PENGEMBANGAN MODUL PRAKTIKUM TARI ETNIK SUMATERA UTARA BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVELOPMENT

Sri Mustika Aulia, Try Wahyu Purnomo, Faisal Faisal, Manuel Obet Nego Pardede

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menghasilkan bahan baku berupa e-modul pendidikan tari berbasis Education for Sustainable Development. Education for Sustainable development (ESD) yang menyisipkan wawasan luas dan futuristik tentang lingkungan global untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat agar dapat berkontribusi pada pembangunan berkelanjutan di masa kini dan masa depan. Konsep Education for Sustainable Development memiliki tiga perspektif antara lain sosial budaya, lingkungan dan ekonomi, dimana konsep penelitian ini akan berpusat pada mahasiswa dalam mengembangkan dan merancang ESD. Model Penelitian yang digunakan adalah model 4D yang menekankan perlunya capaian pembelajaran yang sesuai dengan konteks pembelajaran seni tari di Prodi PGSD (dosen dan mahasiswa). Pada tahap pendefinisian akan dilakukan analisis kebutuhan, analisis konsep, analisis Hasil Belajar Mata Kuliah (CPMK), analisis penggunaan, dan analisis keragaman budaya. Berdasarkan hasil analisis tersebut, dilakukan perancangan (design) e-modul praktikum pendidikan seni tari. Berdasarkan penelitian ini dihasilkan sebuah e-modul praktis yang valid, implementatif, dan efektif untuk kebutuhan pembelajaran seni tari di Prodi PGSD yang mengedepankan nilai-nilai pendidikan di tengah isu global.

Keywords


Modul Digital, Tari Etnik, Education For Sustainable Development

Full Text:

PDF

References


Borg, W., & Gall, M. (1989). Educational Research: An Introduction. New York: Longman

Depdiknas. (2001). Kurikulum Berbasis Kompetensi, Mata Pelajaran Seni dan Budaya Sekolah Dasar, Jakarta: Depdiknas

Indiriati, D.A., & Hariadi. (2016). ESD (Education for Sustaible Development) Melalui Pembelajaran Biologi. Prosiding Symbion Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan

KNIU. (2014). Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development) di Indonesia Implementasi dan Kisah Sukses. Kemendikbud

Kementerian Pendidikan Nasional (KPN). (2010). Model Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (Education for Sustainable Development ESD) Melalui Kegiatan Intrakurukuler. Jakart: Balitbang Kemdiknas

Mack, D. (2001). Pendidikan Musik - Antara Harapan dan Realitas. Bandung: UPI Bandung.

Samsu, N., Mustika, D., Nafaida, R., & Manurung, N. (2020). Analisis Kelayakan dan Kepraktisan Modul Praktikum Berbasis Literasi Sains Untuk Pembelajaran IPA. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 4(1), 29-40.

Salam, Sofyan (2005). Paradigma dan Masalah Pendidikan Seni. Semarang: PPS UNNES

Santoso, B (2013). Skema dan Mekanisme Pelatihan: Panduan Penyelenggaraan Pelatihan, Jakarta: Yayasan Terumbu Karang

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tampubolon, R.O. (2023). Film Tari Sumbang Seimbang: Refleksi Zapin Penyengat Dalam Konsep Keseimbangan. Gesture: Jurnal Seni Tari, 12(1). 34-46

Widjajanti, E. (2008). Kualitas LKS. Pelatihan Penyusunan LKS Mata Pelajaran Kimia Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Bagi Guru SMK/MAK. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Windriyani, S (2019). Pembelajaran Berbasis Konteks dan Kreativitas (Strategi untuk Membelajarkan Sains di Abad 21). Deepublish




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v12i2.49780

Article Metrics

Abstract view : 150 times
PDF - 126 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Sri Mustika Aulia, Try Wahyu Purnomo, Try Wahyu Purnomo, Faisal Faisal, Faisal Faisal, Manuel Obet Nego Pardede, Manuel Obet Nego Pardede

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.