TARI JAPIN HARAPAN SEBAGAI TARI PENYAMBUTAN TAMU DI KABUPATEN TAPIN KALIMANTAN SELATAN

Muhammad Nashih, Saparius Ferdianto

Abstract


Tari Japin Harapan adalah tari penyambutan atau tari selamat datang yang berasal dari Kabupaten Tapin, Kalimantan Selatan. Penelitian ini bertujuan mengetahui mengenai sejarah, fungsi, musik iringan, makna dan ragam gerak Tari Japin Harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dua cara yaitu, pengumpulan data tertulis berupa studi pustaka dengan cara membaca buku, jurnal, website. Selanjutnya teknik pengumpulan data lapangan yaitu berupa wawancara dengan narasumber secara daring dan tatap muka. Hasil penelitian ini memperoleh beberapa informasi bahwa Tari Japin Harapan pertama kali ditarikan pada 30 November 2021 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Tapin. Tari ini memiliki beberapa fungsi selain sebagai upacara penyambutan, di antaranya yaitu sebagai hiburan dan sarana pendidikan budaya. Makna dari Tari Japin Harapan tergambar pada gerak dan musik iringannya. Gerak pada Tari Japin Harapan ini juga menggambarkan kebiasaan warga setempat di Desa Hiyung dengan kegiatan memetik hasil panen cabai Hiyung yang menjadi kebanggan Kabupaten Tapin. Dalam bait lirik lagu yang menjadi musik iringan Tari Japin Harapan menceritakan tentang pariwisata dan keanekaragaman seni dan budaya yang ada di Kabupaten Tapin. 


Keywords


Tari Japin, Tari Penyambutan, Japin Harapan, Tari Kalimantan

Full Text:

PDF

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Syakir Media Press.

Anderiani, L. (2016). Musik Panting di Desa Barikin Kalimantan Selatan: Kemunculan, Keberadaan dan Perubahannya. Resital: Jurnal Seni Pertunjukan, 17(3), 140–157. https://doi.org/10.24821/resital.v17i3.2229.

Anggraini. (2024, March 30). Wawancara penari Japin Harapan [Personal communication].

Arif, M. S. (2023, Oktober). Wawancara Penata Tari Japin Harapan [Personal communication].

Hakim, S. S., & Margasetha, G. (2017). Menganyam Purun Untuk Kelestarian Gambut. ResearchGate.https://www.researchgate.net/publication/322973900_MENGANYAM_PURUN_UNTUK_KELESTARIAN_GAMBUT

Hidayat, A., & Nisa, H. A. (2020). Pembelajaran Gerak Dasar Tari dalam Mata Kuliah Tari dan Drama “Kesenian Tradisi Japin Carita” pada Program Guru Sekolah Dasar. In Seminar Nasional Prasekolah, Sekolah Dasar dan Manajemen Pendidikan, 253–258.

Lawolo, M. S. (2022). Analisis Bentuk Penyajian Tari Mogaele Pada Masyarakat Nias di Kecamatan Fanayama Kabupaten Nias Selatan. Gesture: Jurnal Seni Tari, 11(2). https://doi.org/10.24114/gjst.v11i2.36745

Mursito, H. S. D., & Lestari, O. T. (2023). Analisis Makna, Unsur dan Fungsi Tari Ndayak Grasak. Gesture: Jurnal Seni Tari, 12(1), 47. https://doi.org/10.24114/gjst.v12i1.44880

Pangestu, I. Y. (2013). Estetika Tari Zapin Sebagai Sumber Penciptaan Karya Kaki-Kaki. Bercadik: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 1(1). https://journal.isi-padangpanjang.ac.id/index.php/Bercadik/article/view/22/12

Sahir, S. H. (2021). Metodologi Penelitian (I). Penerbit KBM Indonesia.

Salsabila, A. N., & Sa’adah, D. F. (2023). Proses Pembelajaran Tari Pada Anak Berkebutuhan Khusus di Sanggar Sripanglaras Kulon Progo. Gesture: Jurnal Seni Tari, 12(2), 87. https://doi.org/10.24114/gjst.v12i2.45120

Sarah. (2024, March 30). Wawancara penari Japin Harapan [Personal communication].

Setyaningrum, N. D. B. (2017). Tantangan Budaya Nusantara Dalam Kehidupan Masyarakat di Era Globalisasi. Sitakara: Jurnal Pendidikan Seni Dan Seni Budaya, 2(2). https://doi.org/10.31851/sitakara.v2i2.1197

Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Yogyakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.24114/gjst.v13i1.57243

Article Metrics

Abstract view : 153 times
PDF - 145 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Nashih, Saparius Ferdianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.