PENGEMASAN PEMBELAJARAN TARI GANDANG DALAM BENTUK MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KVISOFT FLIPBOOK MAKER SEBAGAI SUMBER BELAJAR BAGI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS
Abstract
Keywords: Packaging, Gandang Dance, Interactive, Kvisoft Flipbook Maker.
Abstrak - Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran tari Gandang dalam bentuk multimedia interaktif dengan menggunakan program Kvisoft Flipbook Maker untuk tingkat SMA. Tahapan pengemasan yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahapan pengemasan menurut Cracker Jack dalam tapah penyelesaian produk. Metode penelitian yang digunakan metode campuran yaitu deskriptif kuantitatif yang dikualitatifkan sebagaimana diketahui bahwa data yang divalidasikan lalu dinarasikan. Sampel dalam penelitian ini ialah narasumber, tari gandang dan dua orang penari dari mahasiswa Prodi Pendidikan Tari. Pengemasan dilakukan dengan tiga tahapan. Pertama mengumpulkan bahan, proses pengerjaan Kvisoft Flipbook Maker, dan evaluasi produk dari segi bahasa, tata letak, background, dan kesesuaian materi melalui uji validitas dan kemudian siap digunakan. Prosedur tersebut dapat dicapai melalui kerjasama dengan menggunakan program Kvisoft Flipbook Maker. Hasil yang didapat berdasarkan uji kelayakan dengan skor 72 oleh ahli materi dan hasil uji kelayakan dengan skor 74 oleh ahli media. Persentase kelayakan ahli materi adalah 98,6% dan persentase kelayakan media 96%. Dengan demikian, hasil penelitian pengemasan
pembelajaran tari Gandang berbentuk multimedia interaktif berbasis Kvisoft Flipbook Makeruntuk tingkat SMA termasuk ke dalam kategori sangat layak untuk digunakan di lapangan.
Kata Kunci: Packaging, Gandang Dance, Interactive, Kvisoft Flipbook Maker.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.24114/gest.v11i1.34276
Article Metrics
Abstract view : 209 timesPDF - 239 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rina Lestari, Iskandar Muda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.