MODEL PENDEKATAN PENGAJARAN QUANTUM TEACHING LEARNING MATA KULIAH ERGONOMI (PTK pada Matakuliah Ergomomi untuk Mahasiswa Jurusan Ilmu Keolahragaan FIK Unimed)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Agar terjadi interaksi yang dinamis dalam proses pembelajaran, (2) Agar mahasiswa mampu menjelaskan pengertian ergonomi, (3) Agar mahasiswa mampu mengkaitkan pentingnya mata kuliah ergonomi dengan mata kuliah yang akan ditunjang lainnya, melalui pendekatan penngajaran Quantum Teaching Learning. Populasi dalam penelitian ini adalah prodi Ilmu Keolahragaan FIK Unimed. Subjek penelitian adalah seluruh mahasiswa semester II yang mengikuti mata kuliah Ergonomi. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan mahasiswa dalam memahami mata kuliah ergonomi melalui penerapan quantum teaching. Hal ini dibuktikan dengan pemerolehan data dari dua siklus yang mengalami peningkatan dari aktivitas berbeda, baik interview, lembar observasi dan catatan harian peneliti. Berdasarkan hasil interview, dosen dan mahasiswa memiliki tanggapan positif terhadap penggunaan model quantum teaching dalam pelaksanaan pembelajaran quantum teaching. Data ini menunjukkan perhatian mahasiswa, antusiasme, respon dan partisipasi mereka yang cukup baik selama proses penelitian tentang model pembelajaran quantum teaching ini.
Kata Kunci : Quantum teaching learning, ergonomi.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 780 timesPDF - 641 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.