IMPLEMENTASI METODE SAS (STRUKTUR, ANALITIS, DAN SINTESIS) DALAM PEMBELAJARAN TARI JATI LARAS DI SANGGAR RSTUDIO KOTA CILEGON BANTEN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asri, R., 2020. Ekspresi Kebebasan Dewi, Sarjiwo, Indrawati. 2020. Metode Pembelajaran Tari Rumeksa Di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Dalam Jurnal. Volume I Issue I. Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Indonesia Yogyakarta
Dhalina, Kurnita, Zurina. 2017. Proese Pembelajaran Rapa’i Puloet di sanggar Aneuk Nanggroe Sagoe Padang Tiji Kbaupaten Pidie. Jurnal. Volume II No . Jurusan Sendratasik, Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala Aceh
Diah. 2012. Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS).http://jurnalbidandiah.blo gspot.com/2012/04/ metode pembelajaran struktural- analitik.html
Djamarah, Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Jakarta: PT Asdi Mahasatya.
Hartono, H., Nuryani, W., Kusumastuti, E., & Aprilia, V. 2022. MEMPERSIAPKAN GENERASI UNGGUL MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Strategi Pelayanan Klinik dan Pengembangan Percaya Diri. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.
Haryudi. 2020. Pembelajaran Seni Tari Pada anak usia Dini Di Sanggar Saoraja Art’s kabupaten Bone. Dalam jurnal educhild. Volume 2 No.2 : Universitas Riau http :// pendidikan Senibudaya.Wordpress.Com/201 1/08/25/Pengertiatari-tradisi (diunduh tanggal 11 April 2021)
Jazuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang PRESS.
Kamil. 2011. Pendidikan NonFormal.Bandung : Alfabeta
Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Pembelajaran. Jakarta : Referensi (GP Press Group)
Miarso, Y. C.2004. Perubahan Paradigma Pembelajaran dengan Kehadiran Teknologi Informasi. ESENSI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA, 26.
Moleong, l. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Marzuki.2010. Pendidikan NonFormal. Bandung : PT Remaja Rosda Karya
Rahma. 2017. Pembelajaran Rapai’ Puloet di Sanggar Aneuk Nanggroe Sagoe Padang Tiji Kabupaten Pidie. jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Volume II, Nomor 1:79-91.
Rizka, Tengku, Lindawati. 2019. Pembelajaran Tari Ratoh Jaroe Dan Tari Likok Pulo di Sanggar Pocut Baren Banda Aceh. Dalam jurnal ilmiah program studi seni drama tari dan musik Unversitas Syiah Kuala. Volume IV No.4 : Universitas Syiah Kuala
Rosmana, Iyos. 2009. Metode Pembelajaran Membaca Struktur Analitik Sintesis (SAS). https://iyosrosmana.wordpress.c om/2009/09/30/41/
Sriyadi. 2013. Sanggar tari sebagai patner dalam pendidikan sekolah kejuruan tari. Jurnal. Volume 5 No 1. Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Surakarta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV
Takari. 2008. Manajemen Seni. Medan : Studia Kultura
Wardiyati. 2019. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Dalam Jurnal. Volume 3 No 5 : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unversitas Riau
Yamin. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang : Madani
Yuli. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menari Tari Balanse Madam Melalui Metode SAS Untuk Anak Tunarungu. Dalam jurnal e- Jupekhu. Volume 3 No.3 : Universitas Negeri Padang
Yuwaffy.2016. Proses Pembelajaran pada Materi Tari Tradisional Laweut Berdasarkan Pola Lantai dengan Menggunakan Metode Pemodelan di Kelas VIII-2 SMP Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Volume 1, Nomor 4:325-333.
DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v12i2.48425
Article Metrics
Abstract view : 117 timesPDF - 109 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Vivi Anggita Putri, Alis Triena Permanasari, Dwi Junianti Lestari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.