BAHAN AJAR TARI OLANG BALEGO DALAM MEDIA DIGITAL CANVA UNTUK SEKOLAH MENENGAH ATAS

Siti Rahmalia, Yusnizar Heniwaty

Abstract


Aplikasi Canva adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam pembelajaran, dikarenakan memberikan kemudahan bagi siswa untuk mempelajari materi yang diberikan oleh guru. Penelitan ini  mendeskripsikan bagaimana materi tari dalam pembelajaran seni budaya dengan memanfaatkan aplicasi canva sebagai bahan ajar. Materi yang disusun merujuk pada KD 3.1 dan KD 4.1 berisi konsep teknik dan prosedur dalam ragam gerak tari tradisi yaitu tari Olang Balego. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan oleh Borg & Gall dengan 10 tahapan yang dikelompokkan menjadi 5 tahapan yaitu: 1) Identifikasi Potensi Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi, dan  5) Revisi Desain. Sampel penelitian adalah Tari Olang Balego sbagai materi, dan 2 orang  penari dari Prodi Pendidikan Tari, sebagai peraga. Hasil penelitian diketahui bahwa, avlikasi canva memiliki daya tarik berdasarkan kemasan yang dibuat dengan mendesain gambar, teks, warna, bentuk, dan audio, dari Tari Olang Balego sesuai KD. Sehingga hasil kemasan menjadi menarik untuk digunakan sebagai bahan ajar. Selain itu kelyakan dari hasil kemasan dibuktikan  dari validasi oleh ahli media dengan kelayakan rata-rata 4,9 dan ahli materi  dengan kelayakan rata-rata 4,7.

Keywords


Bahan Ajar, Tari Olang Balego, Media Digital Canva

Full Text:

PDF

References


Almahera, A. F., Jauhari, N., & Nafi’ah, U. (2023). E-modul Sejarah sebagai inovasi bahan ajar digital berbasis aplikasi Canva untuk meningkatkan minat belajar siswa. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial (JIHI3S), 3(2), 94-103

Amri & Ahmadi, Abu. (2010). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Fitri, A., Efriyanti, L., & Silmi, R. (2023). Pengembangan Modul Ajar Digital Informatika Jaringan Komputer dan Internet Menggunakan Canva di SMAN 1 Harau. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(1), 33- 38.

Fitriana. (2021). Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Dan Informasi Dalam Proses Pembelajaran Ppkn. In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 3(3), 35–47.

Fitriani, D. E. N., Amelia, E., & Marianingsih, P. (2017). Penyusunan modul pembelajaran berbasis sains teknologi dan masyarakat (stm) pada konsep bioteknologi (Sebagai Bahan Ajar Siswa SMA Kelas XII). Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 60-72.

Heniwaty, Y., & Rahmah, S. (2022). Exploration of Batak Culture as Sources of Learning Batak Toba Dance. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 5(3), 307-313.

Kurniawati, F. E. (2015). Pengembangan bahan ajar aqidah ahklak di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Penelitian, 9(2), 367-388.

Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran dasar listrik dan elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79-85.

Wirawan, I. M. P., Wulandari, I. G. A. A., & Sastra Agustika, G. N. (2022). Bahan Ajar Interaktif Berbasis Pendekatan STEAM pada Muatan IPS Siswa Kelas V SD. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 152–161.




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.57101

Article Metrics

Abstract view : 28 times
PDF - 16 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Siti Rahmalia, Yusnizar Heniwaty

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.