POLA PEWARISAN TARI COKEK SIPATMO DI KAMPUNG WISATA BUDAYA TEHYAN KOTA TANGERANG

Lala Halalan Toyibah, Alis Triena Permanasari, Hadiyatno Hadiyatno

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi Tarian Cokek Sipatmo yang merupakan hasil dari akulturasi budaya Betawi dan Tionghoa yang didukung oleh pola pewarisan dalam proses perkembanganya. AdapunĀ  tujuan penelitian diantaranya adalah untuk menggali informasi mengenai pola pewarisan Tari Cokek Sipatmo dan faktor yang mempengaruhi pola pewarisan Tari Cokek Sipatmo. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menginterpretasikan informasi yang diperoleh. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa Tari Cokek Sipatmo melalui pola pewarisan diagonal dengan melibatkan dukungan pewarisan dari lingkungan sosial di Kampung Wisata Budaya Tehyan dan Lembaga Pendidikan yang diterapkan sebagai materi pada ekstrakulikuler di SMK Kristen Gracia. Adapun faktor yang mempengaruhi pola pewarisan meliputi motivasi prestasi, motivasi afiliasi, motivasi kompetensi, motivasi kekuasaan dan dukungan dari lingkungan sekitar Kampung Wisata Budaya Tehyan, kebijakan pemerintah serta aspek sosial budaya dan ekonomi, sehingga Tari Cokek Sipatmo tetap berkembang sampai saat ini

Keywords


Pola Pewarisan, Tari Cokek Sipatmo, Kualitatif-Studi Kasus, Kampung Wisata Budaya Tehyan

Full Text:

PDF

References


Billah, M. A., Lahpan, N. Y. K., & Hidayana, I. S. (2020). Sistem Pewarisan Budaya pada Kesenian Longser Grup Pancawarna di Desa Rancamanyar Kecamatan. Jurnal Budaya Etnika, 3(2), 171-196.

Elvandari, E. (2020). Sistem Pewarisan Sebagai Upaya Pelestarian Seni Tradisi. GETER: Jurnal Seni Drama, Tari dan Musik, 3(1), 93-104.

Hapsari, P. D., Cahyono, A., & Iryanti, V. E. (2021). Pola Pewarisan Tari Topeng Panji Di Desa Slarang Lor Kecamatan Dukuh Waru Kabupaten Tegal. Jurnal Seni Tari, 10(2), 176-184.

Hindaryatiningsih, N. H. (2016). Model proses pewarisan nilai-nilai budaya lokal dalam tradisi masyarakat buton. Sosiohumaniora, 18(2), 100-107.

Kusmaya, A. Z. (2014). Perkembangan dan Sistem Pewarisan Kesenian Angklung Badud di Cijulang Pangandaran. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, R. T., Nugraheni, T., & Taryana, T. (2022). Tari Cokek Sebagai Bahan Pembelajaran Di Sanggar Natya Dance Community. Ringkang: Kajian Seni Tari dan Pendidikan Seni Tari, 2(3), 486-497.

Moleong, L. J. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulanto, J. (2015). Tari Kretek: Pewarisan Bentuk. Nilai, Dan Makna. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Nofitri, M. (2015). Bentuk Penyajian Tari Piring Di Daerah Guguak Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Ekspresi Seni: Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Karya Seni, 17(1), 115-128.

Nurasih, N. (2014). Proses Pewarisan Dalang Topeng Cirebon. Jurnal Seni Makalangan, 1(1), 25-36.

Riyadi, R., Hermawan, E. S., Pelu, M., & Wibowo, G. A. (2022). Reaktulisasi Dan Pengembangan Model Pelestarian Barongsai Sebagai Modal Sosial Harmoni Multietnis di Surakarta. SEUNEUBOK LADA: Jurnal ilmu-ilmu Sejarah, Sosial, Budaya dan Kependidikan, 9(2), 243-254.

Rochmat, N. (2013). Pewarisan tari topeng gaya dermayon: Studi kasus gaya Rasinah. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 14(1), 33-40.

Rohmawati, N. (2020). Cokek Sebagai Pengaruh Penetration Pasipique Etnis Tionghoa Di Betawi. Jurnal Budaya Etnika, 2(1), 21-34.

Slameto. (2021). Belajar dan Faktor Faktor yang Mempengaruhinya. Jakatra: Rineka Cipta.

Sudarmika, D., & Arifin, M. T. (2022). Representasi Feminisme Pada Tari Sipatmo (Semiotika Perspektif Roland Barthes). Oratio Directa (Prodi Ilmu Komunikasi), 3(2).

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CVAlfabeta.

Toyibah, H. L. A. (2024). Pola Pewarisan Tari Cokek Sipatmo Di Kampung Wisata Budaya Tehyan Kota Tangerang (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Yuniarti, S. A. (2014). Tari Cokek di Sanggar Sinar Betawi Padepokan Taman Mini Jakarta Timur (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.55518

Article Metrics

Abstract view : 48 times
PDF - 35 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Lala Halalan Toyibah, Alis Triena Permanasari, Hadiyatno Hadiyatno

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.