IMPLEMENTASI METODE SAS (STRUKTUR, ANALITIS, DAN SINTESIS) DALAM PEMBELAJARAN TARI JATI LARAS DI SANGGAR RSTUDIO KOTA CILEGON BANTEN

Vivi Anggita Putri, Alis Triena Permanasari, Dwi Junianti Lestari

Abstract


Sanggar adalah sarana atau tempat pelatihan guna melakukan sebuah kegiatan yang dimanfaatkan suatu kelompok ataupun komunitas dan merupakan pendidikan yang masuk ke dalam jenis nonformal. Misalnya sanggar tari yang menawarkan pelatihan dan pendidikan tari, serta mengembangkan kesenian tari. Sanggar tari yang melakukan pelatihan dan pendidikan kesenian tari mendalami dan mengeksplorasi tari-tarian yang sudah ada, mulai berwujud tari klasik, tari modern, hingga tari kreasi. Salah satu sanggar yang unik dalam metode pembelajarannya yaitu sanggar RStudio. Sanggar ini memiliki prestasi yang cukup baik dan dalam pembelajarannya menggunakan metode SAS (Struktur, Analitis, dan Sintesis) Tari Jati laras merupakan tarian yang beberapa sumbernya mengambil dari gerakan silat. Penenlitian ini menggunakan Metode SAS dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data didapatkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan Proses pembelajaran Tari Jati Laras di Sanggar RStudio menerapkan metode SAS (Struktur, Analitis, dan Sintesis) yang membagi pelaksanaan pembelajaran menjadi 3 bagian yaitu: kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Terdapat beberapa faktor pendukung dalam proses pembelajaran tari yaitu dalam pembelajaran siswa guru menjalankan perannya sehingga pelaksanaan dapat berjalan secara optimal, siswa dan guru akan berkerjasama dalam menjalin interaksi pada proses pembelajaran, metode yang digunakan oleh guru juga menjadi faktor pendukung dalam proses pembelajaran agar tercapai tujuan pembelajaran. adapun faktor penghambat dari pembelajaran yaitu keterampilan gerak dan daya ingat siswa yang berbeda-beda dan fasilitas ruangan yang diperlukan kurang memadai.

Keywords


SAS Method, Dance, Dance Studio, RStudio, Jati Laras Dance

Full Text:

PDF

References


Asri, R., 2020. Ekspresi Kebebasan Dewi, Sarjiwo, Indrawati. 2020. Metode Pembelajaran Tari Rumeksa Di Sanggar Dharmo Yuwono Purwokerto. Dalam Jurnal. Volume I Issue I. Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan, Institut Indonesia Yogyakarta

Dhalina, Kurnita, Zurina. 2017. Proese Pembelajaran Rapa’i Puloet di sanggar Aneuk Nanggroe Sagoe Padang Tiji Kbaupaten Pidie. Jurnal. Volume II No . Jurusan Sendratasik, Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala Aceh

Diah. 2012. Metode Pembelajaran Struktural Analitik Sintetik (SAS).http://jurnalbidandiah.blo gspot.com/2012/04/ metode pembelajaran struktural- analitik.html

Djamarah, Zain. 2014. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Hartono, H., Nuryani, W., Kusumastuti, E., & Aprilia, V. 2022. MEMPERSIAPKAN GENERASI UNGGUL MELALUI PEMBELAJARAN SENI TARI ANAK TAMAN KANAK-KANAK: Strategi Pelayanan Klinik dan Pengembangan Percaya Diri. Seminar Nasional 2022-NBM Arts.

Haryudi. 2020. Pembelajaran Seni Tari Pada anak usia Dini Di Sanggar Saoraja Art’s kabupaten Bone. Dalam jurnal educhild. Volume 2 No.2 : Universitas Riau http :// pendidikan Senibudaya.Wordpress.Com/201 1/08/25/Pengertiatari-tradisi (diunduh tanggal 11 April 2021)

Jazuli, M. 1994. Telaah Teoritis Seni Tari. Semarang: IKIP Semarang PRESS.

Kamil. 2011. Pendidikan NonFormal.Bandung : Alfabeta

Martinis. 2013. Strategi & Metode dalam Pembelajaran. Jakarta : Referensi (GP Press Group)

Miarso, Y. C.2004. Perubahan Paradigma Pembelajaran dengan Kehadiran Teknologi Informasi. ESENSI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA, 26.

Moleong, l. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Marzuki.2010. Pendidikan NonFormal. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Rahma. 2017. Pembelajaran Rapai’ Puloet di Sanggar Aneuk Nanggroe Sagoe Padang Tiji Kabupaten Pidie. jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Volume II, Nomor 1:79-91.

Rizka, Tengku, Lindawati. 2019. Pembelajaran Tari Ratoh Jaroe Dan Tari Likok Pulo di Sanggar Pocut Baren Banda Aceh. Dalam jurnal ilmiah program studi seni drama tari dan musik Unversitas Syiah Kuala. Volume IV No.4 : Universitas Syiah Kuala

Rosmana, Iyos. 2009. Metode Pembelajaran Membaca Struktur Analitik Sintesis (SAS). https://iyosrosmana.wordpress.c om/2009/09/30/41/

Sriyadi. 2013. Sanggar tari sebagai patner dalam pendidikan sekolah kejuruan tari. Jurnal. Volume 5 No 1. Jurusan Seni Tari, Fakultas Seni Pertunjukan, ISI Surakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung : ALFABETA, CV

Takari. 2008. Manajemen Seni. Medan : Studia Kultura

Wardiyati. 2019. Penerapan Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah. Dalam Jurnal. Volume 3 No 5 : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Unversitas Riau

Yamin. 2015. Teori dan Metode Pembelajaran. Malang : Madani

Yuli. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menari Tari Balanse Madam Melalui Metode SAS Untuk Anak Tunarungu. Dalam jurnal e- Jupekhu. Volume 3 No.3 : Universitas Negeri Padang

Yuwaffy.2016. Proses Pembelajaran pada Materi Tari Tradisional Laweut Berdasarkan Pola Lantai dengan Menggunakan Metode Pemodelan di Kelas VIII-2 SMP Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik Volume 1, Nomor 4:325-333.




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v12i2.48425

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 109 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Vivi Anggita Putri, Alis Triena Permanasari, Dwi Junianti Lestari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
slot gacor slot