data consisting of Influence, Kinesthetic Planning, Visual Stimulation, Creativity, Toba Batak Creation Dance and Multiple Regression Analysis as references in conducting this research. The technique of data collection is done by observation, literature study and value taking in the form of numbers from variable X1 (Kinesthetic stimuli), variables X2 (Visual stimuli), and variable Y (Creativity). Observations carried out such as directly observing the form of teaching the creation of Toba Batak Creations dance. Followed by the study of literature and processing data in the form of values.The method used in this study is a quantitative method where the results of the data in the form of values obtained by the author are statistically analyzed using a multiple regression analysis consisting of T test, F test and Determination Coefficient.From the results of the T test there is a partial effect between variable XI (stimulating Kinesthetic) on the variable Y (Creativity) with the value of sig. equal to 0,000 <0.05 and T count 7,0359> T table 1,690, so it can be concluded that the First Hypothesis (H1) is accepted which means that there is an influence of X1 (Kinesthetic means) on Y (Creativity). There is a partial influence between X2 (Visual stimuli) on the variable Y (Creativity) with the value of sig. equal to 0.003 <0.05 and T count 4.0421> T table 1,690. Kinesthetic stimuli and visual stimuli have an effective contribution to creativity by 68.7% and 31.2%.Kinesthetic stimuli have a partial effect on creativity and so do visual stimuli that have a partial influence on creativity. Kinesthetic stimuli and visual stimuli have an effect simultaneously (simultaneously) on the variable Y (Creativity). The coefficient of determination of kinesthetic stimuli and visual stimuli has an effective contribution to creativity can be seen from the percentage value that has been achieved.

 

Keywords: Stimulating Kinesthetic, Visual Stimulation, Creativity

 


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rangsang kinestetik dan rangsang visual terhadap kreativitas siswa dalam menciptakan tari kreasi Batak Toba di sekolah MAN 2 Model Medan. Landasan teoritis dalam artikel ini dijadikan pedoman dalam pengumpulan data terdiri dari pengaruh, ransang kinestetik, rangsang visual, kreativitas, tari kreasi batak toba dan anaisis regresi berganda yang dijadikan acuan dalam melakukan penelitian ini. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi kepustakaan dan pengambilan nilai berupa angka dari variabel X1 (rangsang kinestetik), variabel X2 (rangsang visual), dan variabel Y (kreativitas). Observasi yang dilakukan seperti mengamati secara langsung bentuk pengajaran penciptaan tari kreasi Batak Toba. Dilanjutkan dengan studi kepustakaan dan mengolah data berbentuk nilai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dimana hasil data berupa nilai yang diperoleh penulis di analisis secara statistik menggunakan uji analisis regresi berganda yang terdiri atas uji T, uji F dan koefisien determinasi. Dari hasil uji T terdapat pengaruh secara parsial antara variabel XI (rangsang kinestetik) terhadap variabel Y (kreativitas) dengan nilai sig. sebesar 0.000 < 0.05 dan T hitung 7,0359 > T tabel 1,690, sehingga dapat disimpulkan bahwa Hipotesis Pertama (H1) diterima yang berarti terdapat pengaruh X1 (ragsang kinestetik) terhadap Y (kreativitas). Terdapat pengaruh secara parsial antara X2 (rangsang visual) terhadap variabel Y (kreativitas) dengan nilai sig. sebesar 0.003 < 0.05 dan T hitung 4,0421 > T tabel 1,690. Rangsang kinestetik dan rangsang visual memiliki sumbangan efektif terhadap kreativitas sebesar 68.7% dan 31.2%. Rangsang kinestetik memiliki pengaruh secara parsial terhadap kreatifitas dan begitu juga dengan rangsang visual yang memiliki pengaruh secara parsial terhadap kreatifitas. Rangsang kinestetik dan rangsang visual terdapat pengaruh secara simultan (bersamaan) terhadap variabel Y (kreativitas). Koefisien determinasi rangsang kinestetik dan rangsang visual memiliki sumbangan efektif terhadap kreativitas dapat dilihat dari nilai persentase yang telah dicapai.

 

Kata kunci : Rangsang Kinestetik, Rangsang Visual, Kreativitas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/senitari.v8i2.14966

Article Metrics

Abstract view : 40 times
PDF - 36 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.