PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA YANG DIAJAR DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA POKOK BAHASAN DIMENSI TIGA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SUNGGAL

RASDI TRISNAWATI TURNIP, NURLIANI MANURUNG

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pembelajaran Langsung terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Dimensi Tiga Di Kelas X SMA Negeri 1 Sunggal. Penelitian eksperimen ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sunggal, menggunakan rancangan penelitian ”Pretest Postest Control Group Design” dengan melibatkan sampel sebanyak 31 orang siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan 37 orang  siswa kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling terhadap kelas yang setara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampua berpikir kritis. Data dianalisis dengan menggunakan uji Liliefors, uji F, dan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) lebih baik daripada pembelajaran Langsung terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Dimensi Tiga Di Kelas X SMA Negeri 1 Sungga T.A 2014 / 2015.

 

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS), Kemampuan Berpikir Kritis


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 110 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.