PENGEMBANGAN BAHAN AJAR LKPD TORTOR IJA JUMA TIDAHAN BERBASIS HIGH OTHER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK SISWA KELAS X SMA

Gita Andini Fita Dewi, Sitti Rahmah

Abstract


Bahan Ajar LKPD materi tari Ija Juma Tidahan berbasis HOTS merupakan bahan ajar yang disusun untuk melengkapi dari kebutuhan perangkat pembelajaran dan dikembangkan dengan menyesuaikan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) untuk siswa kelas X SMA pada kompetensi dasar 3.1 memahami konsep, teknik, dan prosedur tari tradisional daerah setempat. Produk LKPD materi tari Ija Juma Tidahan berbasis HOTS ini dirancang untuk ketercapaian hasil belajar berdasarkan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Tahapan yang digunakan untuk membuat LKPD ini menggunakan teori menurut Andi Prastowo (2012 :112–114) dengan mengacu pada model pengembangan 4-D (Four D) oleh Thiagarajan (Surtati & Irawan, 2017). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pengambilan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dalam analisis data digunakan deskriptif kuantitatif untuk melihat validasi ahli media, ahli materi. Dengan menjadikan tari Ija Juma Tidahan  sebagai sampel dalam penelitian ini, dan beberapa narasumber serta model sebagai peraga dalam tari ini.

Keywords


Lembar Kerja Peserta Didik,Tortor Ija Juma Tidahan ,High Other Thinking Skills

Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. (Yogyakarta: Diva Press:2010)

Arianty, Nel (2016). Manajemen Pemasaran, Medan : Perdana Publishing

Brookhart, S. M., & Nitko, A. J. (2011). Educational assessment of students. Pearson Higher Ed.

Fandy Tjiptono Strategi Pemasaran (Yogyakarta: Andi:2002) h 151

Gunawan, I., & Retno, A. “Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Penilaian”Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol.2 No 2 (2017) ISSN 2088-5350 h 116,Madiun

Hamdani (2011) “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS”) Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol 2 No.(2), h 168-176

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research. Yogyakarta: Andi Offset.

H. Mohamad Surya, Percikan Perjuangan Guru (Cet I; Semarang: CV.Aneka Ilmu, 2003), h. 2

Musfiqi, S., & Jailani, J. (2014). Pengembangan bahan ajar matematika yang berorientasi pada karakter dan higher order thinking skill (HOTS). Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 45–59. doi: 10.21831/pg.v9i1.9063.

Nurul Hidayah, (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV MI Nurul Hidayah Roworejo Negerikaton Pesawaran. Jurnal Terampil, Vol. 4 No. h. 34-35

Nurul Zuriah, Hari Sunaryo, Dan Nurbani Yusuf. (2016). IBM Pendidik Dalam Pengembangan Bahan Ajar Kreatif Inovatif Berbasis Potensi Lokal. Jurnal Dedikasi, Vol. 13 ISSN. 1693-3214, H. 39

Thiagarajan, S., Sammel, D, S., and Sammel, M. I., (1974). Instructional Development For Training Theacers of Exceptional Children. Leaderdship Training Institute/ Special Education. Minnesota: University of Minnesota, Minneapolis

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. (Jakarta: Bumi Aksara) hal 111

Setiawati, Wiwik, Oktavia Asmira, Yoki Ariana, Reisky Bestary, dan Ari Pudjiastuti. Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung; CV Alafabeta), hlm. 15

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Cetakan ke-24. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitataif, dan R&D, (Bandung: Alfabeta.CV)

Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suharsaputra, Uhar. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama

Zaenal, & Heri. (2015). Analisis Instrumen Pengukurn Higher Order Thinking Skills (HOTS) Matematika Peserta Didik SMA”. In Jurnal Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v12i2.55483

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 25 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Gita Andini Fita Dewi, Sitti Rahmah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.