Pembelajaran Apresiasi Tari Mak Inang Melalui Media Audio-Visual Terhadap Penilaian Tari Pada Siswa Di Kelas X SMA SANTA MARIA Medan

Heni Ratam Pasaribu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Untuk penerapan pembelajaran apresiasi tari Mak Inang melalui media audiovisual pada siswa kelas X di SMA Santa Maria Medan. (2) Untuk penerapan penilaian tari pada siswa di kelas X di SMA Santa Maria Medan terhadap materi Apresiasi Tari Mak Inang, satu kelas siswa kelas X SMA Santa Maria Medan Semester 1 T.A 2016/2017. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Yaitu dalam penelitian ini menjelaskan pengaruh antar variabel. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Santa Maria Medan yang terdiri dari satu kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas X-2 yang berjumlah 32 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas yaitu untuk mengetahui normal tidaknya data penelitian  tiap variabel, uji homogenitas dilakukan untuk mengetahui apakah data penelitian homogeny atau tidak, dan uji hipotesis dilakukan untuk mengetahui apakah hipotesis dapat diterima atau ditolak dengan menggunakan rumus uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh pembelajaran apresiasi tari Mak Inang tanpa media audiovisual terhadap penilaian tari pada siswa di kelas X SMA Santa Maria Medan tergolong dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata (mean) yaitu 69,12 %, yang mendapat nilai sangat baik sebanyak 3 orang atau 9,375%, baik sebanyak 14 orang atau43,75%, dan cukup sebanyak 15 orang atau 46,875%. Hasil pembelajaran apresiasi tari Mak Inang melalui media audiovisual terhadap penilaian tari pada siswadi kelas X SMA Santa Maria Medan tergolong dalam kategori baik dengan nilai rata-rata (mean) yaitu 76,75%, sebanyak 8 orang atau 25% mendapat kategori sangat baik, sebanyak 20 orang atau 62,5% mendapat kategori baik, sebanyak 4 orang atau 12,5% mendapat kategori cukup. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu (3,27> 2,00) maka hipotesis diterima yaitu terdapat pengaruh yang positif terhadap pembelajaran apresiasi tari Mak Inang melalui media audiovisual terhadap penilaian tari pada siswa di kelas X SMA Santa Maria Medan. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dengan ketuntasan belajar.

Kata Kunci : Pembelajaran Apresiasi Tari Mak Inang, Media Audiovisual


Keywords


Pendidikan Seni

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24114/senitari.v6i2.7204

Article Metrics

Abstract view : 310 times
PDF - 1333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Heni Ratam Pasaribu

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.