MATERI TARI GANDRUNG BANYUWANGI MENGGUNAKAN MULTIMEDIA BERBASIS WEB GOOGLE SITES

Estu Candra Anggraini, Indar Sabri, Welly Suryandoko

Abstract


Penelitian ini merupakan sebuah pengembangan dan penerapan berupa sebuah produk multimedia berbasis web google sites yang bertujuan memberi dan menyebarluaskan pengetahuan tentang Tari Gandrung Banyuwangi ditinjau dari berbagai elemen. Multimedia ini juga bertujuan sebagai upaya kecil pelestarian tari tradisional Banyuwangi yang bersifat pengenalan dan penyebarluasan informasi. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yaitu kualitatif deskriptif dengan pengembangan produk menggunakan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara, sedangkan analisis data dilakukan dengan reduksi, penyajian data, dan penegasan simpulan. Model pengembangan produk yang digunakan yaitu analisis, desain, pengembangan, dan implementasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa produk ini dapat menambah pengetahuan pembelajar terkait berbagai elemen pendukung Tari Gandrung karena berisi materi secara kompleks,  yaitu : sejarah perkembangan, jenis tari, ragam gerak, alat musik, iringan gendhing, busana dan beragam video jenis Tari Gandrung Banyuwangi. Selain digunakan pada pendidikan nonformal, multimedia ini juga dapat digunakan secara fleksibel pada pendidikan formal sebagai pelengkap pembelajaran.

Keywords


Materi, Tari gandrung Banyuwangi, Multimedia, Google sites.

Full Text:

PDF

References


Alfiyana, Siti & Sutiah. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis Google Sites pada pembelajaran SBDP Kelas IV di SD 1 Dasan Geres. Academy of Education Journal, 14(2), 727-737.

Brata, Ida Bagus & I Komang Sudirga. (2019). Megeguritan: Media pendidikan karakter generasi muda dalam menghadapi arus budaya global (Studi Kasus di Desa Pakraman Bresela Payangan Gianyar). Mudra Jurnal Seni Budaya, 34(2), 230-238.

Creswell, John W. (2013). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dariharto. (2009). Kesenian Gandrung Banyuwangi. Vol. 1. Banyuwangi: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi.

Hamalik, Oemar. (2018). Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Edited by Boyke Ramdhani. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Harahap, Lira Yonanda. (2019). Pengaruh Pembelajaran Seni Tari dalam Penanaman Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Kelas XI di MAN Kisaran Tahun Ajaran 2018/2019. Gesture, 2301, 5799.

Karkou,Vicky, Sophia Bakogianni & Evangelia Kavakli. (2008). Traditional dance, pedagogy and technology: an overview of the WebDANCE project. Research in Dance Education, 9(2), 163-186.

Komalasari, H., Budiman, A., Masunah, J., & Sunaryo, A. (2021). Desain multimedia pembelajaran tari rakyat berbasis android sebagai self directed learning mahasiswa dalam perkuliahan. Mudra Jurnal Seni Budaya, 36(1), 96-105.

Lirahman, Ronni., Yusniar heniwaty. (2019). Pengembangan pembelajaran tari lenggok mak inang melalui multimedia interaktif berbasis e-learning. Gerakan, 2301, 5799.

Salsabila, Fadillah & Aslam. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 6.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. 21st ed. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.54915

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 149 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Estu Candra Anggraini, Indar Sabri, Welly Suryandoko

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
slot gacor slot