ANALISIS KEBUTUHAN PENINGKATAN MINAT PESERTA DIDIK LAKI-LAKI DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI

Harist Harjanti Catur, Sunarto - Sunarto, Wahyu - Lestari

Abstract


Kurangnya minat peserta didik laki-laki dalam mengikuti pembelajaran seni membuat proses belajar mengajar menjadi tidak efektif. Masalah yang diambil yaitu peningkatan minat peserta didik laki laki dalam pembelajaran seni tari. Tujuan pembelajaran adalah untuk mengetahui proses pembelajaran model inkuiri. Manfaat pembelajaran dapat diajukan untuk acuan pembelajaran model inkuiri. Metode yang digunakan adalah kualitatif dan R&D. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan metode triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian ulang, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan enam tahap proses pembelajaran inkuiri peserta didik laki-laki pada awalnya tidak tertarik dengan tarian dan hanya diam saja pada saat pembelajaran seni tari, dengan diterapkannya model inkuiri siswa menjadi lebih aktif dan terlibat berkontribusi pada pembelajaran di kelas. Saran untuk lebih memperhatikan waktu selama penyampain  karena membutuhkan waktu yang lama agar materi yang lain juga tersampaikan sesuai rencana.


Keywords


Laki-laki Minat, Pembelajaran, Peningkatan, Peserta Didik, Seni Tari

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v11i2.36390

Article Metrics

Abstract view : 528 times
PDF - 311 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Harist Harjanti Catur, Sunarto - Sunarto, Wahyu - Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.