Studi Visual Komik Si Ujang Dan Bapaknya Berdasarkan Teori Scott McCloud

Hebron Sinurat, Onggal Sihite

Abstract


Penelitian ini bertujuan yang ingin dicapai dalam artikel ini ialah: 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran umum visual komik Si Ujang dan Bapaknya ditinjau dari clarity (kejelasan) sesuai teori dan konsep Scoutt McCloud. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan gambaran umum visual komik Si Ujang dan Bapaknya ditinjau dari karakteristik momen, bingkai, citra, kata dan alur. Dan mencapai hasil tabulasi dan interpretasi ditemukan karkteristik clarity terbanyak atau tertinggi pada komik “Si Ujang dan Bapaknya” terdapat pada halaman 3, 8, 11, dan 12 dimana berjumlah 11 dan terendah pada halaman 1 yang berjumlah 7. Lalu peneliti menemukan penerapan prinsip clarity yang paling banyak pada sampel ialah Pilihan Citra yaitu berjumlah 45 kali penerapan, Pilihan Bingkai yaitu berjumlah 33, Pilihan Alur yaitu berjumlah 29, Pilihan Kata yaitu berjumlah 21 dan yang terakhir Pilihan Momen yaitu berjumlah 15. Dalam penerapan penekanan prinsip clarity pada komik yang menjadi sampel dalam penelitian ini, peneliti menemukan sedikit kekurangan dalam memaksimalkan dampak dalam penekanan prinsip claritynya, seperti masih terdapatnya ketidakjelasan dan citra yang hilang dalam menerapkan prinsip clarity tersebut di dalam adegan pada komik sehingga terjadi kesalahpahaman pada citra sehingga penerapan penekanan prinsip clarity belum maksimal.  Temuan pada halaman komik yang menjadi sampel di dalam penelitian ini yang masih mempunyai kekurangan ialah pada identifikasi chapter 1 halaman 3 pada panel pertama, yaitu saat penekanan penerapan prinsip clarity

Full Text:

PDF

References


Bonneff, Marcel. (1998). Komik Indonesia. Jakarta: Kepustakaan Populer Gramedia.

Eisner, Will. (1985). Comics and Sequential Arts. Florida: Poorhouse Press.

Gumelar, MS. (2011). Comic Making Cara Membuat Komik. Jakarta Barat: PT INDEKS.

Kusmawadi. (2000). Metode Penelitian Dalam Bidang Keparawisataan. Surabaya: Gramedia Pustaka Utama.

Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Sosial: Konsep-Konep Kunci. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

McCloud, Scott. (1993). Understanding Comics. New York: HarperCollins Publisher.

__________. 2000. Reinventing Comics. New York: Paradox Press.

__________. 2006. Making Comics. New York: Harper Collins Publisher.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanto, Mikke. (2012). Diksi Rupa. Yogyakarta: DictiArt Lab & Djagad Art House.




DOI: https://doi.org/10.24114/gsts.v3i1.45667

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 89 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Hebron Sinurat, Onggal Sihite

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Follow us on instagram @gestusjournal

Gestus Journal : Jurnal Penciptaan dan Pengkajian Seni

slot gacor slot